Beasiswa D3 Sampoerna Foundation

Harus diakui bahwa sampai saat ini pendidikan di Indonesia masih menjadi hal yang penting dan begitu diperhitungkan dalam dunia kerja, hal itulah yang lalu membuat banyak masyarakat Indonesia berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan setinggi mungkin karna harapannya agar bisa lebih cakap dalam berkompetisi di dunia kerja nantinya.

Namun sayangnya, mahalnya biaya pendidikan di Indonesia telah membuat sebagian orang terpaksa harus putus sekolah dan tidak bisa melanjutkan lagi pendidikannya. Banyaknya jumlah anak-anak Indonesia yang belum mampu mendapatkan pendidikan nampaknya telah membuat beberapa instansi, lembaga, dan yayasan tak ragu untuk mengeluarkan dana beasiswa pendidikan.

Dana beasiswa ini dikeluarkan untuk membantu para pelajar yang kurang mampu agar dapat menyelesaikan pendidikannya hingga setinggi mungkin. Berbicara mengenai beasiswa, maka dapat dikatakan bahwa di Indonesia sendiri jumlah pemberi beasiswa ada cukup banyak, salah satu program beasiswa yang sangat populer di Indonesia adalah Beasiswa Sampoerna.

Apa Itu Beasiswa Sampoerna?

Beasiswa Sampoerna merupakan program beasiswa yang dibuat oleh Sampoerna Foundation yang merupakan sebuah Institusi Bisnis Sosial terkenal dan pertama yang ada di Indonesia. Beasiswa Sampoerna memiliki tujuan untuk dapat mencetak putra – putri calon pemimpin bangsa di masa mendatang dan bisa meningkatkan angka wirausahawan di Indonesia yang profesional agar kelak dapat menghadapi persaingan globalisasi dengan lebih baik. Perlu diketahui bahwa beasiswa Sampoerna memiliki empat pilar penting yaitu:

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas bagi para pelajar berprestasi di seluruh Indonesia, terutama bagi yang berlatar belakang keluarga yang kurang mampu
  • Mencerahkan masyarakat umum dengan berbagai program pemberdayaan perempuan
  • Menciptakan lebih banyak lapangan kerja dengan program pengembangan kewirausahaan yang baik
  • Program penyaluran pertolongan dan bantuan untuk rehabilitasi bencana
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Monash University 2022

Dengan adanya beasiswa ini maka Sampoerna Foundation berharap untuk bisa menciptakan pemimpin – pemimpin baru yang nantinya dapat berkontribusi dan melakukan perubahan kea rah positif pada komunitasnya. Didirikan pada tahun 2001 silam, Samporna Foundation telah membagikan lebih dari 340.000 beasiswa sampai dengan saat ini. Tidak hanya itu saja, di tahun 2009 Sampoerna Foundation juga sukses mendirikan Sampoerna Academy yang merupakan sebuah sekolah dengan standar internasional dan berasrama.

Sekolah tinggi ini juga diharapkan bisa mencetak generasi baru sebagai pendidik masa depan di Sampoerna School of Education dan Sampoerna School of Business. Beasiswa Sampoerna juga tersedia untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari D3, S1, S2, bahkan termasuk juga dengan beasiswa khusus bagi pelajar di tingkat SMP hingga SMA yang memiliki kesulitan finansial. Jadi, bagi anda yang sedang mencari beasiswa D3 Sampoerna, maka program beasiswa yang satu ini jelas sangat cocok untuk anda.

Persyaratan Beasiswa Sampoerna Foundation

Sama halnya seperti beasiswa pada umumnya, Beasiswa Sampoerna juga memiliki persyaratan tersendiri. Sasaran penerima beasiswa milik Sampoerna Foundation umumnya berasal dari masyarakat Indonesia yang masih memiliki status sebagai pelajar, namun memiliki kesulitan dari segi keuangannya. Meski begitu bukan berarti semua pelajar bisa ikut serta dalam program beasiswa ini, melainkan hanya pelajar yang memiliki prestasi di bidang akademik dan non akademik saja yang bisa mendapatkannya.

Selain itu, bagi para pendaftar beasiswa dianjurkan untuk lebih memiliki semangat dalam membangun bangsa dan Negara, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Hal ini akan sangat berguna agar pendaftar atau calon peserta dalam beasiswa nantinya bisa lolos dalam seleksi penerimaannya dan dinyatakan resmi menjadi penerima beasiswa Sampoerna Foundation.

Beasiswa Bergengsi  Syarat Beasiswa S3 Dalam Negeri Tanpa TOEFL

Yang pasti ada beberapa persyaratan yang terdapat dalam program Beasiswa Sampoerna yang wajib dipenuhi oleh para pesertanya. Berikut adalah beberapa syarat khusus yang dikeluarkan oleh Sampoerna Foundation sebagai syarat pendaftaran program beasiswanya:

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP, Kartu Pelajar, dan Kartu Keluarga
  • Memiliki nilai akademik dengan rata – rata minimal 7.00 untuk jenjang SMA sederajat (dari kelas 10 hingga kelas 12)
  • Mampu membuktikan bahwa pendaftar memang membutuhkan tunjangan untuk biaya sekolah melalui surat keterangan tidak mampu beserta fotokopi tagihan listrik di rumah
  • Tidak sedang mengikuti atau menerima beasiswa dari instansi atau lembaga manapun
  • Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi secara lengkap

Adapun beberapa persyaratan di atas juga harus didukukung dengan adanya dokumen yang wajib dilampirkan dalam proses pendaftaran dan berikut di antaranya:

  • Formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap dan ditandatangani oleh pendaftar
  • Dua surat referensi dalam amplop tertutup
  • Pernyataan pribadi
  • Fotokopi KTP atau passport yang masih berlaku
  • Fotokopi KTP atau Passport orang tua yang masih berlaku
  • Fotokopi Kartu Keluarga yang masih berlaku
  • Pasfoto berukuran 4 x 6 terbaru
  • Fotokopi Ijazah SMA bagi yang sudah memilikinya, atau Surat Tanda Tamat Belajar bagi yang belum mendapatkannya
  • Fotokopi Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional
  • Fotokopi form masuk universitas yang terpilih
  • Fotokopi rekening listrik di rumah selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi bukti pendaftaran telah masuk salah satu universitas
  • Fotokopi slip gaji atau catatan penghasilan orang tua selama 3 bulan terkahir
  • Surat asli keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh Lurah atau Camat setempat
  • Surat keterangan belum pernah menerima beasiswa dari instansi lain manapun

Manfaat Dari Beasiswa Sampoerna

Setiap beasiswa pastinya menawarkan beragam keunggulan yang memberikan manfaat bagi semua pesertanya. Namun berbeda dengan instansi lainnya, Sampoerna Foundation justru menawarkan dana beasiswa yang terbilang cukup besar bahkan tak sedikit manfaat yang bisa didapatkan melalui beasiswa ini dan berikut di antaranya:

  • Biaya penuh selama menjalani pendidikan kuliah
  • Biaya penuh selama proses pendaftaran kuliah
  • Tunjangan buku selama masa perkuliahan
  • Tunjangan akses internet yang bertujuan agar penerima beasiswa nantinya bisa tetap mendapatkan akses internet untuk menunjang kegiatan belajarnya
  • Uang saku dan biaya hidup selama masa kuliah
Beasiswa Bergengsi  Contoh Essay Beasiswa

Perlu diketahui bahwa seluruh dana tersebut merupakan dana beasiswa penuh yang akan ditanggung oleh Sampoerna Foundation, itu artinya selama masa kuliah anda akan mendapatkan dana beasiswa sampoerna. Untuk mendapatkan beasiswa ini juga cukup mudah, anda hanya perlu melengkapi berbagai persyaratan yang telah disediakan oleh Sampoerna Foundation.

Perlu diingat kembali bahwa program beasiswa dari Sampoerna Foundation ini diperuntukkan bagi siapaun selama masih menjadi Warga Negara Indonesia, tanpa membatasi asal daerah dan sekolah. Semua pelajar di Indonesia berhak untuk mendaftarkan dirinya selama sanggup dalam memenuhi setiap persyaratan yang telah ditentukan.

Untuk bisa berhasil lolos dalam seleksi program beasiswa ini, pastikan anda telah melengkapi seluruh persyaratan yang ada sebab hal itu sangat berpengaruh terhadap proses seleksi anda nantinya. Semoga artikel tentang beasiswa D3 Sampoerna kali ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.