Pendaftaran Beasiswa IISMA 2023 Segera Dibuka

Kabar gembira kali ini datang dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), sebab tak lama lagi akan dibuka pendaftaran untuk program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

IISMA adalah program beasiswa yang akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa di Indonesia untuk dapat merasakan pengalaman kuliah di kampus ternama di luar negeri. Program beasiswa yang telah berlangsung pada tahun 2021 ini nyatanya semakin diminati banyak orang, dari yang awalnya hanya diperuntukkan untuk jenjang sarjana (S1) kemudian mulai merambah pada jalur vokasi yang mulai dibuka pada tahun 2022 lalu.

Dalam keterangannya, Kiki Yuliati selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, mengatakan bahwa IISMA merupakan ajang yang akan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk bisa merasakan atmosfer baru dalam pembelajaran di berbagai kampus luar negeri ternama selama satu semester.

Menariknya, peserta IISMA yang lolos melalui jalur vokasi nantinya tidak sekedar bisa mengikuti kegiatan perkuliahan dan kemahasiswaan di Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) saja, tetapi juga berkesempatan untuk dapat bekerja di industri terkemuka dunia.

Hal ini dikarenakan adanya banyak Mitra PTLN yang tergabung dalam IISMA 2023 di antaranya berasal dari Amerika Serikat, Italia, Belanda, dan Perancis. Adapun sejumlah perguruan tinggi yang terdaftar dalam program beasiswa IISMA 2023 antara lain Yale University, University of Edinburgh, dan University College London.

Dengan kata lain, mahasiswa vokasi yang menjadi peserta dalam program beasiswa IISMA 2023 nantinya akan mendapat dua kesempatan, yakni belajar di kampus luar negeri dan pengalaman magang di sejumlah perusahaan internasional mitra IISMA.

Dalam kesempatan yang sama, Sri Gunani Partiwi selaku Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, juga turut mengajak para mahasiswa untuk bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, mencari pengalaman sekaligus mengembangkan jejaring internasional dengan lebih luas khususnya untuk dunia kerja.

Sebagai informasi, pendaftaran program beasiswa IISMA 2023 dijadwalkan akan mulai dibuka pada tanggal 18 Februari sampai dengan 1 Maret 2023 mendatang. Selamat mencoba.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment