Jenis Dan Syarat Pendaftaran Beasiswa Gerbang Raja

Banyak jalan menuju Roma mungkin bisa menjadi pepatah yang sangat cocok bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan lebih tinggi lagi, yang pasti selama ada kemauan usaha pantang menyerah serta kemauan untuk terus mencari peluang, maka Anda pasti bisa meraih apa yang Anda cita-citakan selama ini.

Sebagaimana diketahui, pemerintah Indonesia sampai saat ini banyak mendukung daerah di luar jawa untuk dapat mengembangkan potensi bibit unggulnya demi bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, harapannya agat nantinya dapat kembali ke daerahnya dan menggunakan apa yang didapat selama mengenyam pendidikan tinggi untuk membangun daerah asalnya. Ini merupakan cita – cita yang diharapkan oleh para pendiri Negara kita agar kelak Indonesia bisa semakin maju melalui adanya peningkatan kualitas pendidikan yang dilalui oleh masyarakatnya.

Untuk mewujudkan niat tersebut, berbagai macam program beasiswa pun ditawarkan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah demi memacu para generasi muda putra daerah untuk bisa lebih semangat dalam melanjutkan pendidikannya. Sebagai contohnya, di Kutai Kartanegara terdapat program beasiswa yang diberikan khusus bagi putra daerah setempat, adapun program beasiswa tersebut diberi nama beasiswa gerbang raja.

Jenis Dan Syarat Pendaftaran Beasiswa Gerbang Raja

Jenjang Pendidikan Beasiswa Gerbang Raja

Tak bisa dipungkiri bahwa pendidikan merupakan salah satu masalah yang cukup penting untuk diperhatikan, apalagi majunya suatu bangsa juga sangat berkaitan erat dengan tingkat pendidikan masyarakatnya sendiri. Untuk bisa memajukan suatu daerahnya maka bisa dilakukan dengan mengubah pola pikir warga di sana agar mau berubah menjadi lebih baik, untuk alasan tersebut maka mengubah pola pikir akan sangat sulit jika tidak dibantu dengan adanya pendidikan yang mumpuni. Dengan pengetahuan yang semakin luas, maka pikiran pun akan semakin terbuka sehingga bisa melakukan inovasi yang lebih kreatif demi bisa memajukan daerahnya masing – masing.

Beasiswa Bergengsi  Menhan Prabowo Beri Wejangan Pada 366 Penerima Beasiswa LPDP, Selalu Utamakan Kepentingan Besar di Atas Kepentingan Pribadi

Sebagaimana diketahui, Kutai Kartanegara merupakan salah satu kabupaten yang mendukung akan kemajuan pendidikan, di antaranya adalah dengan menyediakan beasiswa daerah yang bertajuk beasiswa gerbang raja. Ini merupakan sebuah program beasiswa yang sedari awal memang ditujukan bagi warga Kutai Kartanegara untuk bisa menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, adapun jenjang yang termasuk dalam beasiswa ini meliputi dari jenjang D3 sampai dengan S3. Dengan banyaknya pilihan jenjang pendidikan yang tersedia maka semakin besar pula peluang bagi muda mudi di kutai kartanegara untuk bisa mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi dan membangun pola pikir yang lebih baik di masa mendatang.

Program beasiswa dari Kabupaten Kutai Kartanegara ini sangat lah lengkap dan membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut hingga ke jenjang yang paling tinggi yakni studi S3. Hal itu tentunya akan sangat menguntungkan bagi para peserta beasiswa tersebut yang sejatinya memang sangat ingin menuntut ilmu sampai ke jenjang tersebut.

Jenis Beasiswa di Kabupaten Kutai Kartanegara

Yang pasti, dengan adanya program beasiswa dari Kabupaten Kutai Kartanegara maka semua peserta dalam beasiswa tersebut akan memiliki kesempatannya dalam meraih pendidikan yang lebih tinggi, yang terpenting para peserta harus memiliki kemauan yang kuat dan terus mau berusaha.

Dengan adanya beasiswa seperti ini maka pastinya minat masyarakat untuk dapat mengenyam pendidikan lebih tinggi jelas akan meningkat, adapun jenis beasiswa yang diberikan di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Beasiswa bagi yang kurang mampu untuk menempuh pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi
  • Beasiswa prestasi yang mengacu pada prestasi akademik
  • Beasiswa yang mengacu pada prestasi non akademik
  • Beasiswa untuk penelitian
  • Beasiswa kerja sama dalam dan luar negeri
Beasiswa Bergengsi  Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Kedokteran

Syarat Mendaftar Beasiswa Gerbang Raja

Perlu diketahui bahwa dana yang diberikan pada program beasiswa ini akan berjenjang, di mana semakin tinggi jenjang pendidikan maka akan semakin besar pula beasiswa yang akan diberikan. Adapun yang akan mendapatkan beasiswa paling tinggi tentunya adalah untuk jenjang S3, karena bagaimana pun juga kebutuhan biaya yang dibutuhkan pada jenjang pendidikan ini juga sangat lah besar. Bagi Anda yang tertarik dengan program beasiswa ini, maka pastikan anda harus mengetahui secara pasti beberapa syarat yang ada.

Sebelum melakukan pengisian aplikasi secara online melalui website resmi kabupaten Kutai Kartanegara, alangkah baiknya bagi Anda untuk lebih dulu melengkapi semua berkas yang dibutuhkan. Adapun syarat – syaratnya juga dibagi dalam beberapa kelompok yakni kelompok beasiswa stimulan, beasiswa prestasi akademik, beasiswa pascasarjana, dan beasiswa kerja sama. Berikut adalah beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa gerbang raja.

  • Fotokopi buku tabungan dari bank yang ditunjuk (BPD Kaltim, BRI, dan BSM) dengan menggunakan atas nama mahasiswa pendaftar
  • Fotokopi KK yang telah dilegalisir oleh DISDUKCAPIL Kabupaten Kutai Kartanegara atau setidaknya kecamatan setempat
  • Fotokopi KTP yang telah dilegalisir oleh DISDUKCAPIL Kabupaten Kutai Kartanegara atau setidaknya kecamatan setempat
  • Fotokopi kartu mahasiswa yang sudah dilegalisir oleh pejabat berwenang
  • Surat pernyataan yang menerangkan bukan atau tidak sedang menjadi karyawan dan PNS
  • Fotokopi KHS atau transkrip nilai dengan IPK minimal 2.65 untuk eksakta dan 2.90 untuk sosial.
  • Surat keterangan masih aktif kuliah yang dikeluarkan langsung oleh Perguruan Tinggi atau Institusi yang berwenang
  • Pasfoto 4 x 6 berwarna
  • Fotokopi izin penyelenggaraan program studi yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan nasional atau kementerian lainnya serta perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh negara dan bukan merupakan penyelenggara kelas jarak jauh.
Beasiswa Bergengsi  KOC University Scholarship 2022 Tawarkan Beasiswa Gratis Kuliah S2 dan S3

Prosedur Pendaftaran

Jika anda sudah mengetahui tentang semua syarat di atas, maka kali ini anda juga perlu mengetahui pula bagaimana prosedur yang berlaku pada proses pendaftaran beasiswa gerbang raja dan berikut di antaranya.

  • Setelah anda selesai melengkapi persyaratan maka pastikan anda membawa berkas tersebut ke pemerintah daerah setempat atau dalam hal ini adalah dinas pendidikan di daerah tersebut.
  • Khusus bagi pendaftar yang orang tuanya bekerja sebagai ASN yang ada di wilayah tersebut maka dapat meminta bantuan orang tua, sebab biasanya juga terdapat jalur beasiswa daerah yang terafiliasi dengan ASN setempat
  • Menyerahkan semua persyaratan dan berkas secara lengkap
  • Setelah selesai mengajukan pendaftaran, maka anda hanya perlu menunggu sampai hasilnya diumumkan
  • Tidak hanya itu saja, proses seleksi pada program beasiswa gerbang raja juga akan dilaksanakan sesuai aturan pemerintah daerah.
  • Setelah melengkapi berbagai persyaratan tersebut yang ada seperti di atas, kini Anda sudah siap untuk mendaftar beasiswa gerbang raja.

Demikian informasi singkat mengenai beasiswa gerbang raja yang ada di kabupaten kutai kertanegara, anda bisa mengikutinya hanya jika telah memenuhi kriteria yang berlaku di sana. Untuk informasi lebih lanjut tentang program beasiswa ini, anda bisa menghubungi langsung kantor kabupaten atau kecamatan di tempat tinggal anda untuk mendapatkan kabar terkini mengenai program beasiswa tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.