Syarat Dan Ketentuan Mendapatkan Beasiswa Bank Indonesia 2022

Syarat Dan Ketentuan Mendapatkan Beasiswa Bank Indonesia 2022

Beasiswa Bank Indonesia 2022 merupakan salah satu jalur yang bisa ditempuh calon mahasiswa untuk mendapatkan biaya kuliah gratis. Tidak hanya biaya kuliah, mahasiswa yang terdaftar sebagai penerima Beasiswa BI ini akan mendapatkan uang saku.

Melalui jalur beasiswa, biaya tidak lagi menjadi kendala bagi anda yang ingin menempuh pendidikan sarjana. Selain beasiswa, anda akan mendapatkan berbagai pelatihan. Biaya kuliah gratis ini terdiri dari dua pilihan jalur masuk, yaitu reguler dan prestasi.

Apa itu Beasiswa Bank Indonesia 2022?

Beasiswa Bank Indonesia merupakan beasiswa yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada mahasiswa program sarjana di berbagai perguruan tinggi negeri. Melalui beasiswa ini, BI akan memberikan bantuan biaya pendidikan, tunjangan studi, dan juga biaya hidup bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan, yaitu yang telah menempuh minimal 40 sks.

Penerima beasiswa juga akan bergabung dengan organisasi Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan mendapatkan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi, mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan. Hal ini merupakan komitmen Bank Indonesia (BI) untuk memajukan dunia pendidikan dan merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

Jenis Beasiswa Bank Indonesia 2022

Ada dua jenis beasiswa Bank Indonesia, yaitu beasiswa reguler dan beasiswa unggulan. Perbedaan kedua beasiswa tersebut terletak pada jumlah dan persyaratan yang harus dipenuhi. Ada beberapa persiapan untuk mengajukan Beasiswa Bank Indonesia, diantaranya:

  • Calon penerima beasiswa harus menyiapkan dokumen terlebih dahulu dan hindari persiapan administrasi yang mendadak. Mahasiswa membuat surat motivasi yang menarik dengan berkonsultasi dengan dosen atau senior penerima beasiswa Bank Indonesia.
  • Persiapan selanjutnya adalah membuat surat rekomendasi kepada orang yang tepat seperti dosen atau orang penting di dunia pendidikan. Calon penerima juga harus menyiapkan life map dengan detail dan realistis.
Beasiswa Bergengsi  Macam Macam Beasiswa Kuliah

Tahapan Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia 2022

Ada tiga tahapan yang harus dilalui para pejuang Beasiswa Bank Indonesia, antara lain:

  • Pertama adalah tahap seleksi administrasi. Pada tahap ini, mahasiswa harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti surat motivasi, surat rekomendasi, dan peta kehidupan realistis untuk lima tahun ke depan.
  • Tahap selanjutnya adalah seleksi wawancara dengan petinggi Bank Indonesia mengenai kontribusi selama kuliah hingga motivasi mengikuti beasiswa, dan tahap yang terakhir adalah pengumuman hasil.

Berapa Besaran Beasiswa yang Didapat?

Kisaran beasiswa yang dikeluarkan juga bervariasi nilainya dan cukup menggiurkan, yaitu sekitar Rp. 500.000 sampai Rp. 750.000 per bulan. Beasiswa ini juga termasuk dalam jenis beasiswa yang diberikan kepada keluarga miskin yang berprestasi.

Biaya kuliah yang ditanggung BI meliputi biaya UKT per semester, tunjangan studi, dan juga biaya hidup. Pemerintah memberikan banyak beasiswa bagi siswa berprestasi. Setelah berhasil mendaftar sebagai penerima beasiswa BI, para mahasiswa ini nantinya akan bergabung dengan sebuah organisasi bernama GenBI.

Syarat dan Ketentuan Beasiswa Bank Indonesia 2022

  • Sebelum mendaftar, perhatikan dulu syarat dan ketentuan yang harus anda penuhi. Dibawah ini kami akan memberi tahu anda syarat dan ketentuan pendaftaran Beasiswa BI.
  • Mahasiswa aktif dari perguruan tinggi yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia
  • Telah menyelesaikan setidaknya 40 SKS atau 3 semester di universitas
  • Termasuk dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi
  • IPK minimal harus 3.00
  • Usia maksimal 23 tahun saat menerima beasiswa
  • Mengisi biodata online atau langsung dari kampus
  • Tidak bekerja atau terikat dengan sebuah perusahaan
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari perguruan tinggi manapun
  • Mendapatkan surat rekomendasi dari pimpinan universitas seperti rektor atau asisten rektor.
  • Mahasiswa aktif pada program sarjana (tidak sedang cuti akademik), dibuktikan dengan KTM.
  • Maksimal 23 tahun atau belum 24 tahun pada saat ditunjuk sebagai penerima beasiswa, dokumen pendukung dengan KTP.
  • Minimal telah menyelesaikan 40 (empat puluh) sks atau berada di semester 3, dokumen pendukung dengan KHS.
  • Memiliki IPK minimal 3,25 skala 4, dokumen pendukung dengan IPK Kumulatif.
  • Prioritas diberikan kepada siswa yang berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu secara ekonomi atau ekonomi keluarga yang terkena dampak pandemi COVID-19.
  • Dalam hal tidak ada calon penerima beasiswa dari kalangan kurang mampu, maka terbuka peluang bagi calon penerima beasiswa lainnya sepanjang memenuhi persyaratan lain.
  • Terbukti dengan SKTM atau Surat Pernyataan bahwa kondisi ekonomi keluarga terdampak COVID-19. Surat tersebut ditandatangani oleh kepala keluarga / wali, bermaterai 10.000, atau dapat menggunakan surat keterangan penghasilan orang tua / wali.
  • Memiliki pengalaman melakukan kegiatan sosial yang berdampak bermanfaat bagi masyarakat. Dapat dibuktikan dengan Surat Keterangan Aktif Organisasi / Sertifikat Keanggotaan Organisasi (dapat menggunakan Surat Keterangan Aktif Organisasi dari Ormawa / UKM internal Kampus).
  • Bersedia berperan aktif, mengelola dan mengembangkan Generasi Baru Indonesia (GenBi). Serta berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh BI yaitu dengan membuat Surat Pernyataan Bersedia Aktif di Genbi.
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Tahfidz Kembali Diadakan, Kemenag: Minimal Hafal Al Quran 10 Juz

Jadi bagi anda yang mahasiswa pemburu beasiswa, harus proaktif dalam mengikuti beasiswa Bank Indonesia ini. Pasalnya, tidak semua kampus di Indonesia terdaftar sebagai kampus yang diundang bekerja sama dengan Bank Indonesia.

jadi harus rajin bertanya di bagian informasi akademik dan kemahasiswaan masing-masing perguruan tinggi dan lihat info resminya di website Bank Indonesia. Namun, sedikit informasi akan diberikan kepada anda, sehingga batas waktu untuk program beasiswa ini berbeda untuk setiap universitas, tetapi setiap tahun program beasiswa dibuka pada bulan Februari-Maret.

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia 2022

Setelah mengetahui apa saja persyaratannya dan kapan pengumuman pendaftaran beasiswa Bank Indonesia akan dilakukan, berikut langkah-langkah pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia:

  • Tanyakan informasi dan pendaftaran dengan menghubungi Direktorat atau Bagian Kemahasiswaan Universitas
  • Isi formulir online dan unggah dokumen yang diperlukan di situs web resmi universitas
  • Cetak formulir pendaftaran online yang sudah diisi
  • Kartu hasil studi dan transkrip harus disetujui oleh fakultas oleh pejabat yang berwenang
  • Menyerahkan berkas permohonan beasiswa ke Direktorat atau Departemen Kemahasiswaan Universitas tempat mahasiswa tersebut menuntut ilmu
  • Dokumen yang dikumpulkan di universitas meliputi berbagai fotokopi dokumen

Cara Mendapatkan Beasiswa Bank Indonesia 2022

Setelah mengetahui persyaratannya, rajin-rajinlah menanyakan informasi beasiswa ini ke bagian kemahasiswaan di kampus anda. Berdasarkan website kemahasiswaan.ums.ac.id, berikut ini cara mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia ini:

  • Isi Formulir Pendaftaran, mengisi biodata/formulir
  • Membuat Surat Pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dan/atau berstatus Asosiasi Jasa dari lembaga / instansi lain. Dibuktikan dengan membuat surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dan atau sedang berstatus sebagai pengurus asosiasi dari lembaga / instansi lain.
  • Membuat resume pribadi dan surat motivasi dalam bahasa Indonesia maksimal 2 halaman kuarto. Menyertakan Surat rekomendasi akademik dari dosen pembantu, PA, dan ketua program studi / fakultas.
Beasiswa Bergengsi  Daftar Beasiswa S1 Universitas Pertamina 2022

Itulah penjelasan lengkap tentang syarat dan ketentuan yang harus anda penuhi untuk mendaftar Beasiswa Bank Indonesia 2022 ini, selamat mencoba dan semoga berhasil.