Beasiswa CGS 2022 untuk Kuliah di Tiongkok

Beasiswa Chinese Government Scholarship (CGS) ini bisa menjadi peluang bagi anda yang ingin kuliah di China. Beasiswa CGS 2022 untuk Kuliah di Tiongkok ini terbuka bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S1, S2, S2, atau melakukan penelitian di negeri Tirai Bambu dengan beasiswa yang didanai penuh.

Informasi Beasiswa CGS 2022 untuk Kuliah di Tiongkok

Pemerintah Tiongkok memberikan beasiswa CGS untuk program sarjana, magister, dan doktoral. Informasi lengkap tentang beasiswa ini dapat anda baca di website resminya.

Biaya yang ditanggung dalam beasiswa ini meliputi biaya kuliah, asrama dan biaya hidup, pengeluaran pribadi termasuk tiket perjalanan dan visa. Namun, pelamar beasiswa ini tidak dapat mengajukan permohonan untuk beasiswa lain yang ditawarkan oleh universitas tempat mereka diterima.

Alur pendaftaran Beasiswa CGS 2022 untuk Kuliah di Tiongkok

Pertama isi formulir di website resminya, Pilih Beasiswa untuk Siswa, kemudian daftar dengan mengklik buat akun, masukkan nama pengguna dan alamat email anda, lalu masukkan kata sandi dan konfirmasi kata sandi. Setelah berhasil mendaftar, jangan lupa mengaktifkan akun anda melalui link yang dikirimkan di email yang anda daftarkan tadi.

Setelah login, anda akan masuk ke halaman utama, lalu pilih menu aplikasi online, setelah itu edit data diri anda dan lengkapi data diri anda. Setelah melengkapi data pribadi anda, yang harus anda lakukan adalah memilih jalur mana yang ingin anda terapkan. Unggah semua dokumen yang diperlukan. Setelah mengunggah anda dapat melakukan Cetak formulir aplikasi.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022

Untuk jalur universitas, anda harus mendaftar lagi melalui website kampus. Ada beberapa kampus yang membutuhkan hard copy, jadi anda masih bisa mengirim hard copy melalui pos atau layanan lainnya.

Panduan Pendaftaran Online Beasiswa CGS 2022

Pendaftaran online untuk beasiswa satu ini sangat penting untuk anda pahami. Berikut ini langkah-langkahnya:

Memilih Jurusan

Pertama, temukan universitas yang menyediakan jurusan yang sesuai dengan anda. Pastikan universitas yang anda tuju ada dalam daftar beasiswa CSC.

Kontak Profesor

Setelah itu, hubungi profesor di universitas pilihan anda. Anda dapat menghubunginya melalui email untuk memintanya menerima anda sebagai siswa di sana.

Mengirim Surat Persetujuan

Jika profesor telah menyetujui aplikasi anda, anda dapat mengirimkan surat persetujuan ini kepada profesor anda.

Isi Form Pendaftaran dan Kesehatan

Kemudian isi formulir aplikasi beasiswa melalui akun CGS. Jangan lupa untuk melengkapi formulir surat keterangan sehat.

Cetak Seluruh Dokumen

Langkah terakhir, cetak semua formulir dokumen dan lengkapi daftar persyaratan lainnya seperti satu ijazah dan transkrip akademik yang dilegalisir dan diterjemahkan oleh penerjemah, Rencana Studi di China, fotokopi paspor yang masih berlaku, dan TOEFL/IELTS yang valid.

Kirim Dokumen

Setelah mendaftar dan melengkapi semua persyaratan, kirimkan dokumen ke universitas pilihan anda. Pastikan anda menggunakan jasa kurir terbaik agar pengirimannya cepat dan terpercaya.

Jenis Beasiswa di China

Chinese Government Scholarship

Bagi anda yang ingin melanjutkan S1, S2, atau S3, dan sedang mencari beasiswa penuh, anda dapat mendaftar ke Chinese Government Scholarship. Beasiswa CGS 2022 untuk Kuliah di Tiongkok ini merupakan beasiswa yang terkenal dan paling banyak dicari diantara beasiswa lainnya ke China.

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, asrama, buku, tunjangan 1400 hingga 2000 yuan per bulan, serta asuransi kesehatan. Untuk mendaftar beasiswa ini, anda harus memiliki paspor karena ada kolom di mana anda harus mengisi nomor paspor anda.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Universitas Jepang Yang Menawarkan Beasiswa

Ada 2 cara yang bisa anda gunakan untuk mendaftar dengan mudah. Cara pertama adalah dengan mendaftar langsung ke universitas yang diinginkan dan cara kedua adalah dengan mendaftar melalui kedutaan besar China di Jakarta.

Yang dimaksud dengan universitas yang diinginkan kurang lebih sama dengan SNMPTN di Indonesia dimana anda akan memilih 3 universitas yang menjadi tujuan anda dan mana yang akan menerima anda. Nah, pada pilihan pertama anda harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Memang, mendaftar langsung ke universitas yang kita pilih akan memakan biaya yang tidak sedikit karena harus mengirim dokumen langsung ke China. Namun, ada yang mengatakan jika kita melamar langsung ke universitas tujuan, peluang untuk mendapatkan beasiswa akan jauh lebih besar.

Hal yang perlu diingat jika mendaftar melalui cara pertama adalah harus memperhatikan persyaratan tambahan yang diminta pihak universitas. Biasanya setiap universitas memiliki persyaratan tambahan tertentu. Sehingga sering-seringlah mengecek situs resmi yang bersangkutan untuk mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi.

Selain persyaratan tambahan, ingatlah tanggal atau batas waktu penutupan pendaftaran. Jangan sampai anda tidak mengetahui kapan aplikasi beasiswa ini ditutup karena setiap universitas memiliki batas penutupan sendiri-sendiri sesuai dengan kebijakan universitas. Cari tahu juga siapa yang bisa dihubungi dari universitas tujuan tentang cara mendaftar Beasiswa Pemerintah China ini.

Setelah semua dokumen dikirim ke universitas pilihan anda, universitas akan memilih file yang mereka terima. Akan ada pengumuman bagi peserta yang lolos ke tahap wawancara. Jika lolos tahap selanjutnya, maka tidak perlu khawatir karena tidak harus terbang ke China.

Proses wawancara akan dilakukan melalui Skype, karena tentunya tidak mungkin setiap calon mahasiswa datang langsung ke universitas pilihan. Setelah tahap interview, tunggu pengumuman dan jika diterima, maka akan mendapatkan Beasiswa CGS 2022 untuk Kuliah di Tiongkok.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Lutim 2022

Cara kedua adalah dengan mendaftar melalui kedutaan besar China di Jakarta. Ada juga yang mengatakan bahwa melamar melalui kedutaan China kemungkinan besar akan diterima. Cara ini memang lebih mudah dari cara yang pertama karena tidak akan memakan banyak biaya.

Anda perlu melengkapi persyaratan yang tertera di website Chinese Government Scholarship dan tidak ada persyaratan tambahan seperti yang diminta oleh pihak universitas. Untuk proses pengiriman dokumen tidak membutuhkan biaya yang banyak karena anda hanya perlu mengirimkan dokumen ke Kedutaan Besar China di Jakarta, sehingga biaya pengirimannya pun kecil.

Chinese University Program

Bisa dikatakan bahwa beasiswa yang satu ini merupakan jenis beasiswa penuh, meski jenjang pendidikan yang ditempuh hanya mencakup S2 dan S3 saja. Sama seperti Beasiswa CGS 2022 untuk Kuliah di Tiongkok, beasiswa ini mencakup biaya kuliah, uang saku, kost, buku, dan asuransi kesehatan.

Program Beasiswa China/AUN

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa di negara-negara ASEAN. Beasiswa ini merupakan hasil kesepakatan antara China dan negara-negara ASEAN untuk mendukung pertukaran pelajar, guru, dan dosen antara negara-negara ASEAN dan China. Beasiswa ini merupakan toko beasiswa penuh yang diberikan untuk program, Magister dan Doktor.

Tianjin Government Scholarship

Pemerintah Tianjin juga mengadakan program beasiswa dengan tujuan mempromosikan pendidikan universitas bagi mahasiswa internasional di Tianjin, mempromosikan pengembangan pengetahuan di bidang penelitian sains dan budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.