Syarat Dan Jenis Beasiswa Kaltim Tuntas 2022

Sebagaimana diketahui, Beasiswa Kaltim Tuntas adalah sebuah program beasiswa dari pemerintah provinsi Kalimantan Timur yang khusus diberikan pada peserta didik dari daerah Kaltim, di mana beasiswa Tuntas sendiri merupakan beasiswa khusus yang berlaku pada jenjang pendidikan tinggi.

Beasiswa Kaltim Tuntas 2022 atau yang bisa disingkat dengan BKT telah menjadi bukti nyata adanya keterlibatan pemprov Kaltim dalam upaya memajukan bangsa di bidang pendidikan. Adapun beasiswa Tuntas akan diberikan pada mahasiswa asal Kalimantan Timur yang diketahui masih aktif menjalani masa studi di jenjang Diploma I hingga Strata 3.

Pemberian beasiswa Tuntas ditujukan untuk memberi kesempatan belajar, meningkatkan motivasi belajar, membantu studi mahasiswa, serta meningkatkan prestasi akademik para pemuda di wilayah Kalimantan Timur. Perlu diketahui bahwa Beasiswa Kaltim Tuntas juga terbagi menjadi 3 jenis, yang pastinya sangat lah berperan besar dalam memberikan pendidikan yang lebih baik bagi muda mudi di Kalimantan Timur.

Jenis Beasiswa Kaltim Tuntas 2022

Seperti telah disebutkan di atas bahwa beasiswa Kaltim Tuntas dikategorikan menjadi 3 jenis, meliputi beasiswa prestasi akademik, non-akademik, serta beasiswa khusus. Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat dari masing – masing jenis beasiswa Kaltim Tuntas yang wajib anda tahu.

Tuntas Prestasi Akademik

Beasiswa Tuntas Prestasi Akademik (PA) adalah salah satu jenis beasiswa Kaltim Tuntas bagi peserta studi umum, artinya yang akan menjadi penerima beasiswa adalah putra putri dari Kaltim dan memiliki prestasi di bidang akademik.

Beasiswa Kaltim Tuntas PA juga sudah bisa diikuti oleh mahasiswa saat mulai menginjak semester 2, namun perlu diingat bahwa untuk mendaftarnya maka setiap calon peserta harus memilik IPK minimal 3.00

Beasiswa Bergengsi  KOC University Scholarship 2022 Tawarkan Beasiswa Gratis Kuliah S2 dan S3

Tuntas Prestasi Non-Akademik

Tak jauh berbeda dari jenis beasiswa Kaltim Tuntas PA di atas, Beasiswa Tuntas Prestasi Non-Akademik (PNA) juga menetapkan syarat ipk minimal 3.00 bagi siapa saja yang ingin mengikuti program beasiswa ini.

Namun yang menjadi pembeda dalam beasiswa Tuntas PNA adalah anda wajib menyertakan berkas pendukung dalam proses pendaftarannya yang bisa berupa sertifikat / piagam / penghargaan kejuaraan resmi yang diperoleh dalam 2 tahun terakhir, sertifikat tersebut juga harus dalam kategori juara 1, 2, atau 3 dari beberapa bidang keahlian seperti pendidikan, keagamaan, olahraga, dan seni. Tidak hanya itu saja, tingkatan kejuaraan tersebut juga hendaknya berada di kelas Nasional atau lebih baik lagi.

Tuntas Khusus

Beasiswa Kaltim Tuntas Khusus memiliki perbedaan mendasar dibandingkan dengan kedua jenis beasiswa Tuntas di atas, di mana beasiswa Tuntas Khusus ini akan diberikan pada mahasiswa berstatus tidak mampu, berkebutuhan khusus, berasal dari daerah 3T, anak atau cucu dari seorang Veteran, serta bagi mereka yang telah hafidz Quran 30 Juz.

Dengan begitu, maka bagi anda yang mampu memenuhi salah satu dari kriteria di atas dan memiliki IPK minimal 3,00 maka  anda bisa mendaftarkan diri ke beasiswa Tuntas Khusus.

Meski begitu, sebenarnya beasiswa Kaltim Tuntas juga masih mempunyai satu jenis lagi yang lainnya, yakni beasiswa Kalimantan Timur Tuntas Kerjasama. Namun informasinya hanya akan diberikan secara langsung pada universitas serta kampus yang menjalin kerja sama dengan pihak dari pemerintah provinsi Kalimantan Timur saja.

Fitur Beasiswa Kaltim Tuntas

Sebagai salah satu program beasiswa pemprov, tentunya beasiswa Tuntas juga mempunyai fitur menarik di mana beasiswa Tuntas mampu memberikan dana pendidikan secara penuh sampai dengan masa studinya selesai. Dengan demikian maka dapat diambil kesimbulan bawa beasiswa dari masing – masing fakulitas atau studi pastinya berbeda, berikut mungkin bisa menjadi gambaran bagi anda yang sedang tertarik untuk mencoba beasiswa ini.

  • Diploma I : 2 semester (1 tahun).
  • Diploma II : 4 semester (2 tahun).
  • Diploma III : 6 semester (3 tahun).
  • Strata 1 : 8 semester (4 tahun).
  • Strata 2 : 4 semester (2 tahun).
  • Strata 3 : 5 semester (2,5 tahun).
Beasiswa Bergengsi  ITENAS Bandung Buka Pendaftaran Beasiswa Cahaya, Cek info lengkapnya

Adapun proses pemberian uang beasiswa Kalimantan Timur Tuntas akan dilakukan secara langsung kepada para penerimanya, tentunya itu dilakukan melalui rekening pribadi mahasiswa tersebut. Namun sayangnya, pemberian uang dalam program beasiswa ini akan berbeda tergantung pada jenjang pendidikan yang diambilnya.

Syarat Beasiswa Kaltim Tuntas

Setelah mengetahui informasi dasar terkait beasiswa Tuntas seperti di atas, maka selanjutnya anda juga perlu mengetahui syarat daftar beasiswa Kalimantan Timur Tuntas seperti berikut ini.

  • Warga asli Kalimantan Timur yang dibuktikan dengan NIK
  • Masih aktif Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B
  • Mengambil studi di jurusan dengan akreditasi minimal B sebelumnya
  • Mempunyai memiliki nilai Indeks Prestasi Akademik (IPK) minimal 3.00
  • Memiliki akses ke aplikasi Whatsapp
  • Telah memiliki akun Beasiswa Kaltim
  • Jika semua syarat sudah siap, maka anda bisa langsung melakukan proses pendaftaran dengan melampirkan beberapa dokumen penting sebagai persyaratan seperti berikut ini.
  • Scan transkrip nilai
  • Scan halaman depan buku tabungan atas nama pendaftar
  • Membuat surat pernyataan yang menerangkan sedang tidak menerima beasiswa lain yang dibubuhi dengan materai Rp 10.000
  • Scan bukti pembayaran UKT atau SPP selama 1 semester terakhir
  • Scan dokumen tambahan lainnya sesuai dengan jenis beasiswa Kaltim Tuntas yang dipilih, seperti Sertifikat, Piagam, SKTM, dan yang lainnya.

Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas

Sebagai informasi, pendaftaran beasiswa Kalimantan Timur Tuntas masih terus dibuka hingga tanggal 12 Mei mendatang, tentunya masih ada waktu bagi anda untuk bisa mulai melengkapi seluruh syarat yang diwajibkan dan melakukan persiapan lainnya hingga mulai melakukan proses pendaftaran. Bagi anda yang tertarik dan penasaran untuk mencobanya, berikut adalah beberapa proses dalam pendaftaran beasiswa Kaltim Tuntas.

  • Melakukan registrasi atau pembuatan akun melalui link yang disesuaikan dengan jenis beasisaw yang akan diambil.
  • Melengkapi data dan mengunggah hasil scan berkas asli yang sesuai dengan syarat berlaku.
  • Tunggu hingga Badan Pengelola Beasiswa Kalimantan Timur Tuntas (BP-BKT) melakukan verifikasi terhadap permohonan pendaftaran anda.
  • Setelah sukses terverifikasi, maka kini anda hanya perlu menunggu kabari baik dari pihak BP-BKT sebagai tim penyeleksi penerimaan beasiswa Kaltim Tuntas.
Beasiswa Bergengsi  Program Beasiswa Talenta Inovasi Indonesia

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Beasiswa Kaltim Tuntas yang bisa anda coba di tahun 2022 ini, pastikan anda memang benar-benar memenuhi seluruh kriteria seperti yang sudah disebutkan diatas. Selain itu, memilih jenis program beasiswa juga diperlukan dalam hal ini karna tidak semua jurusan mungkin bisa cocok dengan anda, atau malah bisa jadi memang berseberangan dengan pendidikan yang pernah  anda lalui sebelumnya.

Proses mengikuti tahap demi tahap proses seleksi mungkin akan terasa melelahkan, apalagi jika anda tak berhasil lolos dari beasiswa kaltim tuntas. Jadi mulai lah persiapkan diri anda, jangan sampai kesalahan kecil malah justru merusak impian anda dalam meraih beasiswa. Semoga artikel tentang beasiswa kaltim tuntas 2022 kali ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.

beasiswa kaltim tuntas 2022 -pendaftaran beasiswa kaltim tuntas 2022 -

Leave a Reply

Your email address will not be published.