Pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju 2024 Masih Dibuka, Ayo Daftar Sekarang

Melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), pemerintah Indonesia untuk kesekian kalinya kini kembali membuka program bertajuk Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Ini merupakan sebuah program yang terbuka untuk para peserta didik khususnya di kelas XI Semester 1 baik dari jenjang SMA / SMK / MA sederajat tahun ajaran 2023 / 2024.

Para peserta yang mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju adalah mereka yang berprestasi di ajang olimpiade, lomba, kompetisi, atau festival pada bidang Riset dan Inovasi, Seni Budaya, dan Olahraga.

Program Persiapan S1 Luar Negeri BIM saat ini merupakan angkatan yang ke-4 (Reguler) yang ditujukan guna mendukung dan mempersiapkan para peserta didik yang berprestasi. Peserta program BIM nantinya akan dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 1 (S1) Perguruan Tinggi Luar Negeri pada tahun ajaran berikutnya (2025 / 2026).

Sebagai informasi, peningkatan jumlah penerima beasiswa BIM sejak gelaran pertamanya tiga tahun yang lalu terus mengalami peningkatan. Ini menjadi bukti besarnya minat para peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, khusus bagi siswa siswi SMA / SMK / MA sederajat yang ingin kuliah S1 hingga ke Luar Negeri.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekjen Kemendikbudristek, Suharti, yang menyebut bahwa setiap tahunnya jumlah penerima BIM mencapai ratusan orang, termasuk pada gelaran di tahun pertamanya. Ia menjelaskan, di angkatan pertama tercatat ada 356 penerima beasiswa BIM, lalu pada angkatan kedua ada 400 penerima beasiswa sama seperti pada angkatan ketiganya.

Lebih lanjut, Suharti mengungkapkan bahwa tidak sedikit para penerima beasiswa BIM yang kemudian berhasil memperoleh beasiswa kuliah S1 hingga S2 di empat benua yang berbeda, mulai dari Asia, Amerika, Eropa, dan Australia.

Beasiswa Bergengsi  Program Beasiswa Pelatihan McD Classroom Siap Diikuti 1.200 Guru SD

Melihat tingginya minat dari para peserta didik di Indonesia, Suharti mengharapkan agar para penerima beasiswa BIM yang lolos nantinya bisa mendapatkan pengalaman yang baik selama studi, sehingga di kemudian hari bisa pulang dengan prestasi yang baik dan siap untuk berkontribusi pada negara.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa BIM 2023, pastikan untuk terus menyimak info lengkapnya dalam artikel ini.

Persyaratan Beasiswa

Melangutip dari laman resminya, berikut ini adalah sejumlah persyaratan mendaftar program BIM 2024 angkatan 4 yang dirilis oleh Kemdikbudristek:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Peserta didik di kelas XI SMA / SMK / MA sederajat di tahun ajaran 2023 / 2024
  • Memiliki catatan prestasi yang baik di bidang akademik
  • Memiliki prestasi ajang talenta yang baik, pernah menjadi finalis / pemenang di ajang kompetisi / lomba / festival tingkat nasional atau internasional pada bidang masing – masing (sains, riset, teknologi, dan inovasi) atau (seni, bahasa, dan literasi) atau (vokasi dan kewirausahaan) atau (olahraga dan kesehatan jasmani) dalam 3 tahun terakhir
  • Memiliki prestasi non ajang talenta yang telah dikurasi oleh Puspresnas
  • Memiliki integritas kebangsaan yang baik sebagai Pelajar Pancasila dan berorientasi untuk menjadi calon pemimpin masa depan
  • Tidak sedang mengikuti program beasiswa lainnya
  • Fasih berbahasa Inggris dan / atau bahasa asing lainnya sebagaimana bahasa yang digunakan di negara tujuan
  • Khusus bagi penyandang disabilitas wajib menyertakan keterangan dari spesialis atau dokter ahli sebagaimana ketunaannya
  • Melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran online melalui laman https://bim-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/
  • Siap mengikuti semua rangkaian program persiapan dengan sebaik mungkin
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Mendapat dukungan penuh baik dari orang tua atau wali dan pihak sekolah untuk mengikuti program BIM sebagai persiapan kuliah S1 Luar Negeri
Beasiswa Bergengsi  BCA, BRI, CIMB Niaga Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa Kuliah Gratis Hingga Kesempatan Bekerja

Demikianlah tadi info beasiswa Kemdikbudristek dari program Beasiswa Indonesia Maju 2024. Bagi anda yang merasa memenuhi semua persyaratan di atas dan tertarik untuk mengikutinya, maka pastikan untuk segera mempersiapkan diri dari sekarang dan lakukan pendaftaran sebelum tanggal 6 November 2023.

Untuk informasi selengkapnya terkait program BIM 2024, anda bisa kunjungi laman resminya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *