Pemkab Penajam Paser Utara Buka Pendaftaran Beasiswa

Sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur resmi membuka pendaftaran program beasiswa. Adapun jadwal pendaftaran program beasiswa tersebut akan berlangsung hingga tanggal 31 Mei 2023 mendatang.

Dalam keterangannya, Nurbayah selaku Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) PPU mengatakan bahwa dalam program beasiswa tersebut juga terdapat beberapa kategori sesuai dengan target penerima beasiswanya, antara lain:

  • Beasiswa untuk mahasiswa berprestasi (D3 dan S1)
  • Beasiswa tugas akhir
  • Beasiswa seribu sarjana
  • Beasiswa santri / penghafal Al Qur’an

Persyaratan Beasiswa

Nurbayah juga turut menjelaskan sejumlah persyaratan utama yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar program beasiswa Pemkab PPU 2023, di antaranya adalah warga asli Penajam Paser Utara dan merupakan mahasiswa aktif jenjang D3 / S1 di semester 3.

Namun pendaftar juga harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif yang baik, yakni minimal 3.00. Sementara untuk pendaftar pada kategori beasiswa tugas akhir tidak jauh berbeda, hanya saja mahasiswa tersebut harus sedang mengerjakan tugas akhir.

Lain halnya dengan program beasiswa seribu sarjana, di mana Nurbayah menyebut jika para pendaftar terlebih dahulu harus membuat surat permohonan beasiswa yang ditujukan kepada Bupati PPU Cq. Kabag Kesra.

Selain itu, pendaftar juga wajib terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Dinas Sosial Kab PPU. Adapun kelengkapan berkas dokumen lainnya yang dibutuhkan adalah surat penyataan bukan pegawai pemerintah, termasuk bukan menjadi penerima program beasiswa lain (baik dari pemerintah maupun swasta).

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) PPU itu juga turut menjelaskan tentang persyaratan beasiswa tahfidz dan hafidz Al Qur’an, di mana para pendaftar wajib sudah hafal minimal 5 juz untuk tahfidz atau 30 juz khusus untuk kategori hafidz. Pencapaian tersebut harus bisa dibuktikan melalui adanya surat keterangan dari pesantren atau pun lembaga pendidikan lainnya yang memiliki program penghafal Al Qur’an dan sudah terakreditasi.

Lebih lanjut, Nurbayah menjelaskan bahwa sebelum menyiapkan semua dokumen pendaftaran yang dibutuhkan, setiap pendaftar terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran secara online melalui laman www.beasiswa.penajamkab.go.id. Melalui website inilah semua calon peserta bisa melakukan pendaftaran dan mengisi serta melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan.

Benefit Beasiswa

  • Beasiswa untuk mahasiswa berprestasi sebesar Rp 2 juta
  • Beasiswa tugas akhir Rp 3 juta
  • Beasiswa seribu sarjana Rp 6.5 – 8 juta
  • Beasiswa penghafal Quran sebesar Rp 5 – 30 juta (sesuai jumlah hafalan)

Itulah tadi info beasiswa terbaru dari Pemkab Penajam Paser Utara 2023. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment