Jenis Perbedaan Beasiswa LPDP Reguler Dan Afirmasi

Pihak LPDP menyelenggarakan beberapa program beasiswa, diantaranya adalah beasiswa afirmasi dan beasiswa reguler atau umum. Jenis program beasiswa tersebut masih memiliki beberapa turunan jenis beasiswa lainnya. Berikut ini beberapa jenis beasiswa LPDP, serta perbedaan beasiswa LPDP reguler dan afirmasi yang bisa anda pelajari.

Jenis Perbedaan Beasiswa LPDP Reguler dan Afirmasi

Beasiswa Targeted

Beasiswa ini ditargetkan atau ditujukan untuk PNS, TNI, dan Polri. Peserta LPDP dari instansi pemerintah harus memiliki surat persetujuan dari pimpinan instansi untuk mengikuti pendidikan jika diterima di kemudian hari. Program beasiswa ini juga ditujukan kepada para pelaku usaha atau pengusaha untuk melanjutkan studi program magister di luar negeri.

Program beasiswa khusus kewirausahaan kini dibuka untuk melihat tren masyarakat di kancah bisnis global. Sasaran beasiswa magister luar negeri adalah bagi warga negara Indonesia yang berkecimpung di bidang kewirausahaan, karena potensi bisnis di dunia global sudah berkembang.

Beasiswa Reguler

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP kembali membuka pendaftaran beasiswa putra putri terbaik Indonesia. Beasiswa Reguler adalah salah satunya. Beasiswa ini ditujukan bagi WNI yang telah menyelesaikan D4 atau S1 untuk beasiswa master.

Selain itu, WNI yang telah menyelesaikan studi S2 untuk beasiswa doktoral atau empat studi diploma (D4) / sarjana (S1) untuk beasiswa doktoral di luar negeri. Program yang paling diminati adalah program beasiswa LPDP reguler.

Beasiswa Bergengsi  Ingin Kuliah Sampai ke negeri China? Ini Daftar Beasiswa Kuliah ke China, Penuh dan Parsial

Program Reguler ditujukan bagi siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana, magister, atau doktoral. Program beasiswa reguler ini juga terbuka bagi peserta yang ingin melanjutkan studi di universitas top dunia (PTUD) di luar negeri.

Program beasiswa reguler bisa diikuti oleh siapa saja, tak heran banyak peminat yang mendaftar melalui LPDP ini. Seleksi yang harus dilalui, baik untuk afirmasi, target, maupun peserta reguler, memiliki tahapan yang sama. Pertama, melalui seleksi administrasi, seleksi akademik, seleksi wawasan kebangsaan, dan wawancara.

Salah satu perbedaan beasiswa LPDP reguler dan afirmasi, yakni beasiswa reguler diberikan untuk dua jenjang pendidikan. Diantaranya program Magister satu gelar (single degree) dengan masa studi maksimal 24 bulan dan program Doktor dengan masa studi maksimal 48 bulan.

Syarat Beasiswa LPDP Reguler

Untuk Perorangan dari Daerah Tertinggal

Jika anda dari daerah tertinggal dan ingin mendaftar program Beasiswa Afirmasi, maka wajib memiliki surat keterangan menyelesaikan pendidikan dasar dan SMA sederajat dari institusi setempat dan dibuktikan dengan ijazah dan KTP.

Untuk Alumni Bidikmisi dan Siswa Berprestasi dari Keluarga Miskin

Salah satu perbedaan beasiswa LPDP reguler dan afirmasi, yakni beasiswa ini hanya untuk program magister. Ada beberapa dokumen yang harus disertakan dalam rangka verifikasi data individu yang bersangkutan, antara lain:

Tidak mampu secara ekonomi, dengan kriteria orang tua dan / atau suami / istri memiliki penghasilan bruto keluarga paling banyak Rp. 3.000.000,00 dan bila dibagi jumlah anggota keluarga, dan jumlah paling banyak Rp. 750.000,00 per bulan. Ini dibuktikan dengan KK Terbaru, Surat Keterangan Tidak Mampu dari desa.

Slip gaji orang tua dan suami/istri bagi yang sudah menikah. Bagi anda yang ingin melamar program beasiswa afirmasi jenis ini, paling lambat maksimal dua tahun setelah dinyatakan lulus kuliah.

Beasiswa Bergengsi  Cara Membuat Essay Beasiswa

Untuk Penyandang Disabilitas

Melalui beasiswa ini, pemerintah berharap agar anda menjadi putra terbaik Indonesia. Untuk mengajukan beasiswa ini, anda perlu melampirkan surat dari rumah sakit atau klinik.

Untuk Individu Berprestasi

Bagi anda yang memiliki segudang prestasi, baik nasional maupun internasional, anda bisa melamar beasiswa ini. Beberapa persyaratan yang harus dimiliki antara lain 1 sertifikat prestasi nasional di bidang olahraga, seni/budaya, atau agama. Sedangkan pemenang Olimpiade Internasional meraih juara 1, 2, atau 3 di bidang olahraga, seni/budaya atau agama.

Untuk PNS, TNI, dan POLRI

Sama seperti beasiswa LPDP pada umumnya, bagi anda yang berprofesi sebagai PNI, TNI, atau POLRI harus memiliki kemampuan bahasa asing yang baik dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,0 bagi S2 dan 3,25 bagi S3.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah wajib kembali bekerja di agen pengirim setelah menyelesaikan program studi. Program studi yang diambil harus benar-benar penting dan sangat dibutuhkan di instansi tempat anda bekerja.

Beasiswa Semi Mandiri

Beasiswa ini diberikan kepada pelamar beasiswa Magister di luar negeri untuk program beasiswa reguler dan beasiswa universitas besar dunia dengan skema beasiswa semi mandiri. Pelamar beasiswa ini didanai oleh dana pribadi dan keluarga.

Sumber dana beasiswa semi mandiri tidak diperoleh dari lembaga pemerintah, swasta, perguruan tinggi, atau lembaga lain baik di dalam negeri maupun di luar negeri. LPDP hanya menanggung dana pendidikan atau dana penunjang. Jadi LPDP hanya menanggung salah satu dana yang dibutuhkan untuk belajar.

Beasiswa Afirmasi

Program BPI Afirmasi adalah program beasiswa magister dan doktor bagi kelompok masyarakat yang perlu diberikan kebijakan afirmasi dalam memperoleh beasiswa. Namun, banyak yang belum familiar dengan beasiswa afirmasi, sehingga masih banyak yang bertanya apa itu beasiswa afirmasi dan apa perbedaan beasiswa LPDP reguler dan afirmasi.

Beasiswa Bergengsi  Jenis Beasiswa UIN Sunan Kalijaga

Beasiswa afirmasi merupakan dukungan yang diberikan kepada minoritas di Indonesia untuk mendapatkan akses pendidikan. Program beasiswa ini tentunya memiliki tujuan, yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah perbatasan dan / atau tertinggal.

Tujuan Beasiswa Afirmasi

Dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia maka akan terjadi pemerataan sumber daya manusia yang berpendidikan tinggi. Sehingga diharapkan permasalahan pembangunan yang belum merata di setiap daerah dapat teratasi.

Sementara itu, program BPI bagi PNS, TNI, dan Polri diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Guna mendukung ketersediaan aparatur pemerintah yang profesional, produktif, berkualitas, dan berdaya saing serta berkomitmen tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Program Beasiswa Afirmasi

Salah satu perbedaan beasiswa LPDP reguler dan afirmasi, beasiswa afirmasi mengacu pada peserta tertentu. Pertama, beasiswa program afirmasi diperuntukkan bagi penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus, peserta di wilayah afirmasi.

Serta peserta Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau peserta Bidik Misi saat menempuh program sarjana strata-1 (S1). Daerah afirmasi merupakan daerah yang termasuk dalam kategori daerah unggulan, terpencil, dan tertinggal (3T).

Beasiswa PTUD

Beasiswa Perguruan Tinggi Dunia (PTUD) diperuntukan bagi warga negara Indonesia yang telah memperoleh Surat Penerimaan / Penerimaan Tanpa Syarat dari PTUD untuk melanjutkan ke jenjang magister atau doktoral. Biaya yang diperoleh termasuk biaya pendidikan dan dukungan.

Beasiswa Co-Funding

Beasiswa ini adalah program beasiswa dalam bentuk kerjasama pendanaan antara LPDP dengan perorangan. Beasiswa ini ditujukan bagi pelamar beasiswa magister dan doktor baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Itulah beberapa perbedaan beasiswa LPDP reguler dan afirmasi yang bisa anda ketahui, selamat mencoba dan semoga berhasil.

https://www beasiswasarjana com/1609/jenis-perbedaan-beasiswa-lpdp-reguler-dan-afirmasi/ -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *