Pemerintah Taiwan Buka Pendaftaran Beasiswa Bahasa Mandarin 2023

Pemerintah Taiwan Buka Pendaftaran Beasiswa Bahasa Mandarin 2023, Dapat Uang Saku Rp 12 per Bulan! Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Dalam beberapa tahun terakhir, bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa yang paling banyak diminati di seluruh dunia. Bukan karena menjadi bahasa yang global, akan tetapi dengan besarnya peran Tiongkok dalam perekonomian dunia telah menempatkan bahasa Mandarin sebagai bahasa pilihan yang banyak digunakan. Hal ini juga yang membuat banyak bermunculannya lembaga pendidikan bahasa di berbagai negara, seperti salah satunya adalah Taiwan.

Kabar baiknya, saat ini Kementerian Pendidikan Taiwan juga tengah membuka program beasiswa non-gelar Huayu Enrichment Scholarship (HES). Ini merupakan program bantuan pendidikan yang menawarkan kesempatan bagi para lulusan SMA/SMK sederajat untuk dapat mengikuti kursus Bahasa Mandarin langsung di Taiwan.

Tidak hanya bisa mengikuti kegiatan kursus saja, para penerima beasiswa juga nantinya akan mendapat kesempatan untuk meningkatkan pemahaman terhadap budaya dan kehidupan masyarakat di Taiwan.

Benefit Beasiswa Bahasa Mandarin 2023

Seperti halnya program beasiswa yang lain, HES 2023 juga menawarkan banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Program beasiswa yang rencananya akan berlangsung selama 6 bulan ini menyediakan kegiatan berupa pelatihan bahasa Mandarin secara gratis, termasuk dengan tunjangan sebesar NT$ 25 ribu atau sekitar Rp 12.4 juta per bulannya.

Persyaratan Beasiswa

Melansir dari laman resminya, berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar di program beasiswa bahasa Mandarin HES 2023.

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Lulusan minimal SMA / SMK sederajat
  • Memiliki prestasi akademik (menjadi nilai lebih)
  • Memiliki karakter dan moral yang baik dalam pendidikan
  • Bukan warga Negara Taiwan atau yang berstatus Overseas Chinese Student
  • Tidak terdaftar / bukan pelajar di pusat pembelajaran Bahasa Mandarin
  • Tidak pernah / bukan mahasiswa di universitas atau perguruan tinggi di Taiwan
  • Belum / tidak pernah menerima bantuan beasiswa HES atau beasiswa MoE Taiwan
  • Tidak berstatus sebagai mahasiswa pertukaran pelajar atau double degree
  • Tidak sedang / akan menerima beasiswa maupun subsidi lainnya dari Pemerintah Taiwan atau institusi lainnya di Taiwan.
Beasiswa Bergengsi  Contoh Essay Beasiswa Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Persyaratan Dokumen

Selain semua persyaratan di atas, beberapa dokumen juga harus disertakan dalam proses pendaftaran beasiswa bahasa Mandarin HES 2023, di antaranya:

  • Mengisi formulir aplikasi pendaftaran beasiswa
  • Fotokopi identitas diri (paspor dan kartu keluarga
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai dari pendidikan terakhir
  • Salinan bukti formulir pendaftaran dari pusat pelatihan Language Center yang ada di Taiwan
  • Dua surat rekomendasi yang telah ditandatangani dan disegel rapat dalam amplop

Perlu diketahui, seluruh dokumen di atas harus menggunakan format Bahasa Inggris atau Mandarin, jika tidak maka harus diterjemahkan lebih dulu ke dalam Bahasa Inggris atau Mandarin, dan telah dilegalisir sampai TETO. Sementara bagi pendaftar yang merupakan lulusan dari luar negeri, maka dokumen berupa ijazah dan transkrip nilai wajib dilegalisir lebih dulu di kantor TETO di negara tersebut

Cara Daftar Beasiswa Bahasa Mandarin 2023

Berikut ini adalah beberapa cara mendaftar di program beasiswa kursus Bahasa Mandarin HES 2023

  • Mengisi formulir pendaftaran secara online melalui link https://forms.gle/iniC2Hsc9zbTiXKj9
  • Mengunggah semua scan dokumen yang dibutuhkan, serta mengirimkan dokumen aplikasi tersebut langsung dengan alamat Kantor Taipei Economic and Trade Office, Gedung Artha Graha Lantai 17, Jl Jend Sudirman kav 52 – 53, Jakarta Selatan kodepos 12190
  • Amplop yang dikirim harus diberi tulisan “Pendaftaran Beasiswa HES”.

Itulah tadi info beasiswa bahasa Mandarin 2023 dari program HES yang tengah membuka pendaftarannya. Bagi anda yang merasa memenuhi semua persyaratan di atas dan tertarik untuk mengikutinya, pastikan untuk segera mendaftarkan diri anda dan mengajukan aplikasi pendaftaran beasiswa kursus bahasa Mandarin sebelum tanggal 31 Maret 2023.

Adapun pengumuman akhir penerima beasiswa akan dirilis TETO pada tanggal 10 Juni 2023 melalui email, sedangkan untuk program beasiswanya akan dimulai pada tanggal 1 September 2023 – 31 Agustus 2024. Selamat mencoba.

Beasiswa Bergengsi  Ayo Daftar Beasiswa Pendidikan Creativa 2022 untuk D3 D4 S1 S2! Ini Persyaratannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *