Beasiswa PPA ( Peningkatan Prestasi Akademik ) 2022

Beasiswa kuliah telah menjadi tujuan bagi banyak pelajar dan mahasiswa dari dulu hingga sekarang, pasalnya melalui beasiswa inilah maka biaya pendidikan yang selama ini kerap menjadi beban bagi para peserta didik tidak akan lagi menjadi momok berarti karna semua akan terasa lebih terjangkau atau malah bisa gratis sama sekali.

Tentu akan sangat menyenangkan bukan bisa berkuliah dengan biaya terjangkau atau malah gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun, hal itu juga yang menjadikan beasiswa selalu menjadi program andalan bagi banyak mahasiswa dari segala jenjang pendidikan.

Bila berbicara tentang program beasiswa maka saat ini ada begitu banyak pilihan yang bisa diambil, salah satunya adalah beasiswa PPA, ini merupakan beasiswa yang selalu menjadi idola bagi banyak mahasiswa karna memberikan benefit yang besar dan bisa dirasakan benar – benar manfaatnya baik bagi anda yang berada di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Tak mengherankan bila pada akhirnya pembukaan pendaftaran untuk penerimaan beasiswa ppa pun selalu dipadati oleh banyak pendaftar bahkan bisa mencapai ratusan ribu pendaftar yang terbagi dalam beberapa universitas kenamaan tanah air. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA) selalu rutin dibuka di tiap awal tahun ajaran baru, hal tersebut juga berlaku di tahun ini.

jika melihat beasiswa PPA yang sudah berlangsung selama ini maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan biasanya telah menyiapkan beasiswa tersebut bagi ribuan mahasiswa Indonesia, bahkan di periode sebelumnya kuota yang disediakan mencapai 130 ribu beasiswa.

Apa Itu Beasiswa PPA?

Beasiswa PPA adalah bantuan kuliah yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ristek Dikti yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa aktif pada jenjang pendidikan S1 / D4 atau D3 yang saat ini sedang berada di semester II atau di atasnya.

Beasiswa Bergengsi  AEHEF 2022, Pameran Pendidikan Dengan Bursa Kuliah dan Beasiswa dari 120 Kampus Terbaik ASEAN – Uni Eropa

Beasiswa PPA menyasar pada mahasiswa – mahasiswi dari berbagai daerah, terutama yang sedang kuliah dan memiliki prestasi baik di jenjang sarjana (S1) maupun diploma (D4 / D3). Sebagai informasi, teknis beasiswa PPA 2022 – 2023 kali ini pastinya tidak akan jauh berbeda dengan periode sebelum – sebelumnya, di mana pendaftaran ditetapkan oleh masing – masing perguruan tinggi tujuan beasiswa tersebut.

Penerima beasiswa dan bantuan biaya pendidikan PPA nantinya akan memperoleh dana hingga mencapai Rp 400 ribu setiap bulannya. Beasiswa tersebut juga akan diberikan untuk pertamakalinya di periode tahun angggaran berjalan atau sekurang – kurangnya selama 6 bulan.

Adapun pengajuan beasiswa PPA juga terbilang cukup mudah, karna mahasiswa bisa langsung mendaftar melalui kampusnya masing – masing. Namun perlu diketahui bahwa calon penerima beasiswa adalah mahasiswa yang masih kuliah di perguruan tinggi pengelola beasiswa dan bantuan biaya pendidikan PPA yang berada di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, anda sebagai calon penerima beasiswa juga harus terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti).

Dengan program beasiswa yang mampu mengcover biaya sebesar itu maka tak mengherankan bila beasiswa PPA selalu diramaikan oleh puluhan ratusan ribu pendaftar yang berasal dari semua perguruan tinggi di segala wilayah di Indonesia.

Persyaratan Umum Beasiswa PPA 2022

Sama seperti program beasiswa lainnya, beasiswa PPA juga menetapkan beberapa persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh semua pendaftarnya dan berikut adalah di antaranya.

  • Mahasiswa aktif di jenjang S1 atau Diploma IV yang masih duduk di semester II sampai dengan semester VIII, sedangkan untuk jenjang Diploma III maka paling rendah sedang berada di semester II hingga paling tinggi di semester VI
  • Beasiswa juga dapat diberikan sejak semester I khusus bagi mahasiswa yang memiliki prestasi sangat baik di sekolahnya, terutama untuk nilai ujian nasional dan nilai rapor kelas X sampai dengan XII
  • Mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut di atas maka wajib mengajukan permohonan secara tertulis kepada Rektor / Ketua / Direktur atau pejabat di perguruan tinggi yang ditunjuk dengan melampirkan sejumlah berkas seperti berikut
  • Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau sejenis lainnya yang bisa menjadi bukti mahasiswa tersebut masih aktif kuliah di kampusnya
  • Fotokopi piagam, sertifikat, atau bukti prestasi lainnya pada tingkat Nasional maupun Internasional
  • Surat pernyataan untuk tidak menerima beasiswa / bantuan biaya pendidikan lainnya yang berasal dari sumber APBN atau APBD yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan
  • Rekomendasi dari pimpinan Fakultas atau Jurusan
  • Fotokopi kartu keluarga (KK)
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa LPDP 2022 Tahap Kedua Akan Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftar Program Beasiswa Reguler Ini

Persyaratan Khusus Beasiswa PPA 2022

Tidak hanya persyaratan umum saja yang harus anda penuhi, sejumlah syarat khusus juga harus bisa dipenuhi agar anda dapat lolos dalam seleksi administrasi yang ada dan berikut adalah beberapa syarat tersebut.

  • Khusus untuk Beasiswa PPA maka calon penerima wajib melampirkan fotokopi transkrip nilai dengan menunjukkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 yang disahkan langsung oleh pimpinan perguruan tinggi. Berikut adalah beberapa dokumen yang diperlukan untuk Bantuan Biaya Pendidikan PPA.
  • Fotokopi transkrip nilai dengan IPK minimal 2.75 yang dilegalisir oleh pimpinan perguruan tinggi
  • Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempatnya bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermeterai bagi yang menjalani usahanya sendiri
  • Surat Keterangan tidak mampu atau layak untuk mendapatkan bantuan yang dikeluarkan langsung oleh Lurah / Kepala Desa atau pejabat berwenang di tempat tinggalnya

Pendaftaran Beasiswa PPA 2022

Sampai dengan saat ini beasiswa PPA 2022 memang masih belum resmi dibuka, Namun desas-desus mengenai program beasiswa dari Kemenrisdiktek ini sudah mulai bergulir bahkan kabarnya akan segera diumumkan pembukaannya dalam beberapa bulan kedepan.

Dengan begitu maka anda masih memiliki waktu untuk mempersiapkan diri anda dengan semua syarat pendaftaran yang ditetapkan nantinya, karna sebagaimana diketahui beasiswa PPA memang selalu dibuka setiap tahunnya tepatnya ketika memasuki tahun ajaran baru.

Bagi anda yang sudah sangat ingin segera mendaftar maka anda bisa rutin memantau langsung informasi terbaru dan paling update di laman resmi kampus masing-masing, mengingat pendaftaran yang dibuka juga tidak serentak atau berbeda-beda tergantung kesiapan dari pihak universitas itu sendiri, namun biasanya tak akan jauh dari jadwal pembukaan tahun ajaran baru.

Beasiswa Bergengsi  OSC 2022 Kembali Dibuka, Ada 539 Kuota Beasiswa PTN dan PTS dengan Total Rp 45 Miliar

Kesempatan akan segera terbuka, jadikan ini sebagai momen anda untuk dapat meraih beasiswa PPA dan menjadikan biaya kuliah bukan lagi beban bagi anda. Itulah sedikit info singkat tentang beasiswa PPA, anda bisa mengikutinya ketika nanti pendaftaran penerimaan beasiswa ppa 2022 sudah dibuka atau dalam beberapa bulan kedepan.

Anda bisa mempersiapkan diri dari sekarang karna akan sangat disayangkan apabila anda tidak memanfaatkan momen ini, yang pasti beasiswa PPA merupakan salah satu program beasiswa yang akan sangat membantu anda dalam pembiayaan kebutuhan selama kuliah. Semoga informasi kali ini mengenai beasiswa ppa bisa bermanfaat untuk anda, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.