Digital skill area adalah area keterampilan digital yang mencakup berbagai keterampilan yang diperlukan untuk bekerja dalam lingkungan digital atau dunia digital. Keahlian digital saat ini menjadi sangat penting bagi kita.

Manusia sudah mengenal teknologi sejak revolusi industri pada pertengahan abad ke-18 di Inggris dan Amerika Serikat, dan sejak itu hidup berdampingan dengan teknologi. Dengan semakin dekatnya teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari, manusia dituntut untuk lebih luwes mengikuti perubahan dan perkembangan zaman.

Hal ini terbukti saat pandemi mulai muncul di awal tahun 2020. Karena interaksi fisik dibatasi, manusia tetap harus berinteraksi melalui dunia maya dalam banyak bentuk, seperti bekerja dari rumah (work from home) dan mengikuti kelas online. Kedua hal ini adalah bentuk adaptasi dan ketahanan manusia dalam hidup di tengah pandemi.

Tidak hanya dengan keahlian soft skill dan hard skill, keahlian digital juga perlu dikembangkan sebagai bentuk adaptasi dan ketahanan hidup di tengah pandemi. Keahlian digital, atau keterampilan digital, merupakan kemampuan untuk memahami dan menggunakan perangkat keras dan lunak untuk kehidupan sehari-hari secara efektif.

Keahlian ini termasuk, namun tidak terbatas pada, bagaimana seseorang menggunakan perangkat dan aplikasi untuk pertemuan atau kelas daring, serta bagaimana seseorang menggunakan perangkat dan aplikasi untuk mempermudah berbagai aspek dalam kehidupan.

Dalam era digital, keterampilan digital semakin penting. Contohnya, para mahasiswa arsitektur kini lebih sering menggunakan aplikasi seperti AutoCAD daripada menggunakan selembar kertas besar untuk membuat desain.

Selain itu, mahasiswa saat ini menjawab ujian melalui aplikasi pengolah kata, lalu mengumpulkan jawaban dalam format yang telah ditentukan kampus. Keterampilan digital mencakup bagaimana mahasiswa mendesain menggunakan aplikasi, mengkonversi format dokumen, dan menggunakan aplikasi berbasis desktop dan web untuk menyelesaikan tugas.

Meskipun isunya semakin populer akibat pandemi, namun kemampuan digital tetaplah penting karena tuntutan zaman yang terus berubah. Menurut situs Komnasdik Kediri, Apollo Education Group yang berbasis di Amerika Serikat telah menetapkan 10 keterampilan yang harus dimiliki oleh pelajar agar dapat bekerja di abad ke-21, yaitu:

  • Kemampuan berpikir kritis
  • Komunikasi
  • Kepemimpinan
  • Kolaborasi
  • Kemampuan beradaptasi
  • Produktivitas dan akuntabilitas
  • Inovasi
  • Kewarganegaraan global
  • Kemampuan dan semangat kewirausahaan
  • Kemampuan untuk mengakses, menganalisis, dan mensintesis informasi

Keterampilan dalam menyaring dan menganalisis informasi juga merupakan keterampilan yang perlu diasah. Seseorang yang terbiasa dengan berbagai jenis informasi dari berbagai media akan lebih mampu memfilter berita palsu atau hoaks.

Sebaliknya, orang yang belum terbiasa memilah dan memilih informasi yang diterima cenderung menelan segala informasi secara mentah-mentah, yang dapat berakibat fatal. Segala jenis arus informasi dan aspek kehidupan yang telah digitalisasi merupakan budaya digital atau digital culture, yang merupakan salah satu pilar pendukung kemampuan digital.

Selain keterampilan digital dan budaya, terdapat juga etika digital. Ini termasuk aturan dan kebijakan dalam menggunakan media sosial. Selain itu, seseorang perlu memahami apa yang boleh dan tidak boleh ditulis serta disebarkan.

Kemampuan untuk membuat akun media sosial adalah suatu kemampuan digital yang penting, tetapi pemahaman tentang cara mengelolanya agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain adalah bagian dari etika digital yang tak kalah penting.

Jika hard skill adalah sesuatu yang dipelajari di bangku pendidikan dan soft skill dipelajari dari pengalaman, maka kemampuan digital menggabungkan keduanya untuk berinteraksi di dunia digital, didukung oleh pilar-pilar digital lainnya.

Contoh Digital Skill

Berikut adalah beberapa contoh penerapan digital skill dalam kehidupan sehari-hari

Manajemen Proyek Konten

Profesi manajemen proyek di media sosial dapat dikatakan sebagai bagian dari digital skill yang diperlukan. Langkah ini melibatkan penerapan ide-ide kreatif untuk membangun akun Instagram, menjadwalkan publikasi, dan menyusun kerangka postingan atau publikasi yang harus dilakukan.

Kemampuan ini juga diperlukan untuk menjadi penyusun konten di platform lain seperti TikTok, YouTube, Blogger, WordPress, dan lainnya. Konten dalam hal ini tidak hanya berupa gambar, tetapi juga tulisan dan video.

Optimasi Mesin Pencari (SEO)

SEO menjadi salah satu digital skill yang sangat diperlukan dalam kehidupan saat ini, terutama dalam pemasaran produk atau barang melalui blog atau website. Proses ini memerlukan kemampuan SEO yang handal, karena jika tidak dikuasai dengan baik, maka bisa berakibat pada kehilangan pekerjaan di bidang pemasaran.

Menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel di Pekerjaan

Digital skill lainnya yang penting dalam bidang pekerjaan adalah kemampuan menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel dengan baik. Kedua aplikasi ini merupakan keterampilan dasar yang diperlukan untuk setiap orang yang ingin bekerja. Tanpa skill ini, proses penulisan surat atau penghitungan data penting akan menjadi sulit jika dilakukan secara manual.

Desain Menggunakan Laptop/HP/Komputer

Digital skill lainnya terkait dengan kemampuan seseorang dalam mengelola dan menggunakan laptop, handphone, atau komputer dalam hal mendesain karya yang ingin dibuat. Kemampuan mendesain ini dapat menjadi bagian dari pekerjaan saat ini, mulai dari menawarkan jasanya secara online hingga mengikuti kompetisi di media sosial. Desain ini bisa berupa logo, meme, pamflet, banner, dan lainnya.

Memaksimalkan YouTube sebagai Sumber Penghasilan

YouTube adalah platform media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan penghasilan dengan mengunggah video yang berisi edukasi, musik, tutorial, dan lainnya. Dalam mengoptimalkan penghasilan dari YouTube, diperlukan kemampuan SEO untuk membuat judul dan deskripsi video agar muncul di hasil pencarian.

Keterampilan digital ini menjadi semakin penting di era saat ini, di mana teknologi digital semakin banyak digunakan dan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan digital skill agar dapat beradaptasi dengan perubahan dan tantangan masa depan. Dapatkan Beasiswa Digital Skills Area

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment