Contoh Artikel Ilmiah

Contoh Artikel Ilmiah Singkat dan Terpopuler

Saat menjalani studi pastinya anda pernah mendapat tugas untuk menyusun artikel ilmiah, ini biasanya akan diberikan oleh guru maupun dosen ketika anda telah menginjak semester akhir atau setelah melakukan penelitian sesuai dengan mata pelajaran yang diambil.

Artikel ilmiah sendiri merupakan hasil kegiatan tulis menulis yang disusun secara sistematis sesuai dengan tata cara penulisan dan konvensi ilmiah yang disepakati. Artikel ilmiah dibuat dari hasil karya atau gagasan seseorang dalam bidang akademik, dan penelitiannya bisa berupa penelitian lapangan atau riset di laboratorium. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa contoh artikel ilmiah yang kami sajikan dalam artikel ini.

Contoh Artikel Ilmiah Game Online

Sebagaimana penjelasan di atas, berikut ini adalah beberapa contoh artikel ilmiah yang bisa menjadi referensi bagi anda dalam penyusunan tugas artikel ilmiah.

Dampak Negatif Game Online untuk Remaja

PENDAHULUAN

Saat ini internet sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari, karena internet menjadikan hal – hal rumit menjadi praktis dan menarik, salah satunya adalah game online. Game online kini sudah menjadi candu bagi kalangan anak – anak dan remaja.

Banyak anak muda yang rela meluangkan waktunya hingga larut malam hanya untuk bermain game online dengan teman – temannya tanpa memperdulikan dampak yang akan diperoleh.

PEMBAHASAN

Saat ini game online sudah menjadi salah satu kebutuhan wajib bahkan seperti kekasih pujaan hati bagi para pemuda. Seharusnya remaja sekarang harus mengendalikan diri untuk menghabiskan waktunya ke berbagai hal positif.

Memang bermain game juga bisa menenangkan pikiran, akan tetapi perlu porsi yang pas agar tidak semua waktunya dibuang untuk bermain game. Menurut penelitian, berikut ini adalah dampak – dampak yang bisa timbul jika seseorang tidak bisa mengendalikan dirinya dalam bermain game, antara lain:

  • Terbuangnya waktu secara percuma
  • Melalaikan kewajiban terhadap lingkungan sekitar
  • Maraknya kasus melawan terhadap orang tua
  • Maraknya kasus pencurian hanya untuk kebutuhan game online

PENUTUP

Game online memang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak dalam beberapa kasus. Namun, bermain game online yang berlebihan akan menimbulkan candu seperti penggunaan narkoba atau rokok. Sebaiknya peran orang tua dalam memonitoring anaknya ditingkatkan, agar anak tidak jatuh dalam dunia virtual, sehingga perkembangan anak bisa seimbang.

Contoh Artikel Ilmiah Penelitian

Inovasi Sistem Sekolah untuk Membentuk Generasi Unggul dan Mampu Bersaing

PENDAHULUAN

Pendidikan memiliki pengaruh besar dalam membentuk SDM yang berkualitas. Dengan pendidikan maka bisa tercipta generasi dengan karakter berkualitas yang mampu mengaktualisasikan dirinya menjadi ujung tombak peradaban berkemajuan di Indonesia.

Beasiswa Bergengsi  Tujuan Utama Melakukan Kerjasama Antar Negara Adalah

Pendidikan termasuk salah satu amanat UUD 1945, di dalamnya disebutkan bahwa tujuan pendidikan ialah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan bertujuan untuk menopang kesejahteraan rakyat Indonesia. Namun, realitas pendidikan di Indonesia saat ini masih jauh dari kata sukses.

Ada beberapa indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan di Indonesia. Pendidikan di Indonesia yang masih terpuruk bisa membawa masalah besar. Lalu, mau dibawa ke mana peradaban negeri ini kelak?

PEMBAHASAN

Sudah banyak lembaga yang melakukan survey dalam bidang pendidikan, baik di tingkat sekolah sampai internasional. Salah satunya adalah lembaga PISA (Programme for International Student Assessment). PISA melakukan uji coba keterampilan membaca, matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dari hasil uji cobanya ternyata Indonesia nomor ke – 64 negara dari 65 negara partisipan.

Jika melihat di media sosial, selalu banyak berita – berita buruk yang ditampilkan. Dalam media massa kerap kali diberitakan tindak kriminal dan asusila yang dilakukan para remaja dan ternyata kebanyakan masih berstatus pelajar. Melihat dari dua gambaran problem di atas, sudah jelas bahwa pendidikan di Indonesia sedang dalam masa kritis dalam tiap kondisi.

Pendidikan di Indonesia membutuhkan sentuhan materi sekolah berupa karakter dan budi luhur. Dengan dipadukannya pendidikan karakter dalam materi pelajaran umum, maka asas negara bisa penuh kearifan. Wawasan intelektual perlu dipadukan dengan budi pekerti, sehingga bisa menjadi modal utama bagi pelajar Indonesia agar bisa lebih unggul.

Dalam mewujudkan hal tersebut, berbagai kebijakan sudah dibuat pemerintah untuk mengarahkan para siswa menjadi unggul dalam segala bidang. Baik dari segi kompetensi, karakter, dan jiwa kompetitif sebagai bekal bersaing dengan pelajar negara lain.

Salah satu kebijakan pemerintah bisa dilihat dari Kurikulum 2013 pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Dalam Kurikulum K13 sendiri, pendidikan karakter menjadi materi wajib dalam pelajaran. Namun, pendidikan Kurikulum K13 yang telah berjalan ini masih belum menunjukkan hasil maksimal berupa generasi unggul dan mampu bersaing di kancah internasional.

Dalam dunia pendidikan sendiri perlu adanya inovasi untuk mengatasi permasalahan yang timbul. Inovasi tersebut bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter, aktif, kreatif, dan kompetitif atau disingkat dengan BATIK. Dalam sistem sekolah juga harus mengedepankan adanya perubahan 3 hal pokok, yaitu metode pembelajaran, kalangan pengajar, dan kuantitas siswa.

PENUTUP

Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan, bahwa dalam sistem sekolah perlu adanya inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Inovasi tersebut ialah menggunakan sistem sekolah BATIK (Berkarakter, Aktif, Kreatif dan Kompetitif). Adapun sistem ini mengedepankan metode pembelajaran, kalangan pengajar, dan kuantitas siswa dalam setiap kelas.

Beasiswa Bergengsi  Contoh Paper Ilmiah Sederhana dan Mudah Dipahami

Contoh Artikel Ilmiah Pendidikan

Dampak Negatif dan Positif Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid – 19

PENDAHULUAN

Saat terjadi pandemi covid – 19, hampir seluruh sekolah di Indonesia melakukan pembelajaran via online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Ternyata pembelajaran jarak jauh ini menimbulkan berbagai kendala, baik bagi murid, guru, dan orang tua. Lalu apa saja dampak positif dan negatif dari pembelajaran jarak jauh?

PEMBAHASAN

Dampak positif dari pembelajaran daring adalah guru dan siswa belajar memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, dan tranformasi pendidikan bisa berlangsung cepat. Selain itu, pembelajaran secara daring juga memicu munculnya aplikasi belajar online yang gratis dan berbayar. Jadi, kesempatan belajar bagi peserta didik juga semakin besar.

Namun, ada juga dampak negatif dari PJJ yan dirasakan siswa, guru, dan orang tua. Bagi siswa, PJJ memberikan tekanan tersendiri, karena banyaknya tugas, sehingga bisa membuat siswa stres dan jenuh. Bagi guru, PJJ juga memiliki kendala tersendiri, khususnya bagi guru golongan tua yang gagap menggunakan teknologi. Hasilnya, pembelajaran daring tersebut kurang maksimal.

Lalu, orang tua pun kesulitan mendampingi anaknya dalam belajar, karena orang tua memiliki pekerjaan lain yang harus dilakukan. Di samping itu mereka juga mempunyai tanggung jawab untuk mengawasi anaknya untuk belajar di rumah.

Dengan berbagai kasus tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, mengungkapkan, bahwa PJJ dikhawatirkan akan menyebabkan learning loss atau penurunan capaian belajar, karena banyak pihak yang kesulitan dengan cara belajar tersebut. Belum lagi kendala lainnya seperti sinyal internet, perangkat yang tidak mendukung, dan fasilitas belajar online lainnya.

Pemerintah terus berupaya untuk memaksimalkan pembelajaran daring. Selain itu, pemerintah juga memberikan izin pembelajaran tatap muka bagi daerah – daerah tertentu dengan zona kuning. PJJ sebagai sistem baru memang masih mengalami kendala bagi banyak pihak, namun kita tidak boleh mengeluh.

PENUTUP

Dampak positif dan negatif PJJ harus kita terima, karena keadaan tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, sehingga masyarakat harus beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh agar learning loss tidak terjadi.

Contoh Artikel Ilmiah Ekonomi

Meningkatkan Ekonomi Masyarakat dengan Memanfaatkan Limbah Plastik

PENDAHULUAN

Penanganan limbah plastik merupakan PR besar yang masih membutuhkan pengerjaan lebih, karena limbah plastik terurai lebih lama dibandingkan sampah lainnya. Berbagai kebijakan Pemerintah pun sudah dilakukan supaya masyarakat mengurangi penggunaan plastik dalam kegiatan sehari – hari.

Beasiswa Bergengsi  Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Cara Membuatnya

Contoh pengurangan plastik dalam suatu produk ialah dengan kantong plastik berbayar, menggunakan plastik dengan bahan yang ramah lingkungan, dan sebagainya. Banyaknya limbah plastik yang dibuang bisa menimbulkan permasalahan bagi lingkungan, seperti pencemaran air dan tanah.

Nah, limbah plastik ini seharusnya perlu didaur ulang agar bisa bermanfaat dan mengurangi dampak negatif bagi lingkungan. Limbah plastik yang didaur ulang ternyata juga bisa menjadi solusi bagi peningkatan ekonomi masyarakat berbasis UMKM.

PEMBAHASAN

Plastik awalnya merupakan solusi dari penggunaan limbah kertas, karena kertas sendiri menggunakan bahan kayu, sehingga mengkhawatirkan akan menghabiskan banyak pohon di hutan, lalu muncullah plastik sebagai solusinya. Penggunaan plastik tidak memberatkan masyarakat, sehingga membuat banyak orang suka menggunakannya.

Namun, penggunaan plastik malah semakin tidak terkendali, sehingga banyak yang mencemari lingkungan. Bahkan sampah plastik merupakan limbah terbanyak setelah limbah organik. Sejak Desember 2015, kehadiran MEA di Indonesia sudah membuka babak baru dalam perekonomian di antara negara ASEAN yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi negara ASEAN.

Dengan adanya pasar bebas antar negara ASEAN, maka produk Indonesia juga harus bersaing dengan berbagai produk dari negara lain, dan produk dari luar Indonesia juga harus bersaing dengan produk Indonesia. Salah satu produk yang bisa dibuat adalah casing HP dari bahan dasar limbah plastik.

Ide ini muncul karena HP sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, bahkan setidaknya setiap satu rumah pasti sudah memiliki handphone. Berdasarkan informasi, bahwa Nurlita, pebisnis casing handphone bisa meraih keuntungan sebesar 50 – 100 juta per bulannya dengan produksi 30–50 casing handphone per hari.

Hal ini membuktikan bahwa penggunaan casing HP di Indonesia sudah menjadi tren tersendiri. Dengan memanfaatkan limbah plastik untuk casing HP, maka akan memberi keuntungan di sisi ekonomi serta bisa mengurangi limbah plastik di Indonesia.

Agar casing HP yang dibuat terlihat lebih elegan bisa dibuat inovasi dengan penambahan ukiran timbul karakter terkenal atau model lainnya. Casing dengan ukiran tersebut, apalagi ukiran mengangkat budaya lokal, maka casing akan memiliki ciri khas, sehingga bisa bersaing di tingkat internasional.

PENUTUP

Salah satu cara mengurangi limbah plastik ialah dengan mendaur ulangnya menjadi produk UMKM, seperti casing HP. Supaya casing menjadi lebih menarik, bisa ditambahkan ukiran dengan mengangkat budaya lokal atau costum. Dengan modal relatif murah, limbah plastik pun bisa menjadi barang berharga dan menghasilkan profit yang banyak.

https://www beasiswasarjana com/3186/contoh-artikel-ilmiah-singkat-dan-terpopuler/ -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *