Halo Pelajar dan Mahasiswa Bandung, Ayo Daftar Beasiswa Besti 2023! Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Setelah melalui pembahasan yang panjang, Pemerintah Kabupaten Bandung akhirnya resmi menyelenggarakan program beasiswa bertajuk Besti. Program Beasiswa Ti Bupati (Besti) ini merupakan program bantuan pendidikan yang diperuntukkan khusus bagi warga di Kabupaten Bandung yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang kuliah atau mahasiswa aktiv yang sedang menjalani kuliah.

Dalam penyelenggaraannya, pendaftaran program beasiswa Besti akan terdiri dari 2 gelombang, di mana gelombang 1 diperuntukkan bagi mahasiswa aktiv yang sedang menjalani kuliah (tanpa ketetapan semester) dan gelombang 2 yang diperuntukkan khusus bagi siswa siswi di kelas XII tingkat SMA / SMK / MA Sederajat.

Cakupan Beasiswa

Melansir dari laman pemkab Bandung, besaran jumlah beasiswa yang akan diberikan kepada para penerimanya adalah sebesar Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) per semester atau total sebesar Rp 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah) untuk 8 (delapan) semester.

Persyaratan Beasiswa

Meski terdapat persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan beasiswa Besti, namun syarat yang ditatapkan oleh Pemkab Bandung tidak lah terlalu sulit, berikut di antaranya:

  • Memiliki nilai rata – rata 8 (delapan) pada ujian sekolah atau ujian nasional untuk pendaftar dari tingkat menengah atas / sederajat atau bagi pendaftar yang berstatus calon mahasiswa dan belum memulai kuliah di Perguruan Tinggi
  • Memiliki nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal 3.00 untuk mahasiswa PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan 3.15 untuk mahasiswa PTS (Perguruan Tinggi Swasta)
  • Hafal Al-Quran minimal 1 juz (diutamakan) atau pernah mendapat prestasi lainnya baik di bidang akademik maupun non akademik

Jadwal Pendaftaran

Bagi anda yang tertarik untuk mendaftar dalam program beasiswa ini, berikut adalah jadwal pendaftaran dan seleksi penerimaan beasiswa Besti 2023.

  • Periode pendaftaran Gelombang 1 pada tanggal 13 – 18 Februari 2023
  • Seleksi Gelombang 1 pada tanggal 21 – 22 Februari 2023 oleh Tim seleksi Besti
  • Pengumuman hasil seleksi gelombang 1 pada tanggal 24 Februari 2023
  • Periode pendaftaran Gelombang 2 pada tanggal 12 – 17 Juni 2023
  • Seleksi Gelombang 2 pada tanggal 20 – 21 Juni 2023 oleh Tim seleksi Besti
  • Pengumuman hasil seleksi gelombang 2 pada tanggal 23 Juni 2023
  • Laporan dan rekomendasi oleh tim seleksi Besti kepada Pemkab Bandung pada tanggal 28 Juni 2023
  • Pemberian arahan dan penyerahan SK Bupati Bandung kepada penerima beasiswa Besti 2023 pada tanggal 29 Juni 2023
Beasiswa Bergengsi  Buka Pendaftaran Beasiswa S2 di Prefektur Toyama Jepang, Jellyfish Education Indoesia Gratiskan Biaya Kuliah dan Tunjangan Bulanan

Itulah tadi info beasiswa terbaru untuk pelajar dan mahasiswa dari Pemkab Bandung melalui program beasiswa Besti 2023. Bagi anda yang tertarik untuk mengikutinya, maka segeralah daftarkan diri anda secara online melalui link besti.bandungpemkab.go.id/. Untuk info selengkapnya, bisa anda kunjungi laman IG Pemkab Bandung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *