Pondok Pesantren Putri Terbaik di Indonesia

Kalian Sedang mencari pesantren putri yang berkualitas untuk kelanjutan pendidikan putri Anda? Jika iya, Anda beruntung karena kami telah menyiapkan artikel ini dengan merangkum beberapa pesantren putri terbaik di Indonesia.

Daftar Pondok Pesantren Putri Terbaik di Indonesia

Berikut ini pembahasan tentang beberapa pesantren terbaik di indonesia saat ini? Yuk, simak ulasannya!

Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Nama pesantren ini merujuk pada organisasi terbesar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah. Kebanyakan santri yang belajar di sini adalah kader dari ormas tersebut. Namun, pesantren ini juga terbuka bagi santri dari luar ormas yang ingin belajar di sini.

Pembelajaran di pesantren ini seimbang antara dasar-dasar Ilmu Keislaman dengan Pengetahuan Dasar Sains yang mendukung tercapainya Visi, Misi, dan Tujuan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah.

Kurikulum Yang di Sajikan

Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan kurikulum khas Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta diintegrasikan menjadi satu dan disajikan dalam struktur pembelajaran yang seimbang.

Selain itu, santri akan memperoleh penguatan implementasi dasar-dasar Ilmu Keislaman dan mendapatkan pendidikan yang mendorong terbentuknya pribadi kader yang unggul. Program pendidikan berfokus pada pendekatan uswah, intelektual, kegiatan, dan keterampilan kepemimpinan.

Kegiatan Penunjang Pelajaran

Kegiatan penunjang pelajaran yang tersedia di Madrasah Muallimat Muhammadiyah adalah Matrikulasi baca Al Qur’an, Arabic and English Club, Lesson Club, Karya Tulis Ilmiah, Praktek Mengajar, Program Sukses Ujian, Reward, Field Trip (Studi Lapangan), dan Uji Kompetensi Kemuhammadiyahan.

Kegiatan Penunjang di Asrama

Selain itu, santri juga dapat mengikuti kegiatan penunjang di asrama seperti Qiro’atul Qur’an, Tahfidzul Qur’an, Tahsin Qur’an, Muhadatsah/Conversation, Khot, Imla, Qiro’atul Qutub, Mufrodat/Vocabulary, dan Muhadharah/pidato.

Madrasah Muallimat Muhammadiyah menyelenggarakan pendidikan kepesantrenan selama 6 tahun, mulai dari tingkat MTs-MA. Namun, semua santri harus masuk dari kelas 1 MTs dan pesantren ini tidak menerima santri yang telah lulus dari MTs/SMP.

Biaya di Madrasah Muallimat Muhammadiyah

Ada dua pilihan kelas yang bisa dipilih oleh santri, yaitu kelas unggulan dan kelas internasional. Biaya pendidikan di Madrasah Muallimat Muhammadiyah adalah sekitar Rp. 19.000.000 untuk masuk ke kelas unggulan dan sekitar Rp. 29.000.000 untuk masuk ke kelas internasional. Biaya bulanan untuk kelas unggulan sekitar Rp. 1.525.000 dan kelas internasional sekitar Rp. 2.400.000.

Pesantren ini terletak di Jl. Suronatan No.653, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262.

Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang

Perguruan putri ini bisa dikatakan sebagai perguruan putri tertua di Indonesia karena telah didirikan sejak 1 November 1923 oleh Ibunda Rahmah El Yunusiah. Pada waktu itu, beliau berusia 23 tahun dan mendirikan sekolah ini setelah mendapat inspirasi dari kakaknya, Zainuddin Labbay El Yunusy, yang juga telah mendirikan sekolah pada tahun 1915.

Visi dari Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang adalah untuk menjadi pusat pendidikan Islam modern yang berlandaskan Al-Qur’an dan hadits yang menghasilkan karya di pentas dunia. Untuk mencapai visi ini, Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang memiliki beberapa misi pendidikan, yaitu:

  • Membangun dan mengembangkan berbagai pusat keunggulan pengetahuan bersumberkan kepada Al-Qur’an dan hadits.
  • Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas global dan berakhlaq sesuai syariah.
  • Mengembangkan kegiatan usaha secara profesional untuk mencapai kemandirian berkarya.

Keunggulan Perguruan

Salah satu keunggulan dari Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang adalah program tahfidz Al-Qur’an. Setiap santri wajib menghafalkan minimal 2 juz Al-Qur’an, dan bagi yang berminat dan memiliki kemampuan, akan didorong untuk menyelesaikan hafalannya hingga 30 juz.

Selain itu, Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang juga memiliki sistem Multiple Intelligence yang memperlakukan semua santri sama, tanpa ada yang dianggap paling unggul. Semua santri akan diarahkan sesuai bakat dan minatnya masing-masing dengan adanya 20 program ekstrakurikuler.

Program Visit Tour juga menjadi salah satu program unggulan di Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang, di mana santri akan mengunjungi salah satu negara seperti Jepang, Australia, dan Malaysia selama 6 minggu, melakukan studi banding ke DPR-MPR, program umroh, dan sebagainya.

Saat ini, Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang telah melaksanakan pendidikan kepesantrenan yang terintegrasi dengan pendidikan formal seperti SMP, MTS, dan MA. Selain itu, terdapat juga program PAUD, MI, dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah.

Biaya Pendidikan

Adapun biaya pendidikan di Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang sekitar Rp. 25.000.000 untuk biaya masuk dan sekitar Rp. 1.500.000 untuk biaya bulanan.

Alamat

Alamat lengkap dari Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang adalah Jalan Abdul Hamid Hakim No.30, Pasar Usang, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27116.

Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri

Mari kita bahas salah satu pesantren putri terbaik di Indonesia, yaitu Ponpes Gontor Putri. Gontor adalah salah satu pesantren terbaik di Indonesia dan pola pengajarannya dijadikan acuan oleh ratusan pesantren modern di Indonesia. Alumninya telah tersebar di berbagai benua dan banyak yang menjadi tokoh penting di Indonesia.

Gontor Putri merupakan cabang dari Gontor Putra dan diresmikan sejak 31 Mei 1990 oleh Menteri Agama Republik Indonesia, H. Munawir Syadzali, M.A. Saat ini, Gontor Putri telah memiliki 8 kampus yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Seperti Gontor Putra, Gontor Putri juga menerapkan konsep pendidikan asrama yang menggabungkan model pesantren klasik/salaf dengan kurikulum modern. Kurikulum modern ditampilkan melalui pendidikan agama dan pendidikan umum secara integral, antara tarbiyah dan ta’lim. Dengan demikian, pesantren ini menghasilkan lulusan yang berpikiran maju, tidak dikotomis, adil, menghargai efisiensi waktu, dan berpikir integral.

Di luar kelas, santriwati mendapat bimbingan, pengajaran, dan pengembangan diri secara intensif oleh Pengasuhan Santriwati yang bertanggung jawab atas berbagai aktivitas ekstrakurikuler, seperti keorganisasian, kepramukaan, bahasa, disiplin, olahraga, keterampilan, kesenian, akhlak, ibadah, nisaiyat, dan berbagai aktivitas keputrian lainnya.

Biaya Pendidikan

Gontor menggunakan sistem pendidikan Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) dengan masa belajar 6 atau 4 tahun, setara dengan Tsanawiyah dan Aliyah. Mengenai biaya pendidikan, biaya masuk sekitar Rp. 6.297.000 dan biaya bulanan sekitar Rp. 665.000.

Alamat

Pesantren ini berlokasi di Jl. Nasional 15, Kedungmiri, Sambirejo, Kec. Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63257.

Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin Makassar

Pondok pesantren putri ini dapat dikatakan sebagai salah satu pondok pesantren putri tertua yang ada di Sulawesi. Pondok pesantren ini didirikan pada tahun 1987. Secara umum, pondok pesantren ini mengusung corak Muhammadiyah dalam berbagai bidangnya. Hal ini tidak mengherankan karena PP Aisiyah cabang Sulawesi Selatan yang menjadi pendirinya adalah organisasi yang memiliki corak Muhammadiyah.

Dalam menjalankan pendidikan, pondok pesantren ini memiliki visi untuk menciptakan alumni putri yang unggul, menjadi kader ulama dan pemimpin berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Sunnah Al-Maqbulah.

Sesuai dengan visinya, pondok pesantren ini sangat menekankan pada pengajaran Al-Qur’an dan Al-Sunnah dalam aspek keilmuan. Para pengurus pondok pesantren senantiasa membimbing santriwati agar berpegang teguh kepada dua hal tersebut.

Visi tersebut kemudian memunculkan beberapa misi pendidikan, antara lain:

  • Menyelenggarakan pengembangan kurikulum yang terlihat jelas dengan basis pondok pesantren.
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pembelajaran yang efektif, inovatif, kreatif, efisien, dan menyenangkan.
  • Menyelenggarakan dan mengoptimalkan program/kegiatan ekstrakurikuler.
  • Menyelenggarakan pembinaan santri dalam persiapan lomba mata pelajaran, seni, keagamaan, pidato, dan olahraga.
  • Menyelenggarakan pembinaan dan pembiasaan santri dalam menulis karya ilmiah.
  • Menyelenggarakan pembelajaran berbasis aplikasi komputer dan internet.
  • Menyelenggarakan program keterampilan hidup (Life skills).
  • Menyelenggarakan dan mengoptimalkan program menghafal Al-Qur’an.

Dalam mengimplementasikan kurikulum, Ummul Mukminin menggabungkan Kurikulum Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M), Kurikulum Kementerian Agama, dan Kurikulum Pendidikan Nasional, yang memudahkan para peserta didik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri.

Biaya Pendidikan

Saat ini, Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Makassar menyelenggarakan pendidikan mulai dari tingkat SMP, MTS, SMA, hingga MA. Untuk biaya pendidikan, terdapat biaya pendaftaran sekitar Rp. 15.380.000 dan biaya bulanan sekitar Rp. 1.300.000.

Alamat

Alamat lengkap dari pondok pesantren ini berada di Jalan KH. Abd. Jabbar Ashiry No. KM.17, Pai, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90242.

Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto

sebuah lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 2003 di Mojokerto oleh almarhum Haji Syamsu, seorang warga Tambaksuruh, Tambakagung, Puri, Mojokerto, bersama KH. Qusairi, KH Qusaiyi, dan Sandi Nurhadi yang mewakafkan tiga petak tanah seluas kurang lebih 2.560 m2 untuk pendirian pesantren tersebut.

Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto memiliki komitmen untuk melahirkan generasi Qur’ani, yaitu generasi yang mampu menghafal, memahami, dan mengamalkan Al Quran. Dalam upayanya untuk mencapai tujuan tersebut, pesantren ini mengedepankan prestasi siswa.

Oleh karena itu, ekstrakulikulernya tidak hanya sebatas pada bidang seperti hadrah saja, melainkan juga mencakup persiapan olimpiade, robotika, jurnalistik, dan karya tulis milik santri yang dibukukan. Prestasi pesantren ini tergolong mentereng, bahkan mampu menjuarai lomba robotika tingkat internasional di Osaka, Jepang pada tahun 2017.

Namun, pimpinan pondok ini juga tetap mengedepankan unsur salafiyah dalam pola pembinaan akhlaq siswa. Oleh karena itu, adab santri terhadap guru dan orangtua menjadi titik penting selain prestasi. Pembinaan menjadi lebih mudah karena pesantren ini memiliki asrama dengan kamar mandi di dalam.

Salah satu hal yang membedakan Pondok Pesantren Darul Hikam dengan pesantren lain adalah program pendidikan ke luar negeri. Kyai di pesantren ini telah lama tinggal di Singapura dan Malaysia sehingga memiliki relasi yang cukup luas.

Biaya Pendidikan

Saat ini, Pondok Pesantren Darul Hikam menyelenggarakan pendidikan pesantren tingkat SMP dan SMA, serta program khusus tahfidz. Biaya pendidikan di pesantren ini sekitar Rp. 10.256.000 untuk biaya masuk Program Reguler, Rp. 32.250.000 untuk biaya masuk Program Tahfidz, Rp. 1.656.000 untuk biaya bulanan Program Reguler, dan Rp. 2.750.000 untuk biaya bulanan Program Tahfidz.

Alamat

Alamat lengkap Pondok Pesantren Darul Hikam adalah di Jl. Raya Puri, Tegalsari, Puri, Kec. Puri, Mojokerto, Jawa Timur 61363.

Bagaimana nih, apakah kalian sudah memutuskan untuk nyantri di pesantren putri mana nanti? Oh iya, jika Anda mengetahui pesantren putri yang bagus dan belum terdaftar dalam list kami, jangan ragu untuk memberitahu kami melalui kolom komentar ya!

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment