Persyaratan Umum Beasiswa Erasmus S2

Pernahkah anda membayangkan untuk bisa melanjutkan studi S2 gratis ke Eropa dan memulai kuliah tahun pertama kuliah di Aarhus University, Denmark, dan melanjutkan tahun keduanya di University of Hamburg, Jerman? Pastinya ini akan menjadi pengalaman baru bagi anda, atau malah belum sempat terpikirkan sebelumnya mengingat pada umumnya kebanyakan orang hanya berpikir untuk kuliah di 1 negara saja apalagi jika itu dilakukan di luar negeri.

Padahal di luar sana ternyata ada juga program beasiswa yang bisa membawa anda meraih pendidikan kuliah S2 di beberapa negara Eropa sekaligus, yakni Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD). Dengan program beasiswa ini maka tak menutup kemungkinan bagi anda untuk dapat melalui masa kuliah di beberapa tempat selama periode beasiswa berlangsung, beberapa Negara yang masuk dalam daftar Uni Eropa siap menjadi destinasi belajar anda selanjutnya.

Penasaran? Pastikan anda menyimak dengan baik artikel kali ini tentang beasiswa Erasmus s2.

Apa Itu Beasiswa Erasmus S2?

Sebagaimana diketahui, EMJMD merupakan bagian dari program Erasmus+ yang diprakarsai oleh Uni Eropa untuk mendukung bidang pendidikan, pelatihan, pemuda dan olahraga. Pada awalnya, EMJMD hanya menjadi program studi internasional bergengsi yang diajarkan secara terintegrasi oleh konsorsium internasional yang terdiri dari berbagai intitusi pendidikan. Program EMJMD itu sendiri terdiri dari 60 – 120 European Credit Transfer System (ECTS) dengan masa kuliah mulai dari 1 – 2 tahun.

EMJMD menawarkan beasiswa S2 yang didanai langsung oleh Uni Eropa kepada semua mahasiswa terbaik yang berhasil melalui seluruh tahapan seleksi di tiap tahunnya, para penerima beasiswa ini nantinya akan menjalani masa kuliah di 2 negara yang masuk dalam daftar program beasiswa ini atau yang telah menjadi mitranya.

Beasiswa Bergengsi  250 Beasiswa Penuh Kembali Dibuka STIPI Maghfirah

Tidak hanya itu, Erasmus Mundus Joint Master Degree juga menyediakan dana khusus bagi kalangan dosen untuk dapat melakukan penelitian dan kegiatan ilmiah lainnya melalui berbagai lembaga yang berpartisipasi dalam EMJMD dalam kurun waktu hingga tiga bulan lamanya.

Persyaratan Umum beasiswa Erasmus S2

Seperti pada program beasiswa lainnya, beasiswa Erasmus S2 juga menerapkan sejumlah persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh semua pendaftarnya seperti berikut ini.

  • Tidak terdaftar dan bukan berasal dari negara anggota Uni Eropa
  • Belum pernah melakukan kuliah, bekerja, atau yang lainnya selama lebih dari 12 bulan dalam 3 tahun terakhir di negara anggota Uni Eropa
  • Telah menyelesaikan pendidikan S1 yang relevan sebelum pendaftaran program EMJMD
  • Diterima di salah satu program EMJMD
  • Namun bagi anda yang belum pernah bekerja tak perlu khawatir, pasalnya beasiswa ini tidak mewajibkan pendaftarnya untuk memiliki pengalaman kerja meski perlu diketahui juga bahwa pengalaman kerja akan tetap menjadi nilai tambah dalam proses seleksi beasiswa ini
  • Memiliki nilai TOEFL PBT 550 atau lebih, CBT 213 atau lebih, dan IBT 82 atau lebih
  • Khusus bagi kalangan dosen yang tertarik untuk mendaftar beasiswa ini, berikut adalah persyaratan yang wajib anda penuhi.
  • Berasal dari perguruan tinggi di luar Negara anggota Uni Eropa
  • Bukan merupakan penduduk di negara anggota Uni Eropa
  • Terdaftar di salah satu perguruan tinggi Eropa yang menjadi mitra dalam program kerja sama tersebut
  • Memiliki prestasi di bidang akademik dan / atau professional
  • Dinyatakan telah diterima dalam program EMJMD sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Persyaratan Dokumen beasiswa Erasmus S2

Jika di atas merupakan persyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh semua pendaftar, maka berikut ini adalah sejumlah persyaratan dokumen yang harus disertakan dalam proses pendaftaran beasiswa Erasmus s2.

  • Curriculum vitae
  • Cover letter atau surat motivasi maksimal 2 halaman
  • Transkrip nilai akademik
  • Ijazah sarjana
  • Paspor
  • Bukti tempat tinggal
  • Sertifikat TOEFL, CBT, dan IBT
  • Surat rekomendasi dari pihak kampus atau perusahaan tempat bekerja beserta dengan kontak yang bisa dihubungi
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Linimuda 2022, Bantuan Biaya Pendidikan Hingga Pelatihan Persiapan Karir

Pilihan Jurusan beasiswa Erasmus S2

Perlu diketahui, Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) juga menawarkan berbagai macam disiplin ilmu yang bisa anda ambil, mulai dari ilmu pertanian dan kehutanan, bisnis dan manajemen, komunikasi dan informatika, pendidikan dan pengajaran, teknik, humaniora, hukum, dan masih banyak yang lainnya.

Anda bisa mengetahui lebih detail jurusan atau program studi yang tersedia melalui katalog EMJMD. Ada beragam jenis pilihan program studi dan juruan yang bisa anda pilih, namun pastikan semua itu masih relevan dengan bidang studi yang pernah anda dapatkan sebelumnya karna dalam program beasiswa Erasmus S2 ini tidak diperkenankan bagi semua calon pesertanya untuk melakukan alih jenjang.

Kelebihan Beasiswa Erasmus S2

Seperti halnya program beasiswa yang lainnya, beasiswa Erasmus s2 juga menawarkan beragam kelebihan yang memberikan banyak manfaat kepada setiap penerimanya. Anda akan mendapatkan manfaat yang besar dengan semua yang diberikan oleh program beasiswa ini dan berikut di antaranya.

  • Pembiayaan kuliah, perpustakaan, dan laboratorium
  • Jaminan asuransi dan biaya wajib lainnya
  • Akomodasi perjalanan pulang dan pergi
  • Tunjangan uang saku bulanan
  • Berikut adalah detail pembiayaan yang ditangguh oleh program beasiswa Erasmus S2.
  • Akomodasi perjalanan senilai 1.000 EUR per tahun pada penerima beasiswa di partner country
  • Biaya tambahan 2.000 EUR per tahun bagi penerima beasiswa yang berada di negara mitra yang berjarak kurang dari 4000 km dari negara tempat kuliah, serta tambahan 3.000 EUR per tahun bagi penerima beasiswa yang tinggal sejauh 4000 km atau lebih dari negara tempatnya kuliah
  • Biaya kuliah hingga 6.575 EUR per tahun
  • Uang saku bulanan 1.000 EUR per bulan

Proses Seleksi beasiswa Erasmus S2

Setelah proses pendaftaran dilakukan, pihak konsorsium akan langsung melakukan proses seleksi berdasarkan daftar riwayat hidup masing – masing pendaftarnya, prestasi studi dan akademik, motivasi, rekomendasi, kemampuan bahasa, dan hal lainnya yang menjadi pertimbangan sesuai ketentuan yang berlaku. Hasil akhir dari proses seleksi inilah yang nantinya akan disetujui di akhir bulan Maret dan hanya para pendaftar yang lolos seleksi saja yang akan menerima pemberitahuan dari pihak konsorsium.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Knight Hennessy 2022, Kuliah Gratis Di Stanford University Amerika Serikat

Itulah beberapa informasi tentang beasiswa Erasmus s2 yang penting untuk anda ketahui, pastikan anda mampu memenuhi seluruh persyaratan yang berlaku agar proses pendaftaran dapat dilakukan dengan baik. Proses pendaftaran biasanya mulai dibuka di akhir tahun yang berarti masih ada waktu yang panjang bagi anda untuk dapat menyiapkan seluruh persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan, misalnya saja seperti persiapan untuk penguasaan bahasa inggris yang pastinya harus dibuktikan melalui sertifikat TOEFL dan yang lainnya.

Tidak hanya itu, persiapan untuk mengukir prestasi lebih baik juga masih terbuka lebar karna pada akhirnya nanti pencapaian anda di bidang akademik akan sangat menentukan keberhasilan anda dalam proses seleksi penerimaan beasiswa Erasmus S2 di perguruan tinggi dan Negara tujuan yang anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.