Pendaftaran Beasiswa Tamiang 2024 Untuk Mahasiswa D3 Sampai S2 Resmi di Buka

Sudah selazimnya bagi pemerintah daerah maupun kabupaten dan kota untuk bisa meningkatkan taraf hidup penduduknya, seperti salah satunya yakni melalui pendidikan. Tak jarang program bantuan pendidikan pun diberikan, mulai dari jenjang sekolah hingga kuliah dengan besaran manfaat yang beragam.

Aceh Tamiang sebagai salah satu kabupaten di provinsi Aceh sekaligus hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Timur ini juga turut memberikan sumbangsih dalam pemerataan pendidikan di wilayahnya.

Seperti saat ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang secara resmi baru saja menyelenggarakan program beasiswa di wilayahnya, adapun target dari penerima beasiswanya adalah para mahasiswa yang berdomisili di Kabupaten Aceh Tamiang.

Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam SK Bupati Aceh Tamiang terkait Bantuan Beasiswa Tahun Anggaran 2024 yang dibuat pada 19 Oktober lalu. Dalam surat tersebut, dijelaskan bahwa program bantuan beasiswa Tamiang terbagi atas 2 kategori, yakni Bantuan Beasiswa Berprestasi dan Beasiswa untuk masyarakat miskin / kurang mampu.

Persyaratan Beasiswa

Mengacu pada SK Bupati Aceh Tamiang, berikut ini adalah sejumlah persyaratan mendaftar pada masing – masing kategori beasiswa yang tersedia:

Beasiswa Berprestasi

  • Mahasiswa aktif jenjang D3 / D4 / S1 / S2 dan minimal berada di semester 2
  • Mahasiswa dari program studi minimal terkakreditasi B untuk Universitas Swasta, kecuali Universitas Negeri (akreditasi tidak ditentukan / tidak menjadi penilaian)
  • Memiliki IPK minimal 3.00 untuk jurusan Eksakta dan 3.50 untuk jurusan non Eksakta
  • Membuat Surat Permohonan Beasiswa yang ditujukan kepada Bupati Aceh Tamiang c.q. Kabag Keistimewaan dan Kesra Setdakab Aceh Tamiang (format terlampir)
  • Membuat Surat Pernyataan lengkap dengan tanda tangan di atas materai Rp 10.000,- (format terlampir)
  • Tidak berstatus sebagai CPNS / PNS / anggota TNI / Polri / Pegawai BUMN / BUMS / Penjabat negara
Beasiswa Bergengsi  Mulai Dari Subsidi UKT Hingga Beasiswa Penuh, Simak Program Terbaru ITB Untuk Jalur Mandiri 2022

Beasiswa Kurang Mampu

Tak jauh berbeda dengan syarat yang ada pada kategori Beasiswa Berprestasi di atas, untuk kategori Beasiswa Kurang Mampu setiap calon pesertanya diwajibkan untuk terdaftar lebih dulu pada DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kab Aceh Tamiang. Jadi bagi mahasiswa kurang mampu yang belum terdaftar di DTKS, maka pastikan untuk lebih dulu lapor ke Kantor Desa setempat atau melakukan pendaftaran melalui aplikasi DTKS Kemensos.

Persyaratan Dokumen

Sebagai syarat dalam pendaftarannya, sejumlah dokumen juga wajib disertakan dalam proses pendaftaran Beasiswa Tamiang 2024, berikut di antaranya:

  • Surat Keterangan Aktif Kuliah
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  • Transkrip nilai
  • Fotocopy Surat Keterangan Akreditasi
  • Surat keterangan dari kampus yang menjelaskan mahasiswa bersangkutan (pendaftar) sedang tidak menerima beasiswa lain
  • Surat pernyataan bermaterai
  • Fotokopi buku rekening tabungan Bank Aceh atas nama mahasiswa yang bersangkutan (pendaftar)

Demikianlah tadi info beasiswa terbaru dari program Beasiswa Aceh Tamiang 2024 yang baru saja membuka pendaftarannya. Bagi anda mahasiswa asal Aceh Tamiang atau sedang berdomisili di wilayah Tamiang dan memenuhi semua persyaratan di atas, maka jangan sia – siakan kesempatan kali ini dan segera lakukan pendaftaran sebelum periode berakhir pada tanggal 24 november 2023.

Untuk informasi selengkapnya terkait pendaftaran dan format surat yang dibutuhkan, anda bisa langsung mengunjungi laman resminya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *