Kemenag Buka Pendaftaran 200 Kuota Beasiswa Training Bahasa Jelang Persiapan Kuliah Luar Negeri

Kemenag Buka Pendaftaran 200 Kuota Beasiswa Training Bahasa Jelang Persiapan Kuliah Luar Negeri

Kementerian Agama (Kemenag) RI berencana akan kembali menggelar program beasiswa bahasa khusus bagi dosen dan pegawai di Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister (S2) dan doktoral (S3) di luar negeri. Selain itu, para alumni PTK yang ingin kuliah pascasarjana di perguruan tinggi di luar negeri juga turut berkesempatan untuk mengikuti program ini.

Hal tersebut sesuai dengan keterangan Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie, yang menyebut jika pihaknya telah menyiapkan progam beasiswa untuk dosen, pegawai, dan alumni dari perguruan tinggi keagamaan yang ingin meningkatkan kompetensi bahasa asingnya jelang kuliah S2 dan S3 di luar negeri.

Adapun progam beasiswa training bahasa ini akan berlangsung selama tiga bulan dengan 2 pilihan bahasa yang tersedia, yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris. Sedangkan untuk biaya dalam program ini sepenuhnya akan ditanggung dan dibayar langsung oleh Kementerian Agama kepada lembaga penyelenggaranya.

Lebih lanjut, Anna menjelaskan bahwa bantuan beasiswa nantinya juga mencakup biaya final tes bahasa, termasuk dengan tunjangan hidup sebesar Rp 4 juta untuk para peserta setiap bulannya serta biaya transportasi dari daerah asal ke lokasi dilangsungkannya program tersebut.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Kasubdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ruchman Basori, yang menyebut bahwa Kementerian Agama telah bekerjasama dengan Pusat Bahasa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk menyelenggarakan program ini.

Ia menjelaskan bahwa dalam program ini terdapat 200 kuota yang disediakan oleh Kemenag, di mana setiap peserta nantinya akan mengikuti training di sejumlah Pusat Bahas PTKIN yang tersebar di berbagai daerah.

Tidak hanya memberikan bekal penguatan bahasa, para peserta juga akan mendapat pelatihan penulisan proposal penelitian, tips studi di luar negeri, wawasan kebangsaan, dan moderasi beragama dalam program tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Apa Itu Beasiswa Bidikmisi

Jadwal Seleksi

Berikut ini adalah jadwal seleksi dan pelaksanaan program Beasiswa Training Bahasa Kemenag yang wajib dilalui oleh semua peserta.

  • Masa Pendaftaran mulai tanggal 17 – 23 Oktober 2022
  • Seleksi Administrasi dan Asesmen mulai tanggal 26 – 28 Oktober 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan Asesmen pada tanggal 31 Oktober 2022
  • Pelaksanaan Program mulai tanggal 7 November 2022 sampai dengan 27 Januari 2023.

Demikian lah informasi beasiswa training bahasa yang akan diselenggarakan oleh Kemenag. Bagi anda yang tertarik untuk mengikutinya maka segera lah daftarkan diri anda secara online melalui link pendaftaran https://beasiswa.kemenag.go.id. Pastikan semua persyaratan telah anda penuhi dan berhasil melakukan registrasi sebelum tanggal 23 Oktober 2022. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *