Dibuka Bulan Februari, Ini Info Beasiswa Kaltim 2023

Seperti tahun – tahun sebelumnya, program Beasiswa Kaltim 2023 kini kembali akan dibuka. Ini merupakan program bantuan dana pendidikan yang diperuntukkan bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, tak tanggung – tanggung Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menyiapkan sebanyak Rp 300 miliar untuk diberikan kepada para penerima beasiswa.

Dalam keterangannya, Iman Hidayat selaku Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim (BP-BKT) menegaskan bahwa pihaknya juga telah menambah kuota penerima beasiswa dari tahun sebelumnya sebanyak 84 ribu pendaftar, akan ditambah dengan lebih dari 40 ribu penerima beasiswa untuk tahun 2023 ini.

Pendaftaran program beasiswa Kaltim 2023 yang rencananya akan dibuka pada bulan Februari – Maret 2023 ini juga akan memberikan besaran beasiswa yang bervariasi, semua disesuaikan dengan uang kuliah tunggal (UKT) setiap penerima beasiswa itu sendiri, termasuk dengan jumlah Kuota peserta yang nantinya bergantung dengan total besarnya UKT.

Dengan kata lain, bila jumlah pendaftar banyak tetapi UKT tinggi maka kuota penerima beasiswa akan dibatasi menjadi lebih sedikit, sementara bila jumlah pendaftar banyak namun UKT-nya kecil maka kuota penerima beasiswa akan lebih banyak tentunya.

Lebih lanjut, Iman mengatakan bahwa pihaknya kini masih melakukan persiapan terkait pendaftaran program Beasiswa Kaltim 2023. Ia juga mengungkapkan akan adanya beberapa penyempurnaan, terutama mengenai sejumlah kekurangan yang ada dalam petunjuk teknis (juknis).

Hal tersebut didasarkan pada pengalaman tahun sebelumnya, di mana terdapat banyak pendaftar yang harus gugur di tahap administrasi hanya karena belum lengkap atau kurangnya berkas persyaratan yang disertakan. Karena hal itulah, Ia berharap agar setiap calon pendaftar beasiswa ini bisa lebih teliti dan lengkap dalam membaca petunjuk teknis (juknis).

Beasiswa Bergengsi  Buruan Daftar! Beasiswa SIMAK SMP Cendekia BAZNAS 2022/2023 Resmi Dibuka, ada Beasiswa Penuh Sampai Lulus SMA

Iman pun mengingatkan kembali pada calon pendaftar agar memasukkan transkrip nilai indeks prestasi kumulatif (IPK), bukan indeks prestasi semester (IPS) yang terlihat sepele namun telah menyalahi syarat yang ditentukan. Bahkan ada juga pendaftar yang sampai menyertakan iuran uang gedung dan asuransi dalam UKT yang jelas – jelas tidak diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *