Sebagaimana diketahui, Beasiswa Kaltim Tuntas adalah sebuah program beasiswa dari pemerintah provinsi Kalimantan Timur yang khusus diberikan pada peserta didik dari daerah Kaltim, di mana beasiswa Tuntas sendiri merupakan beasiswa khusus yang berlaku pada jenjang pendidikan tinggi.

Beasiswa Kaltim Tuntas 2022 atau yang bisa disingkat dengan BKT telah menjadi bukti nyata adanya keterlibatan pemprov Kaltim dalam upaya memajukan bangsa di bidang pendidikan. Adapun beasiswa Tuntas akan diberikan pada mahasiswa asal Kalimantan Timur yang diketahui masih aktif menjalani masa studi di jenjang Diploma I hingga Strata 3.

Pemberian beasiswa Tuntas ditujukan untuk memberi kesempatan belajar, meningkatkan motivasi belajar, membantu studi mahasiswa, serta meningkatkan prestasi akademik para pemuda di wilayah Kalimantan Timur. Perlu diketahui bahwa Beasiswa Kaltim Tuntas juga terbagi menjadi 3 jenis, yang pastinya sangat lah berperan besar dalam memberikan pendidikan yang lebih baik bagi muda mudi di Kalimantan Timur.

Apa Itu Beasiswa Kaltim Tuntas?

Beasiswa Kaltim Tuntas merupakan sebuah program bantuan pendidikan dari pemerintah provinsi Kalimantan Timur yang diperuntukkan khusus bagi peserta didik yang berada di daerah Kaltim, khususnya untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Beasiswa Kaltim Tuntas 2022 atau yang bisa disingkat dengan BKT juga telah menjadi bukti nyata bahwa pemprov Kaltim turut berupaya dalam memajukan bangsa melalui pendidikan. Adapun beasiswa ini akan diberikan pada mahasiswa asal Kalimantan Timur yang dinyatakan masih aktif dalam menjalani masa studi di jenjang perguruan tinggi, mulai dari jenjang pendidikan Diploma 1 hingga Strata 3.

Tujuan dari program beasiswa ini adalah untuk memberi kesempatan belajar, meningkatkan motivasi belajar, membantu studi mahasiswa, serta meningkatkan prestasi akademik dari para peserta dan seluruh pemuda yang ada di wilayah Kalimantan Timur.

Hal inilah yang membuat banyak orang selalu ingin mendaftar beasiswa kaltim tuntas agar bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik melalui bantuan pembiayaan kuliahnya. Sebagaimana diketahui, Beasiswa Kaltim Tuntas juga terbagi ke dalam 3 jenis dan berikut di antaranya.

Daftar Beasiswa Kaltim Tuntas

Seperti telah disebutkan di atas bahwa beasiswa Kaltim Tuntas dikategorikan menjadi 3 jenis, meliputi beasiswa prestasi akademik, non-akademik, serta beasiswa khusus. Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat dari masing – masing jenis beasiswa Kaltim Tuntas yang wajib anda tahu.

Tuntas Prestasi Akademik

Beasiswa Tuntas Prestasi Akademik (PA) merupakan salah satu jenis beasiswa Kaltim Tuntas yang disediakan untuk peserta studi umum, artinya para penerima beasiswa ini nantinya adalah putra putri dari Kaltim yang memiliki prestasi baik di bidang akademik.

Sebagai informasi, program beasiswa Kaltim Tuntas PA juga sudah mulai bisa diikuti oleh kalangan mahasiswa yang berada di semester 2, namun harus diketahui juga bahwa untuk bisa mendaftarnya maka setiap pendaftar harus memilik setidaknya IPK minimal 3.00 dari skala 4.00.

Tuntas Prestasi Non-Akademik

Tak jauh berbeda dari jenis beasiswa Kaltim Tuntas PA di atas, Beasiswa Tuntas Prestasi Non-Akademik (PNA) juga menetapkan syarat ipk minimal 3.00 bagi siapa saja yang ingin mengikuti program beasiswa ini.

Namun yang menjadi pembeda dalam beasiswa Tuntas PNA adalah anda wajib menyertakan berkas pendukung dalam proses pendaftarannya yang bisa berupa sertifikat / piagam / penghargaan kejuaraan resmi yang diperoleh dalam 2 tahun terakhir, sertifikat tersebut juga harus dalam kategori juara 1, 2, atau 3 dari beberapa bidang keahlian seperti pendidikan, keagamaan, olahraga, dan seni. Tidak hanya itu saja, tingkatan kejuaraan tersebut juga hendaknya berada di kelas Nasional atau lebih baik lagi.

Tuntas Khusus

Beasiswa Kaltim Tuntas Khusus memiliki perbedaan mendasar dibandingkan dengan kedua jenis beasiswa Tuntas di atas, di mana beasiswa Tuntas Khusus ini akan diberikan pada mahasiswa berstatus tidak mampu, berkebutuhan khusus, berasal dari daerah 3T, anak atau cucu dari seorang Veteran, serta bagi mereka yang telah hafidz Quran 30 Juz.

Dengan begitu, maka bagi anda yang mampu memenuhi salah satu dari kriteria di atas dan memiliki IPK minimal 3,00 maka  anda bisa mendaftarkan diri ke beasiswa Tuntas Khusus.

Meski begitu, sebenarnya beasiswa Kaltim Tuntas juga masih mempunyai satu jenis lagi yang lainnya, yakni beasiswa Kalimantan Timur Tuntas Kerjasama. Namun informasinya hanya akan diberikan secara langsung pada universitas serta kampus yang menjalin kerja sama dengan pihak dari pemerintah provinsi Kalimantan Timur saja.

Fitur Beasiswa Kaltim Tuntas

Sebagai salah satu program beasiswa pemprov, tentunya beasiswa Tuntas juga mempunyai fitur menarik di mana beasiswa Tuntas mampu memberikan dana pendidikan secara penuh sampai dengan masa studinya selesai. Dengan demikian maka dapat diambil kesimbulan bawa beasiswa dari masing – masing fakulitas atau studi pastinya berbeda, berikut mungkin bisa menjadi gambaran bagi anda yang sedang tertarik untuk mencoba beasiswa ini.

  • Diploma I : 2 semester (1 tahun).
  • Diploma II : 4 semester (2 tahun).
  • Diploma III : 6 semester (3 tahun).
  • Strata 1 : 8 semester (4 tahun).
  • Strata 2 : 4 semester (2 tahun).
  • Strata 3 : 5 semester (2,5 tahun).

Adapun proses pemberian uang beasiswa Kalimantan Timur Tuntas akan dilakukan secara langsung kepada para penerimanya, tentunya itu dilakukan melalui rekening pribadi mahasiswa tersebut. Namun sayangnya, pemberian uang dalam program beasiswa ini akan berbeda tergantung pada jenjang pendidikan yang diambilnya.

Syarat Beasiswa Kaltim Tuntas

Seperti halnya program beasiswa pada umumnya, beasiswa Kaltim Tuntas juga menetapkan sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh semua calon pesertanya, jadi bagi anda yang ingin mendaftarkan diri dalam seleksi program beasiswa Tuntas maka perlu diperhatikan beberapa persyaratan seperti berikut ini.

  • Warga asli Kalimantan Timur
  • Masih aktif menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B
  • Pernah mengambil studi di jurusan yang terakreditasi minimal B
  • Nilai Indeks Prestasi Akademik (IPK) minimal 3.00 dari skala 4.00
  • Telah membuat akun Beasiswa Kaltim

Bagi anda yang sudah memiliki semua syarat seperti di atas, maka selanjutnya anda bisa langsung mulai melakukan pendaftaran dengan melampirkan sejumlah dokumen penting sebagai persyaratan dalam registrasi anda dan berikut di antaranya.

  • Scan transkrip nilai IPK
  • Scan halaman depan buku rekening tabungan atas nama pendaftar
  • Membuat surat pernyataan tidak akan atau sedang menerima beasiswa lain
  • Scan bukti pembayaran UKT / SPP selama 1 semester terakhir
  • Scan dokumen pendukung lainnya sesuai dengan jenis program beasiswa Kaltim Tuntas yang dipilih, misalnya seperti Sertifikat, Piagam, SKTM, atau yang lainnya.

Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas

Sebagai informasi, pendaftaran beasiswa Kalimantan Timur Tuntas masih terus dibuka hingga tanggal 12 Mei mendatang, tentunya masih ada waktu bagi anda untuk bisa mulai melengkapi seluruh syarat yang diwajibkan dan melakukan persiapan lainnya hingga mulai melakukan proses pendaftaran. Bagi anda yang tertarik dan penasaran untuk mencobanya, berikut adalah beberapa proses dalam pendaftaran beasiswa Kaltim Tuntas.

  • Melakukan registrasi atau pembuatan akun melalui link yang disesuaikan dengan jenis beasisaw yang akan diambil.
  • Melengkapi data dan mengunggah hasil scan berkas asli yang sesuai dengan syarat berlaku.
  • Tunggu hingga Badan Pengelola Beasiswa Kalimantan Timur Tuntas (BP-BKT) melakukan verifikasi terhadap permohonan pendaftaran anda.
  • Setelah sukses terverifikasi, maka kini anda hanya perlu menunggu kabari baik dari pihak BP-BKT sebagai tim penyeleksi penerimaan beasiswa Kaltim Tuntas.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Beasiswa Kaltim Tuntas yang bisa anda coba di tahun 2022 ini, pastikan anda memang benar-benar memenuhi seluruh kriteria seperti yang sudah disebutkan diatas. Selain itu, memilih jenis program beasiswa juga diperlukan dalam hal ini karna tidak semua jurusan mungkin bisa cocok dengan anda, atau malah bisa jadi memang berseberangan dengan pendidikan yang pernah  anda lalui sebelumnya.

Proses mengikuti tahap demi tahap proses seleksi mungkin akan terasa melelahkan, apalagi jika anda tak berhasil lolos dari beasiswa kaltim tuntas. Jadi mulai lah persiapkan diri anda, jangan sampai kesalahan kecil malah justru merusak impian anda dalam meraih beasiswa. Semoga artikel tentang beasiswa kaltim tuntas 2022 kali ini bisa bermanfaat, selamat mencoba, owh iya untuk hasil pengumamnya nya kalian bisa cek disini nantinya.

Bagikan:

Tags:

One response to “Beasiswa Kaltim Tuntas 2022”

  1. Tya indyanna Avatar

    inggin mendapat kan beasiswa

Leave a Comment