Beasiswa KIP Kuliah 2023 di Buka! Begini Cara Daftarnya

Hari ini menjadi hari yang banyak dinantikan oleh para pemburu beasiswa, sebab di hari ini juga program beasiswa KIP Kuliah 2023 resmi mulai membuka proses pendaftaran. Siapa saja kini bisa mulai melakukan registrasi akun sampai dengan tanggal 31 Oktober 2023 mendatang.

Informasi mengenai dimulainya pendaftaran KIP Kuliah 2023 ini secara resmi diumumkan oleh Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Dr. Abdul Kahar M.Pd, melalui laman Instagramnya. Dalam pengumuman itu juga, Abdul mengingatkan para calon pendaftar agar memastikan lebih dulu data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) agar semuanya valid serta sesuai dengan data yang ada di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek.

Hal itu dikarenakan beberapa data tersebut merupakan data utama yang akan digunakan dalam proses pendaftaran beasiswa KIP Kuliah. Selain itu, para pendaftar juga harus memastikan perguruan tinggi dan program studi (prodi) telah terdaftar dalam program beasiswa KIP Kuliah.

Melalui program KIP Kuliah 2023 inilah, Kemendikbudristek membuka kesempatan bagi seluruh pelajar dan mahasiswa di Indonesia untuk bisa menggapai cita – citanya dengan melanjutkan pendidikan tinggi di kampus idaman. Adapun syarat utama untuk mengikuti program beasiswa KIP Kuliah 2023 adalah berasal dari keluarga kurang mampu, namun memiliki prestasi yang baik di bidang akademik maupun non akademik.

Bantuan biaya pendidikan ini ditujukan untuk para siswa yang ingin mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), atau pun Politeknik Negeri. Sementara untuk cakupannya sendiri meliputi biaya kuliah per semester serta biaya hidup per bulan bagi penerima beasiswanya.

Syarat Untuk Mendaftar KIP Kuliah

  1. KIP Kuliah dapat diberikan kepada siswa yang telah lulus atau akan lulus SMA atau sekolah yang setara pada tahun ini atau maksimal 2 tahun sebelumnya, dengan memenuhi persyaratan memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang valid.
  2. Siswa tersebut juga harus memiliki potensi akademik yang baik, namun terbatas secara ekonomi dengan membawa bukti dokumen yang sah.
  3. Untuk siswa SMA/SMK/MA atau sekolah yang setara yang telah lulus pada tahun ini, mereka dapat memenuhi syarat jika memiliki potensi akademik yang baik dan memiliki Kartu KIP, Kartu Keluarga Sejahtera, atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  4. Syarat terakhir, calon mahasiswa harus lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru dan telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada Program Studi dengan Akreditasi A atau B. Namun, dalam keadaan tertentu, calon mahasiswa dapat diterima pada Program Studi dengan Akreditasi C.
Beasiswa Bergengsi  GP Ansor Jabar Siap Adakan LPDP Preparation Camp Batch 2, Cek Persyaratan dan Info Lengkapnya

Keunggulan KIP Kuliah

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh KIP Kuliah:

  1. KIP Kuliah memberikan kesempatan kepada lebih dari 400.000 orang pada tahun 2020, jumlahnya lebih banyak daripada Bidikmisi yang hanya memberikan 130.000 beasiswa pada tahun 2019.
  2. Program ini memberikan lebih banyak akses pendidikan khususnya pada bidang vokasi.
  3. KIP Kuliah terintegrasi dengan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang ada di Perguruan Tinggi, sehingga siswa dapat memiliki pengalaman belajar yang lebih bervariasi.
  4. Ada 2 jenis KIP Kuliah yang tersedia, yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.
  5. KIP Kuliah Afirmasi memberikan bantuan biaya program afirmasi pendidikan tinggi (ADik) khususnya untuk ADik Papua, ADik Papua Barat, dan ADik 3T. Program ini memberikan peluang yang sama untuk melanjutkan pendidikan bagi mereka yang membutuhkan dukungan.

Cara Pendaftaran Beasiswa

Mengacu pada gelaran di tahun sebelumnya, berikut ini adalah alur pendaftaran beasiswa KIP Kuliah 2023.

  • Pendaftaran secara mandiri hanya dilakukan melalui laman resmi KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau bisa juga melalui aplikasi KIP Kuliah (untuk saat ini masih dalam proses unggahan)
  • Melakukan registrasi dengan memasukkan NIK, NPSN, NISN, dan alamat email aktif untuk selanjutnya divalidasi kelayakannya mendapat KIP Kuliah
  • Apabila proses validasi berhasil, sistem KIP Kuliah akan mengirimkan nomor pendaftaran beserta Kode Akses melalui alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya
  • Proses pendaftaran KIP Kuliah wajib diselesaikan oleh pendaftar dengan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN / SBMPTN / SMPN / UMPN / Mandiri)
  • Menyelesaikan proses pendaftaran melalui sistem informasi / portal seleksi nasional masuk perguruan tinggi sebagaimana jalur seleksi yang dipilih tadi, adapun proses sinkronisasi akan dilakukan melalui skema host-to-host
  • Khusus bagi pendaftar KIP Kuliah yang dinyatakan telah diterima di Perguruan Tinggi, maka bisa langsung diverifikasi oleh Perguruan Tinggi terkait sebelum diusulkan menjadi calon penerima KIP Kuliah 2023.
Beasiswa Bergengsi  Kelas Beasiswa Batch V untuk Sulawesi Tengah Telah Dibuka, Kesempatan Lulus Beasiswa LPDP Makin Terbuka Lebar

Jadwal Seleksi Beasiswa

Bagi anda yang tertarik untuk mendaftarkan diri di program beasiswa KIP Kuliah 2023, pastikan anda mencatat jadwal seleksinya berikut ini:

Seleksi Masuk SNBP

  • Registrasi akun SNPMB pada tanggal 9 Januari s.d 15 Februari 2023
  • Pendaftaran SNBP pada tanggal 14 s.d 28 Februari 2023
  • Pengumuman hasil final SNBP pada tanggal 28 Maret 2023

Seleksi Masuk UTBK – SNBT

  • Registrasi akun SNPBM pada tanggal 10 Februari s.d 3 Maret 2023
  • Sosialisasi UTB – SNBT pada tanggal 1 Desember 2022 s.d 14 April 2023
  • Pendaftaran UTBK – SNBT pada tanggal 23 Maret s.d 14 April 2023
  • Pendaftaran UTBK Gelombang 1 pada tanggal 8 s.d 14 Mei 2023
  • Pendaftaran UTBK Gelombang 2 pada tanggal 22 s.d 28 Mei 2023
  • Pengumuman hasil SNBT pada tanggal 20 Juni 2023
  • Masa unduh sertifikat UTBK pada tanggal 20 Juni s.d 31 Juli 2023

Seleksi KIP Kuliah 2023

  • Registrasi akun pada tanggal 14 Februari s.d 31 Oktober 2023
  • Penetapan penerima beasiswa pada tanggal 1 Juli s.d 31 Oktober 2023 (menyesuaikan data input lanjutan dari universitas terkait)

Demikian lah tadi info beasiswa KIP Kuliah 2023 yang sudah mulai membuka pendaftaran. Bagi anda yang tertarik untuk mengikutinya, maka segera lah lakukan pendaftaran sekarang juga melalui laman resmi KIP Kuliah atau bisa juga menunggu rilisan apk KIP Kuliah yang mungkin akan mulai bisa diunduh melalui Play Store dalam waktu dekat ini.

Perlu diingat, proses penentuan kelayakan menerima beasiswa KIP-Kuliah juga turut melibatkan perguruan tinggi yang menjadi tempat anda dalam menempuh kulia saat ini. Dengan kata lain, penentu penerima beasiswa tidak hanya dilakukan oleh satu pihak saja, maka dari itu melakukan pendaftaran lebih awal sangat disarankan. Selamat mencoba.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa IDCloudhost Kuliah Gratis Sampai Lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *