Daftar Beasiswa Luar Negeri Tahun 2022

Saat ini, ada banyak beasiswa luar negeri yang sering ditawarkan kepada pelajar dan mahasiswa Indonesia. Berikut adalah sejumlah beasiswa yang didanai penuh bagi siswa yang ingin mendapatkan beasiswa dan kuliah di luar negeri.

Daftar Beasiswa Luar Negeri Tahun 2022

Beasiswa Monbukagakusho, Jepang (Maret-April 2022)

Beasiswa luar negeri ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan Jepang atau disebut juga dengan MEXT yang akan menutupi biaya hidup selama anda tinggal di Jepang. Untuk lulusan SMA, beasiswa yang tersedia adalah program Professional Training College, College of Technology, dan Undergraduate.

Untuk informasi lengkapnya, silahkan kunjungi situs resminya. Anda juga dapat mengunjungi kantor kedutaan Jepang di Makassar, Medan, atau Surabaya.

Ketentuan

  • Nilai matematika wajib dan semester bahasa Inggris 4-5 minimum 84
  • Paspor terbaru
  • Legalisir Ijazah atau Surat Kelulusan Sementara
  • Legalisir transkripnya
  • Surat rekomendasi dari kepala sekolah atau guru

Beasiswa Turkiye Burslari Scholarship (10 Januari 2022 – 20 Februari 2022)

Turki juga termasuk target mahasiswa untuk melanjutkan studinya. Tidak seperti kebanyakan beasiswa yang mengharuskan pelamar untuk mendaftar ke universitas terlebih dahulu, pada beasiswa ini, anda tidak perlu mengajukan pendaftaran secara langsung. Program beasiswa ini juga memberikan penempatan di 12 universitas terbaik di Turki.

Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Dengan Nilai Rapor, Simak Syarat dan Cara Daftar Beasiswa KIP Telkom University 2022

Selain jenjang S2 dan S3, beasiswa ini juga untuk jenjang S1. Persyaratan usia untuk mendaftar studi sarjana adalah tidak lebih dari 21 tahun. Jika anda tertarik, anda dapat melihat media sosial Turkiye Burslari atau turkiyeburslari.gov.tr/.

Beasiswa Chinese Government Scholarship (November 2021-Februari 2022)

Negara berpengaruh di dunia ini juga memberikan beasiswa luar negeri untuk pelajar internasional, termasuk Indonesia. Meliputi biaya kuliah, akomodasi, asuransi kesehatan, dan tunjangan hidup bulanan.

Ketentuan

  • Usia maksimal 25 tahun untuk jenjang S1
  • Surat rekomendasi
  • Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai
  • Rencana belajar
  • Formulir pemeriksaan fisik
  • Fotokopi paspor
  • Sertifikat TOEFL / IELTS

Beasiswa Romanian Government Scholarship (20 Desember 2021 – 15 Maret 2022)

Rumania adalah negara yang memiliki 7 situs Warisan Dunia UNESCO. Hal menarik lainnya tentang Rumania adalah biaya hidup yang relatif terjangkau dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya pada umumnya.

Ketentuan

  • Ijazah
  • Transkrip
  • Akta kelahiran
  • Paspor dan CV
  • Surat izin orang tua

Beasiswa Australia Awards, Australia

Departemen Luar Negeri Australia menawarkan Beasiswa ini kepada negara-negara yang memiliki kerjasama bilateral dan regional dengan Australia, termasuk Indonesia. Karena letaknya yang dekat, Australia kerap menjadi pilihan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Master.

Beasiswa Chevening, Inggris

Beasiswa Chevening diperuntukan bagi lulusan S1. Sebagai penerima beasiswa ini, anda bisa fokus belajar tanpa harus khawatir dengan biaya hidup selama tinggal di Inggris.

Beasiswa Russian Government Scholarship, Rusia

Kementerian Pendidikan Rusia juga menawarkan beasiswa luar negeri untuk lulusan SMA sederajat. Kuliah disini tidak harus pakai bahasa Rusia, tetapi juga ada kelas bahasa Inggris. Meski begitu, bukan berarti kita bisa mengabaikan begitu saja bahasa Rusia. Pasalnya, ini adalah satu-satunya bahasa yang memungkinkan kita berinteraksi dengan orang lain saat berada di luar kelas.

Kiat Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Bagi pemburu Beasiswa yang tertarik melanjutkan studi ke luar negeri, jangan khawatir, karena banyak sekali beasiswa yang saat ini dibuka atau akan segera dibuka masa pendaftarannya pada tahun 2022 ini. Jika anda ingin melanjutkan studinya secara gratis, simak cara ampuh berikut ini untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Dibuka, Kitabisa Siap Berikan Beasiswa Sekolah – Kuliah

Cari Informasi Sebanyaknya

Sebagai langkah awal, anda dapat membuat daftar informasi apa yang ingin anda temukan. Hal-hal penting yang harus anda ketahui sebelum mengajukan beasiswa. Misalnya jurusan, silabus, mata kuliah, atau kurikulum yang digunakan, persyaratan dan dokumen penerimaan, masa pendaftaran hingga batas waktu penutupan.

Informasi ini dapat dilihat di website resmi kampus atau website masing-masing jurusan. Anda juga bisa mengecek akun media sosial resmi masing-masing kampus untuk lebih update dengan informasi terbaru. Informasi kampus memiliki sumber yang berbeda.

Beberapa kampus memberikan informasi lebih lengkap di situs web fakultas sendiri secara terpisah dan beberapa memberikan informasi rinci di situs web utama di bagian penerimaan / kursus / sarjana.

Mengikuti Kursus Bahasa Asing

Saat mendapatkan beasiswa luar negeri, anda harus siap untuk belajar bahasa asing. Dimanapun negaranya, dengan bekal bahasa yang baik, hidupmu selama kuliah di luar negeri akan lebih mudah. Manfaat lain dari belajar bahasa asing lain:

Memudahkan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, memperluas kemampuan bahasa asing, mempermudah dalam mengurus administrasi perguruan tinggi dan membuat anda lebih aktif di kelas.

Mempersiapkan Dokumen Persyaratan Beasiswa

Saat mengajukan beasiswa ke luar negeri, biasanya anda akan dimintai berbagai macam dokumen. Sebaiknya anda merangkum ada 3 dokumen penting yang sering diminta oleh pemberi beasiswa, yaitu CV, surat motivasi, dan surat rekomendasi.

CV adalah ringkasan latar belakang pendidikan dan akademik anda serta pengalaman mengajar dan penelitian, publikasi jurnal atau makalah ilmiah, presentasi, penghargaan, dan detail tambahan tentang keahlian anda. CV bisa bervariasi dalam jumlah halaman, biasanya dari dua hingga beberapa halaman.

Sering Mengikuti Kompetisi

Jika anda masih kuliah atau sekolah, ada baiknya menambahkan kegiatan yang dapat menambah nilai plus pada profil anda saat melamar beasiswa. Dengan berbagai pengalaman, kegiatan akan meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Khusus Mahasiswa Jawa Barat, Simak Info Lengkap Jabar Feature Leaders Scholarship 2022

Mempersiapkan Waktu Beasiswa

Anda juga harus membuat timeline persiapan studi agar tidak menumpuk dalam satu waktu untuk mengumpulkan dokumen yang diperlukan. Contoh, persiapan beasiswa beasiswa luar negeri untuk tingkat sarjana dapat dilihat pada contoh di bawah ini:

Kelas 10 : Tentukan jurusan & pilihan kampus tujuan dan ari tahu secara detail jurusan, prospek jurusan yang dipilih untuk masa depan dan persyaratan untuk mendaftar kampus tujuan.

kelas 11 : Pertimbangkan untuk mengambil persiapan ujian akademik. Perlu diketahui, setiap negara biasanya memiliki persyaratan ujian akademik yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa contoh tes akademik yang perlu anda ikuti jika ingin belajar di luar negeri:

  • A-Level/SAT. Tes ini biasanya merupakan persyaratan pendaftaran di banyak negara
  • EJU. Jika anda ingin belajar di Jepang, biasanya ini adalah salah satu tes yang perlu anda ikuti.
  • YOS. Tes ini merupakan salah satu syarat bagi anda yang ingin kuliah di Turki

Kelas 12 : Setelah belajar bahasa asing di kelas 10 – kelas 11, saatnya mengikuti tes sertifikat bahasa. Sertifikat bahasa adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengajukan beasiswa ke luar negeri. Berikut adalah beberapa tes yang dapat anda ikuti:

  • Mengikuti tes bahasa asing resmi seperti IELTS, TOEFL IBT/ TOPIK/ JLPT/ dll.
  • Ikuti tes Akademik seperti A Level/SAT/EJU/dll.

Itulah daftar beasiswa luar negeri beserta tips untuk mendapatkannya, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *