Proses Pendaftaran Dan Persyaratan Beasiswa Turki 2022

Berbicara tentang kuliah atau institusi untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, tentu saja turki menjadi salah satu Negara yang cukup tersohor pendidikannya. Turki memang telah menjadi tujuan studi yang sangat menarik bagi banyak orang, apalagi dengan tersedianya beberapa program beasiswa kuliah yang ada di sana, seperti salah satu yang patut dicoba adalah Türkiye Scholarships.

Program Beasiswa yang satu ini disediakan khusus oleh Pemerintah Turki setiap tahunnya melalui skema terbaru yakni Türkiye Scholarships 2022 Applications, di mana setiap pendaftar dari internasional bisa berkesempatan untuk melanjutkan studinya di jenjang S1, S2 hingga S3 melalui beasiswa turki 2022 ini.

Menariknya, program beasiswa penuh Türkiye Scholarships ini juga bekerjamsa dengan sejumlah universitas terbaik di Turki, artinya bagi anda yang mendaftarnya maka bisa saja mendapatkan kesempatan untuk bisa menempuh kuliah di tempat terbaik di turki.

Beasiswa dari Pemerintah Turki ini juga mencakup tunjangan bulanan hingga sebesar 1.000 TL atau sekitar Rp 1 juta per bulannya bagi beasiswa di jenjang S1, 1.400 TL atau sekitar Rp 1.4 juta per bulan bagi peserta di program beasiswa S2 Turki, dan 1.800 TL atau sekitar Rp 1.9 juta per bulannya bagi penerima beasiswa S3 di Turki.

Selain tunjangan bulanan tersebut, Beasiswa Turki juga turut menanggung seluruh biaya perkuliahan dan penempatan program, akomodasi, tiket pesawat pulang pergi, asuransi kesehatan, hingga kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum memulai perkuliahan.

Adapun durasi beasiswa akan berlangsung selama program studi ditambah kursus bahasa Turki selama setahun, sebagai contoh untuk beasiswa S1 dengan durasi beasiswa menyesuaikan lamanya program studi antara 4 sampai 6 tahun lalu ditambahkan dengan kursus bahasa Turki setahun.

Beasiswa Bergengsi  Ditjen Perkebunan Kembali Buka Beasiswa SDM Sawit Untuk 1000 Penerima, Cek Info Lengkapnya

Hal yang sama juga berlaku pada program beasiswa di jenjang S2 yang berlangsung selama 2 tahun ditambah dengan kursus bahasa Turki satu Tahun, termasuk dengan program beasiswa S3 yang berlangsung selama 4 tahun serta ditambah dengan kursus bahasa Turki setahun.

Yang menarik dari program Beasiswa Turki 2022 ini adalah para peserta tidak perlu lagi mengajukan aplikasi terpisah untuk bisa mendaftarkan dirinya ke perguruan tinggi, hal itu dikarenakan pihak penyelenggara sudah menerapkan sistem terpadu yang artinya program beasiswa ini juga sekaligus turut menyediakan akses untuk penempatan pesertanya ke universitas terkait.

Ketika mendaftar para seleksi program beasiswa ini secara online maka anda juga sudah bisa mendaftarkan langsung diri anda ke universitas yang diinginkan, tentunya harus menggunakan formulir aplikasi yang sama. Itu berarti saat anda diterima nantinya maka secara otomatis anda juga akan diterima di universitas yang sudah anda pilih tadi. Adapun semua pendaftar diperuntukkan untuk bisa memilih hingga 12 perguruan tinggi dan departemen yang telah disediakan.

Sebagaimana diketahui, kebanyakan program studi yang ditawarkan dalam beasiswa ini memang menggunakan bahasa Turki sebagai pengantarnya, namun tentunya anda tak usah khawatir karna terdapat juga program yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, Arab, atau bahkan bahasa Perancis.

Anda sebagai pendaftar hanya perlu memastikan diri telah memiliki sertifikat kemampuan bahasa yang diakui secara internasional dalam memilih program tersebut, misalnya saja seperti TOEFL dan IELTS. Hal ini juga yang nantinya mengharuskan anda untuk bisa mengikuti tes seperti GRE, GMAT, atau SAT apabila terpilih untuk mengikuti tes wawancara.

Persyaratan Beasiswa Turki 2022

Sebelum mulai melakukan pendaftaran, alangkah baiknya bagi Anda untuk mengetahui lebih dulu bahasa pengantar yang akan digunakan nantinya, meski bekal kursus bahasa Turki selama setahun di awal juga akan cukup membantu anda. Nah, berikut ini adalah beberapa persyaratan beasiswa turki 2022 yang wajib anda penuhi.

  • Warga Negara asing dari luar Turki
  • Tidak sedang terdaftar sebagai mahasiswa di Turki pada universitas mana pun dan dengan jenjang studi yang dilamar
  • Telah dinyatakan lulus dari pendidikan sebelumnya, yakni SMA / SMK / MA sederajat, sarjana, atau master setidaknya sebelum Agustus 2022 ini
  • Berusia maksimal 21 tahun untuk program sarjana, 30 tahun untuk program master, dan 35 tahun untuk program doctor
  • Memiliki nilai minimum prestasi akademik untuk pelamar sarjana 70%, pelamar master dan doktor 75%, serta pelamar kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi 90%.
Beasiswa Bergengsi  Contoh Motivation Letter Beasiswa

Persyaratan Dokumen

  • KTP dan / atau Paspor
  • Pasfoto terbaru
  • Nilai ujian nasional (jika sudah ada)
  • Ijazah jika ada atau pun surat keterangan lulus sementara
  • Transkrip nilai akademik
  • Nilai ujian internasional sesuai dengan yang diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih
  • Nilai tes bahasa asing sesuai yang diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dipilih
  • Proposal penelitian beserta contoh karya tulis khusus bagi pendaftar di program beasiswa PhD

Proses Pendaftaran

Jika sudah mengetahui persyaratan dokumen seperti di atas, anda juga wajib mengetahui tentang bagaimana proses pendaftaran yang harus anda lalui dan berikut di antaranya.

  • Buat akun terlebih dahulu dengan mengisi formulir registrasi yang tersedia, kemudian periksa email anda untuk melakukan aktivasi. Selanjutnya Anda sudah bisa login untuk mulai mengajukan pendaftaran online anda sesuai dengan dokumen yang diminta.
  • Scan dokumen asli milik anda, lalu unggah di akun yang sudah dimiliki tadi, sesuaikan juga dengan jadwal pendaftarannya. Serta jangan lupa untuk memperhatikan juga apakah pihak universitas meminta dokumen lain seperti sertifikat TOEFL / IELTS, GRE / GMAT, DELF, atau yang lainnya. Pastikan anda benar – benar mengeceknya terlebih dahulu.

Karena hal itulah, maka alangkah baiknya sebelum anda mendaftar maka terlebih dahulu temukan jurusan dan perguruan tinggi yang tepat untuk menjadi tujuan anda nantinya. Untuk bisa menemukan universitas tujuan anda, anda bisa melihatnya dalam Daftar Program Turkiye Scholarship yang telah disediakan.

Pastikan anda telah menyelesaikan proses pendaftaran sebelum batas waktu berakhir. Hanya kandidat yang lolos seleksi administrative saja yang akan mengikuti tahap seleksi wawancara yang juga akan diberitahukan melalui email terdaftar. Wawancara ini nantinya akan dilakukan melalui telepon atau internet sekitar bulan Juni sampai Juli 2022. Adapun untuk pengumuman hasil seleksi beasiswa nantinya akan disampaikan di awal Agustus 2022 mendatang.

Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Masih Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar Beasiswa Santri Baznas Jabar 2022

Itulah beberapa informasi mengenai beasiswa turki 2022 yang bisa kami bagikan, pastikan anda telah menyimaknya dengan baik dan menyeluruh agar tidak tertinggal informasi penting lainnya. Bagi anda yang ingin mendaftar atau mendapatkan info lebih lanjut maka anda bisa mengunjungi langsung laman resmi dari program beasiswa turki 2022 agar tidak ketinggalan informasi yang anda butuhkan, pastikan juga anda telah memenuhi semua syarat yang diminta dalam program beasiswa tersebut beserta dengan pemilihan program studi dan perguruan tinggi yang anda inginkan.

Semoga informasi tentang beasiswa turki 2022 dari kami kali ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *