Cara Membuat Essay Beasiswa

Untuk bisa mendapatkan bantuan beasiswa dari perguruan tinggi terbaik yang anda inginkan memang tidak lah mudah, namun itu bukan berarti anda tidak bisa mencobanya. Meski umumnya akan selalu ada sejumlah persyaratan tertentu yang wajib anda penuhi, namun tentunya semua itu tetap bisa diusahakan apalagi jika anda belum pernah mencobanya sama sekali maka wajib sepertinya bagi anda untuk mulai berlatih sejak sekarang, terutama dalam pembuatan essay.

Artinya, nilai raport anda saja tidak akan cukup untuk menjadi bekal dalam mengikuti proses seleksi program beasiswa seperti ini, biasanya kebanyakan universitas akan menerapkan essay sebagai salah satu syaratnya guna mencoba mengenal lebih dalam bagaimana kemampuan para pendaftarnya melalui sebuah essay.

Apa Itu Essay Dalam Beasiswa?

Essay merupakan tulisan singkat yang berisi antara 500 hingga 1000 kata dan biasanya digunakan oleh pihak penyelenggara program beasiswa untuk menyeleksi dengan melihat karakteristik para pendaftarnya apakah sudah tepat dan sesuai dengan yang mereka inginkan atau malah terlalu jauh sehingga harus gagal dalam proses seleksi tersebut. Nah, tentunya agar anda tak kebingungan untuk membuatnya, berikut adalah beberapa tips cara membuat essay beasiswa yang wajib anda tahu.

Cara Membuat Essay Beasiswa

Harus Unik

Untuk membuat essay beasiswa yang bagus dan berkualitas maka anda juga harus bisa menulisnya dengan unik agar tentunya berbeda dengan peserta yang lainnya, artinya essay beasiswa yang anda buat harus lah otentik dari segi penulisannya, konsep, cerita, hingga pemilihan kata yang anda gunakan.

Beasiswa Bergengsi  Buruan, Pemkot Yogyakarta Hadirkan Beasiswa Untuk Lulusan SD dan SMP

Anda bisa memulainya dengan menulis tentang kegelisahan dari tujuan anda untuk mendapatkan beasiswa di kampus terkait, dari sinilah biasanya ide atau gagasan anda akan mulai mengalir begitu saja dalam essay tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa tulisan yang unik akan terkesan menjadi sebuah karya yang jujur mengenai diri anda sendiri, dengan anda semakin jujur dalam membuat tulisannya maka essay beasiswa yanga nda buat tersebut akan menjadi semakin berbeda dan pastinya unik.

Mengisahkan Pengalaman

Bagi anda yang masih bingung juga untuk membuat suatu tulisan essay beasiswa yang unik, maka anda bisa mencobanya dengan menuangkan pengalaman yang telah anda lalui ke dalam essay tersebut. dalam hal ini anda bisa membuatnya lekat dengan kehidupan dan tujuan anda selama ini, menciptakan kedekatan pada tulisan di essay beasiswa tersebut sehingga bisa membawa pembacanya turut bisa merasakan bagaimana pengalaman yang sudah pernah anda lalui hanya dari tulisan anda. Artinya anda bisa mulai dengan menceritakan sekilas tentang pengalaman, tujuan hidup, kegiatan selama ini yang sesuai dengan permintaan tema dalam essay tersebut.

Percaya Diri

Apapun akan bisa diraih apabila anda percaya dan yakin terhadap potensi diri anda, sama seperti ketika anda membuat essay beasiswa maka rasa percaya diri wajib ada dalam diri anda. Buat setiap goresan dalam tulisan tersebut untuk mewakili bagaimana karakter dan profil diri anda sendiri, jangan lupa juga untuk turut menjelaskan secara detail dan padat isi dari essay yang anda buat, tentunya juga harus sesuai dengan tema yang diberikan oleh pihak penyelenggara program beasiswa. Tapi ingatlah bahwa percaya diri bukan berarti anda harus melebih – lebihkan, akan tetapi anda tetap harus jujur dalam penulisannya yang sesuai dengan apa yang telah anda lalui.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Khusus Mahasiswa Jawa Barat, Simak Info Lengkap Jabar Feature Leaders Scholarship 2022

Menjabarkan Target

Tips menulis essay beasiswa yang berikutnya adalah dengan menjabarkan target dalam hidup anda yang ingin dicapai. Yang satu ini mungkin terlihat klise bahkan sering disepelekan oleh para pembuat essay sehingga melalaikannya ketika menulis, padahal dengan tidak banyaknya orang yang menjabarkan target hidupnya dalam essay maka akan membuat tulisan anda menjadi lebih unik dan memililki nilai lebih bagi tim penyeleksi dalam menilai hasil tulisan essay anda.

Belajar Teknik Menulis

Menulis dokumen jelas jauh berbeda dengan menulis essay, perlu adanya pemahaman yang cukup tentang apa yang akan anda tulis terutama mengenai teknik penulisan yang baik dan benar. Anda tidak perlu suilit – sulit dalam memikirkannya, cukup dengan memulainya dari dasar – dasar teknik penulisan yang terstruktur seperti penerapan SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan) yang baik sehingga teknik penulisan anda pun akan lebih menarik dan persuasif.

Faktor Pendukung

Tidak cukup hanya berfokus pada pembuatan essay saja, mendaftar program beasiswa juga ibarat berburu yang memerlukan berbagai strategi dan trik agar anda bisa sukses meraih beasiswa dengan kampus tujuan sesuai dengan harapan anda sebelumnya. Nah, berikut ini adalah beberapa factor pendukung yang wajib anda lakukan agar nantinya anda bisa mendapatkan beasiswa kuliah secara gratis.

Kumpulkan Informasi

Salah satu cara mutlak untuk mendapatkan beasiswa adalah dengan mencari informasi apapun yang berhubungan dengan program beasiswa itu sendiri, semakin banyak dan semakin berbobot informasi tersebut maka itu akan semakin baik.

Dengan kata lain, anda tidak akan bisa meraih beasiswa apabila anda tidak memiliki niat dan kemauan yang kuat setidaknya dimulai dari mengumpulkan info yang anda butuhkan. Jadi, jika anda ingin mengajukan beasiswa maka menjadi suatu keharusan bagi anda untuk mengumpulkan, membaca, memehami dengan seksama seluruh persyaratan yang ada.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa KIP Kuliah 2022/2023 Masih Buka, Cek Daftar Perguruan Tinggi dan Syarat Lengkapnya

Menentukan Tujuan

Seperti yang sudah dituliskan dalam essay, anda juga harus mengetahui lebih dulu tujuan dari diri anda dalam mengejar beasiswa yang anda inginkan. Artinya, anda harus bisa menentukan jurusan atau program studi yang ingin anda tuju nantinya. Jangan pernah terburu – buru untuk memilih suatu nprogram beasiswa karna bisa jadi tujuan anda tidak ada di dalamnya atau tidak tersedia jurusan maupun program studi lanjutan dalam program beasiswa tersebut, untuk itulah maka anda bisa memulainya dengan mengenali minat dan bakat anda terlebih dahulu. Jadi, tidak hanya mempertimbangkan minat saja tetapi juga harus ada bakat di dalamnya agar nantinya proses pembelajaran pun akan lebih maksimal.

Menyiapkan Dokumen Pendukung

Dalam proses pendaftaran beasiswa, anda pastinya akan mulai mengumpulkan sejumlah berkas atau dokumen penting yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan yang ada, seperti ijazah, transkrip nilai, dan masih banyak yang lainnya. Namun itu saja tidak lah cukup, sebagian besar program beasiswa juga akan melihat prestasi apa saja yang pernah anda raih sebelumnya, itu artinya anda bisa turut menyertakan dokumen pendukung lainnya untuk menambah nilai diri anda sendiri, misalnya seperti sertifikat atau penghargaan terhadap prestasi yang pernah anda dapatkan, atau hanya sekedar pelatihan ketrampilan pun akan cukup membantu meningkatkan nilai anda.

Itulah beberapa informasi mengenai cara membuat essay beasiswa yang perlu anda ketahui, wajib rasanya bagi anda untuk bisa membuatnya dengan sebaik mungkin disertai dengan beberapa persiapan seperti yang sudah ditulis di atas. Semakin baik persiapan anda maka semakin besar pula peluang bagi anda untuk bisa lolos dalam proses seleksi penerimaan beasiswa tersebut, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.