UNPAR Tawarkan Beasiswa Untuk Maba 2023

Kabar gembira kali ini datang dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), sebab salah satu kampus ternama di Bandung ini tengah membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru tanpa tes bagi camaba tahun 2023. Adapun seleksi yang diselenggarakan kali ini akan melalui program Penelusuran dan Kemampuan (PMDK) yang telah berlangsung pada 14 September 2021 s.d 11 November 2022 lalu.

Tak tanggung – tanggun, para peserta yang lolos dalam seleksi PMDK nantinya bisa mendapatkan bantuan dana beasiswa sampai dengan 50 persen dari biaya awal masuk kuliah. Adapun untuk komponen biaya kuliah di UNPAR terdiri dari biaya awal, biaya SKS, serta sumbangan solidaritas.

Sebagai salah satu universitas swasta paling favorit, UNPAR tentunya juga tidak memungut biaya sama sekali dalam proses pendaftaran program seleksi PMDK alias gratis. Yang perlu dilakukan oleh para calon peserta hanya lah mendaftar sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagaimana yang tertera di laman pmb.unpar.ac.id, serta tak lupa untuk terus menjaga motivasi yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan di UNPAR.

Sebagaimana diketahui, proses pendaftaran PMDK UNPAR untuk TA 2023/2024 akan dilakukan secara online, yakni dengan melengkapi formulir registrasi yang telah tersedia di laman pmb.unpar.ac.id. Sementara untuk seleksi PMDK ini hanya ditujukan bagi para pelajar di kelas XII dari SMA / SMK / Sederajat di seluruh Indonesia.

Para peserta juga nantinya hanya diperbolehkan untuk memilih 1 saja program studi yang paling diminati dari total 17 prodi yang ada di UNPAR, tentunya dengan pendaftaran yang hanya boleh dilakukan sekali saja. Tersedia pula 8 program peminatan terbaru, seperti Data Science, Bisnis Digital, Mekatronika, Integrated Arts, Fisika Medis, Chemical Business Development, Aktuaria, Kewirausahaan, dan Manajemen Bisnis Keluarga.

Selain itu, para peserta juga pastinya wajib memenuhi standar nilai rapor yang dibutuhkan, yakni Nilai Mata Pelajaran yang berada di atas Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) selama berada di kelas X – XI baik nilai teori maupun praktik.

Syarat Khusus

Seperti yang telah disebutkan di atas, pemilihan prodi harus benar – benar sesuai dengan minat dan bakat serta potensi yang dimiliki oleh masing – masing peserta. Oleh karenanya, para peserta wajib mengetahui beberapa syarat khusus dalam memilih program studi yang tersedia, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Calon peserta dengan prodi Arsitektur wajib mengirimkan hasil gambar sebagaimana petunjuk soal dan ketentuan yang ditetapkan
  • Calon peserta dengan prodi Teknik Kimia harus dalam kondisi sehat dan tidak buta warna, dapat dibuktikan melalui Surat Keterangan Tidak Buta Warna yang dibuat oleh Dokter Spesialis Mata
  • Calon peserta dengan prodi Hubungan Internasional wajib membuat essai / motivasi / testimoni dalam Bahasa Inggris

Persyaratan Dokumen

Selain hal di atas, beberapa berkas dokumen juga dibutuhkan dalam proses pendaftaran program beasiswa UNPAR 2023, di antaranya:

  • Fotokopi rapor kelas X dan XI yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah dan harus terlihat jelas pada hasil scan yang akan diunggah saat pendaftaran
  • Surat keterangan Jurusan / rekomendasi sekolah yang menyatakan calon peserta adalah benar siswa dari sekolah terkait di kelas XII TA 2022/2023, dilengkapi dengan keterangan jurusan SMA / SMK yang bersangkutan
  • Wajib memiliki surat penyetaraan Ijazah setara SMA, khusus bagi siswa dari sekolah Internasional
  • Wajib menyertakan legalisir ijazah dengan fotokopi rapor dari kelas 1 – 3, khusus bagi siswa dengan ijazah paket C
  • Membuat essai / motivation letter dengan tema Mengapa memilih UNPAR beserta alasan memilih program studi, ditulis tangan dengan jumlah maksimal 500 kata dalam bahasa Indonesia, kecuali bagi peserta prodi Ilmu Hubungan Internasional maka wajib menulisnya dalam Bahasa Inggris

Itulah tadi beberapa informasi tentang program beasiswa awal kuliah yang sedang dibuka oleh UNPAR untuk calon mahasiswa baru 2023. Untuk info selengkapnya bisa dilihat langsung di laman pmb.unpar.ac.id atau melalui email ke Layanan Informasi PMB UNPAR di admisi@unpar.ac.id, atau akun IG @unparofficial dan Line @unpar.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment