Beasiswa Penuh dari Pemerintah Irlandia

Menempuh studi di universitas ternama di luar negeri pastinya menjadi impian bagi banyak orang sejak dulu, apalagi jika negara yang menjadi tujuan berada di Eropa yang dikenal memiliki sistem pendidikan terbaiknya. Hebatnya lagi jika pendidikan kuliah Pascasarjana di universitas Eropa tersebut ditempuh melalui beasiswa, maka sudah pasti ini akan menjadi suatu pencapaian yang sangat luar biasa.

Meski begitu, mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri tidak selamanya bisa di dapat dengan mudah, selain sangat kompetitif juga pastinya persyaratan yang tidak sedikit kerap menjadi penghambat bagi para kandidat.

Sebut saja seperti syarat minimal usia, meski terdengar sepele namun syarat seperti ini bisa sangat menjengkelkan apalagi jika anda hanya terpaut satu atau dua tahun saja dari batas syarat usia tersebut, maka pastinya gagal dalam seleksi batas usia seperti ini akan sangat menyebalkan.

Tapi tahukah anda bahwa ternyata ada juga program beasiswa kuliah di Eropa yang tidak menetapkan syarat usia pada pendaftarannya? Ya, ini adalah program beasiswa dari Government of Ireland – International Education Scholarship.

Sebagaimana diketahui, Irlandia merupakan salah satu negara yang ada di kawasan Eropa dan terkenal dengan keunggulan ekosistemnya dalam membangun start-up. Hebatnya lagi, sejumlah perguruan tinggi di Irlandia juga diketahui berada di peringkat terbaik dunia, sebut saja seperti Trinity College Dublin, University College Dublin, serta University of Galway.

Dalam upayanya memberi dukungan kepada seluruh mahasiswa dari penjuru dunia, pemerintah Irlandia juga membuka program beasiswa bertajuk Government of Ireland – International Education Scholarships. Ini adalah program beasiswa yang memberikan kesempatan kepada 60 mahasiswa internasional untuk dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi terbaik di Irlandia, adapun cakupan beasiswa yang diberikan meliputi:

  • Tunjangan biaya kuliah penuh
  • Tunjangan lainnya mencapai EUR 10 ribu atau sekitar Rp 165 juta.

Namun perlu diingat, kedua tunjangan tersebut hanya akan diberikan selama 1 tahun saja bagi kandidat yang mengambil studi S2 taught program, atau S2 dan S3 research program.

Persyaratan Beasiswa

Bagi anda yang tertarik mencobanya, berikut adalah beberapa persyaratan untuk mendaftar di program beasiswa Government of Ireland – International Education Scholarships 2023.

  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik
  • Memiliki nilai akademik yang bagus
  • Aktif berpartisipasi pada berbagai kegiatan sukarela atau aktif sebagai volunteer dalam kegiatan kemanusiaan, politik, seni, dan olaharaga
  • Mampu berpikir rasional, khususnya dalam mengaplikasikan program beasiswa tersebut agar sejalan dengan tujuan jangka panjang penerima beasiswa itu sendiri.

Persyaratan Dokumen

Selain semua persyaratan dan kualifikasi di atas, sejumlah persyaratan dokumen juga harus disiapkan untuk mendaftar program beasiswa Gvernment of Ireland – International Education Scholarships 2023, berikut di antaranya:

  • Personal statement
  • Dua surat rekomendasi
  • Letter of Acceptance (LoA) dari salah satu kampus tujuan di Irlandia
  • Dokumen pendukung lainnya (akademik / profesi / prestasi)
  • Mengisi application form dengan lengkap.

Demikian lah tadi informasi beasiswa dari program Government of Ireland – International Education Scholarships 2023.

Bagi anda yang memenuhi semua syarat di atas dan tertarik untuk mencobanya maka bisa mulai mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang, terutama untuk mendaftar lebih dulu di kampus tujuan anda di Irlandia, karena pendaftaran beasiswa ini akan berlangsung selama 3 bulan lagi atau akan berakhir pada tanggal 24 Maret 2023 mendatang. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment