Cara Mendaftar Dan Mendapatkan Beasiswa XL Future Leader

Semua orang pasti sangat ingin bisa menjalani pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, apalagi jika itu dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar mulai dari biaya selama pendidikan maupun biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup selama periode tersebut. Karna alasan itulah maka beasiswa menjadi salah satu opsi terbaik yang bisa diambil agar pendidikan di jenjang yang lebih tinggi jadi terasa ringan, termasuk di antaranya adalah dari program beasiswa XL Future Leaders.

XL Future Leader merupakan salah satu program beasiswa yang sangat dinanti – nantikan tiap tahunnya oleh semua orang, pasalnya beasiswa dari XL Axiata Group ini adalah program beasiswa yang memang diperuntukkan bagi semua mahasiswa jenjang S1 dan D4 dalam negeri. Nah, bagi anda yang sedang mencari-cari info tentang program beasiswa kuliah dan tertarik untuk menjadi salah satu penerima beasiswa XL Future Leader, simak artikel kali ini tentang beasiswa XL Future Leader.

Namun sebelum anda melangkah lebih jauh, pastikan anda juga melakukan berbagai persiapan dalam pendaftarannya dengan mengetahui cara mendaftar dan mendapatkan beasiswa XL Future Leader seperti berikut ini.

Cara Mendaftar Dan Mendapatkan Beasiswa XL Future Leader

Mengisi Formulir Pendaftaran Online

Hal pertama yang juga merupakan keharusan bagi semua calon peserta beasiswa xl future leader adalah mengisi formulir pendaftaran, anda bisa mulai mengisinya secara online dengan mengakses laman resminya.

Di laman tersebut anda diwajibkan untuk membuat akun pendaftarannya lebih dulu, lalu melengkapi data diri menggunakan data yang benar dan jujur mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, nomor HP yang aktif, NIK, serta kota / kabupaten asal sesuai dengan data di KTP.

Beasiswa Bergengsi  Cara Membuat SKTM Untuk Beasiswa

Selanjutnya, anda harus mengisi beberapa informasi mengenai latar belakang pendidikan anda selama ini, pengalaman mendapatkan beasiswa bila sebelumnya pernah mendapatkannya, serta pengalaman organisasi yang pernah anda ikuti. Beberapa pertanyaan berupa essay juga wajib anda isi dengan benar dan pastikan anda memberikan jawaban terbaik anda sendiri, karena essay tersebut merupakan salah satu poin penilaian utama agar anda bisa lolos dalam seleksi administrasi beasiswa XL Future Leaders.

Tes Bahasa Inggris dan GMAT

Seperti halnya program beasiswa lainnya, XL future leaders juga menerapkan adanya tes bahasa inggris pada semua calon pesertanya. Test Bahasa Inggris dan GMAT (The Graduate Management Admission Test) merupakan tahapan seleksi kedua yang wajib anda lalui dan berlaku bagi semua pendaftar yang lolos dalam seleksi administrasi sebelumnya.

Tes Bahasa Inggris dan GMAT ini akan dilaksanakan secara online, yang berarti anda pun harus memastikan koneksi internet yang terjaga koneksinya dan lancar tujuannya adalah demi menghindari adanya gangguan jaringan pada saat anda menjalani tes tersebut. Adapun bentuk tes Bahasa Inggris dan GMAT nantinya akan mirip seperti halnya pada tes TOEFL.

Case Study

Berbeda dengan essay yang sempat anda kerjakan sebelumnya, pada tahapan ini anda akan dihadapkan dengan studi kasus yang harus anda kerjakan. Case study merupakan tes tertulis yang menghadirkan problem atau suatu kasus di mana anda harus bisa mengatasi masalah tersebut dan mencari solusi terbaiknya.

Perlu diketahui bahwa kasus yang diberikan biasanya merupakan masalah yang biasanya terjadi dalam suatu perusahaan. Bagi anda yang sudah pernah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya maka mungkin kasus semacam ini sudah biasa anda temui, namun lain halnya jika anda belum pernah merasakan dunia kerja yang mungkin saja hal semacam ini bisa menjadi hal baru yang membuat anda kebingungan sendiri.

Beasiswa Bergengsi  Pemerintah Kabupaten dan Disdik Bengkalis Buka Pendaftaran Beasiswa, Ada 3 Program Pilihan Khusus Mahasiswa D3 dan S1

Maka dari itu, alangkah baiknya bagi anda untuk mulai membaca-baca tentang bisnis dan manajemen sejak sekarang agar bisa menjalani tahapan seleksi ini dengan baik. Dengan begitu maka anda akan sedikit terbantu saat menentukan problem solving yang paling baik dan tentunya berpeluang lebih besar untuk lolos dalam seleksi kali ini.

Presentasi

Tahapan seleksi selanjutnya adalah melakukan presentasi atau sering juga disebut sebagai elevator pitch yakni sebuah presentasi singkat. Topiknya tentu sudah ditentukan oleh pihak penyeleksi dari beasiswa XL Future Leaders dan anda akan diberikan waktu beberapa menit saja untuk melakukan persiapan sebelum benar-benar memulai presentasi anda.

Adapun sesi presentasi hanya akan berlangsung selama kurang lebih 2 menit saja, itu artinya anda tidak memiliki waktu yang banyak dan harus bisa menuangkan seluruh ide serta gagasan anda dengan sebaik mungkin dalam waktu yang singkat itu. Menariknya lagi, pada sesi presentasi nantinya anda dapat memilih untuk menggunakan Bahasa Indonesia atau pun Bahasa Inggris sesuai dengan kemampuan anda.

Leaderless Group Discussion

Pada kebanyakan peserta beasiswa XL Future Leaders sebelumnya selalu menilai tahapan seleksi yang satu ini sebagai yang paling menyenangkan dan seru untuk dilalui, ini adalah LGD atau Leaderless Group Discussion yang merupakan suatu jenis tes dalam format diskusi bersama.

Pendaftar atau calon peserta akan mendapatkan suatu topik dan saling berdiskusi untuk mendapatkan solusi terbaik dari kasus yang dibahas. Pada tes kali ini, anda mungkin akan lebih baik untuk tidak terlalu dominan dan berambisi untuk terus berbicara karna anda juga harus bisa memberi kesempatan bagi yang lainnya untuk bisa memberikan suaranya. Sebaliknya, pendaftar yang lain juga tidak boleh terlalu pasif atau tidak memberikan komentar apa – apa.

Beasiswa Bergengsi  Jenis Dan Syarat Pendaftaran Beasiswa Gerbang Raja

Adapun penilaian dari LGD bukan lah siapa yang paling banyak berbicara atau siapa yang mendominasi jalannya diskusi, oleh karna itu selalu pastikan lah anda bisa mengikuti jalannya diskusi dengan baik dan tidak terlalu terbawa emosi untuk saling menjatuhkan dengan peserta lainnya.

Wawancara

Yang satu ini bisa dikatakan sebagai tahapan terakhir dalam seleksi program beasiswa XL Future Leaders di mana anda akan melalui tes wawancara dengan pihak penyelenggara program beasiswa tersebut. Nantinya anda akan mendapatkan berbagai pertanyaan mengenai data yang telah diisi pada formulir pendaftaran online sebelumnya.

Dengan kata lain, akan lebih baik apabila anda mulai berlatih melakukan simulasi wawancara dengan teman atau peserta lainnya sebelum sesi wawancara dilakukan, cara ini akan melatih kemampuan anda dalam berbicara, memprediksi pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan muncul, serta mempersiapkan jawaban-jawaban terbaik anda nantinya di hadapan pewawancara.

Untuk semakin meyakinkan pewawancara, anda bisa menunjukkan rasa percaya diri selama menjalani tes tersebut karna dengan begitu maka pihak penyeleksi akan lebih simpati dan memberikan penilaian yang baik pada anda.

Itulah beberapa informasi mengenai beasiswa XL Future Leaders yang perlu anda ketahui, sejumlah persiapan jelas sangat dibutuhkan dan bakal mempengaruhi kesiapan anda dalam menghadapi tes seleksi nantinya. Jadi, persiapkan lah diri anda dari sekarang untuk menjalani seluruh tes seleksi penerimaan program beasiswa dari XL Asiata Grup kali ini. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *