Daftar Kampus Penyedia Beasiswa Qatar Foundation S2

Qatar termasuk negara menjadi tujuan bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan. Tingginya kualitas pendidikan di Qatar tidak terlepas dari perhatian besar pemerintah Qatar terhadap dunia pendidikan, seperti Beasiswa Qatar Foundation S2.

Salah satu yang paling fenomenal adalah pembangunan kompleks pendidikan modern atau kota Pendidikan. Pemerintah Qatar membangun sedikitnya 11 sekolah, 9 kampus universitas dan 3 lembaga penelitian.

Kenapa Qatar Menjadi Tujuan Belajar Favorit?

Hal pertama yang menjadi daya tarik pelajar adalah kualitas pendidikan Qatar adalah salah satu yang terbaik di Timur Tengah. Bahkan, universitas-universitas di Qatar masuk dalam jajaran utama universitas-universitas terbaik di Timur Tengah.

Hal kedua yang menjadikan Qatar sebagai pilihan yang layak adalah negara kaya ini telah menjadi melting pot perusahaan dari seluruh dunia. Jadi, mahasiswa dari Indonesia akan merasakan suasana internasional sekaligus membuka kesempatan bagi mereka untuk magang atau bekerja di perusahaan kelas dunia di Qatar.

Ketiga, Qatar menyediakan begitu banyak beasiswa dari tingkat SMA, sarjana hingga pascasarjana, seperti Beasiswa Qatar Foundation S2. Beasiswa tidak hanya disalurkan melalui Qatar Foundation, tetapi juga melalui sekolah atau universitas di Qatar. Setiap tahun ribuan pelajar dan mahasiswa dari seluruh dunia bersaing untuk mendapatkan beasiswa ini.

Menariknya, beasiswa di Qatar tidak hanya diberikan kepada mereka yang memiliki catatan akademik terbaik, tetapi juga diberikan kepada mereka yang berhasil menciptakan karya kreatif dan inovatif.

Beasiswa Bergengsi  Resmi Dibuka, Carsome Academy Indonesia Siap Berikan Pelatihan dan Beasiswa

Daftar Kampus Penyedia Beasiswa Qatar Foundation S2

Hamad Bin Khalifa University (HBKU)

Universitas ini merupakan universitas yang baru dibangun pada tahun 2010. Berlokasi di kawasan Kota Pelajar atau Kota Pendidikan, HBKU terintegrasi dengan kaum intelektual, ilmuwan, peneliti dan mahasiswa sebagai komunitas yang hidup dengan berbagai dukungannya. Fasilitas yang berpusat di ibukota Qatar, Doha.

Beberapa kampus cabang universitas terkemuka dunia juga berada di kawasan yang sama, seperti Weill Coenell Medicine Qatar. HBKU adalah lembaga pendidikan di bawah Yayasan Qatar untuk bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan pengembangan masyarakat.

Terkait sistem pendidikan di Qatar dan di HBKU, khususnya untuk pendidikan Islam, Qatar menyadari bahwa saat ini umat islam harus berpikir modern dan berani berinovasi guna menjawab tantangan zaman. Sehingga umat Islam mampu masuk dalam segala lini kehidupan saat ini.

Kampus College of Islamic Studies (CIS)

Fakultas yang juga memberikan Beasiswa Qatar Foundation S2 bagi mahasiswa internasional adalah CIS. Saat ini, ada 6 jurusan yang disediakan, dua diantaranya menggunakan bahasa Arab (Kajian Al-Qur’an Kontemporer dan Fiqh Kontemporer). Sementara satunya menggunakan bahasa Inggris, seperti Keuangan Islam, Pemikiran dan Etika Terapan Islam dan Peradaban dan Masyarakat Islam.

Fasilitas Beasiswa

  • Tiket ke Qatar dari negara asal
  • Tiket liburan
  • Tempat Tinggal
  • Transportasi
  • Manfaat berupa uang
  • Disediakan akomodasi bagi yang sudah menikah

Persyaratan & Pendaftaran

Perlu diketahui bahwa batas akhir pendaftaran program beasiswa ini adalah sampai dengan tanggal 1 Februari 2021. Proses pendaftaran melalui dua tahap, tahap pertama adalah pendaftaran online untuk seleksi berkas. Kemudian dilanjutkan seleksi wawancara setelah pengumuman kelulusan untuk seleksi berkas. Berikut ini file yang dibutuhkan dalam pendaftaran online :

  • Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab / Inggris.
  • Paspor yang berlaku minimal 6 bulan
  • CV dalam bahasa Inggris/Arab
Beasiswa Bergengsi  Excellenxe Master Fellowships, Kesempatan Beasiswa Kuliah S2 di Prancis

Pernyataan minat pribadi dalam bentuk narasi 300-500 kata tentang mengapa anda memilih untuk belajar di HBKU, bagaimana anda akan berkontribusi, penghargaan apa yang telah anda terima, dan tantangan apa yang anda hadapi dalam karir akademik dan dunia profesional anda.

Untuk pelamar program dengan pengenalan bahasa Inggris, harus memiliki bukti tes TOEFL / IELTS standar internasional yang valid. Ketentuan ini berlaku bagi pelamar yang bahasa pertama negaranya bukan bahasa Inggris, atau pelamar yang telah menyelesaikan jenjang sebelumnya di kampus yang pengajarannya bukan dalam bahasa Inggris.

Untuk pelamar program dengan pengenalan bahasa Arab, dan mengikuti seleksi kemampuan bahasa arab yang akan diberitahukan kemudian oleh CIS. Ketentuan ini berlaku bagi pelamar yang bahasa pertama negaranya bukan bahasa Arab, atau pelamar yang telah menyelesaikan jenjang sebelumnya di kampus yang pengantarnya bukan bahasa Arab.

Surat rekomendasi dalam bahasa Inggris / Arab dari dua dosen atau pejabat kampus dengan kop surat dan stempel resmi kampus. Namun surat rekomendasi dikirim langsung oleh pihak pemberi rekomendasi langsung melalui email pribadi ke alamat email HBKU.

Kampus Qatar Faculty of Islamic Studies (QFIS)

Anda bisa mendaftar di Qatar Faculty of Islamic Studies (QFIS) sebagai salah satu fakultas di Hamad Bin Khalifa University untuk Beasiswa Qatar Foundation S2. Sama seperti Qatar University, setiap tahunnya disini menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi pascasarjana di HBKU, Qatar.

HBKU sendiri merupakan anggota dari Qatar Foundation di bidang ilmu pengetahuan, pendidikan dan pengembangan masyarakat. Beberapa program magister yang ditawarkan di tempat studi ini antara lain:

  • Kajian Islam dalam Fiqh Kontemporer (S1 syariah) Kebijakan Publik dalam Islam
  • Keuangan Islam (sarjana ekonomi, bisnis, akuntansi, dan bidang studi terkait lainnya)
  • Kajian Pemikiran dan Masyarakat Muslim Kontemporer
  • Urban Design and Architecture in Islamic Societies (sarjana arsitektur dan teknik)
  • Studi Islam dalam Perbandingan Agama
Beasiswa Bergengsi  Daftar Beasiswa Dalam Negeri 2022

Bagi lulusan sarjana yang berhasil memperoleh beasiswa magister di QFIS, berhak atas akomodasi, Tunjangan Kesehatan, Transportasi di dalam dan di luar Qatar Foundation serta fasilitas internet, telepon dan rekreasi.

Persyaratan Beasiswa S2 Dari QFIS

Bagi anda yang sedang mencari info Beasiswa Qatar Foundation S2 dan tertarik dengan beasiswa master dari QFIS, berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Menyelesaikan studi S1 ​​dari universitas yang terakreditasi sangat baik dengan IPK minimal 3.4
  • Memiliki sertifikat skor TOEFL minimal dengan skor minimal 550 dan IELTS minimal 6.0, sedangkan pelamar program studi Studi Islam pada Fiqih Kontemporer dan Studi Perbandingan Agama Islam mensyaratkan skor TOEFL minimal 450 dan IELTS 5.0.
  • Lulus Tes Bahasa Arab dan skor minimal 80% di pusat bahasa di Qatar. Jika siswa tidak lulus tes ini dalam masa studi satu tahun, beasiswa akan dicabut.
  • Melakukan wawancara telepon selama seleksi akhir.
  • Siapkan beberapa dokumen yang diperlukan, seperti formulir aplikasi beasiswa QFIS, fotokopi paspor, sertifikat gelar sarjana, transkrip dan dua foto terbaru.
  • Semua kelengkapan berkas disiapkan dan dikirim ke bagian admin QIFS. Untuk detail lebih lanjut, silakan kunjungi situs web resmi HBKU untuk informasi tentang tenggat waktu dan persyaratan tambahan.

Jika anda tertarik untuk melanjutkan studi di Qatar dengan Beasiswa Qatar Foundation S2, anda dapat memanfaatkan program beasiswa ini yang selalu dibuka untuk mahasiswa internasional setiap tahunnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin kuliah di Timur Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *