Cara Membuat dan Contoh Slogan yang Mudah Diingat, Unik dan Menarik

Cara Membuat dan Contoh Slogan yang Mudah Diingat, Unik dan Menarik

Slogan merupakan kalimat yang biasanya dibuat dengan menarik, kuat, dan mudah diingat oleh siapapun yang membacanya. Karena sifatnya itulah maka tak heran bila slogan kerap digunakan untuk menyampaikan suatu informasi kepada khalayak ramai.

Mungkin ini terlihat seperti teks dalam iklan, di mana slogan dibuat untuk mendorong seseorang / pembaca agar melakukan sesuatu mengingat tujuan utamanya adalah sebagai ajakan. Lazimnya, slogan digunakan agar suatu tujuan dapat tersampaikan. Misalnya seperti memberikan informasi, membangun kesadaran masyarakat, atau memberikan motivasi hingga mempengaruhi orang lain.

Atas tujuan inilah maka slogan juga kerap digunakan untuk berbagai hal, terutama pada hal yang berhubungan dengan informasi publik. Karena hal itu juga maka seringkali slogan dibuat dengan banyak kata atau gambar yang gampang diingat dan menarik, serta dipasang di tempat – tempat umum.

Apa itu slogan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), slogan diartikan sebagai kalimat pendek berupa perkataan yang menarik dan mudah diingat serta ditujukan untuk mengiklankan atau memberitahukan sesuatu.

Slogan juga bisa didefinisikan sebagai suatu semboyan atau motto yang dituangkan dalam rangkaian kata yang singkat namun menarik, di mana tujuannya adalah untuk menyampaikan suatu informasi pada publik.

Jenis Slogan

Setelah mengetahui pengertian slogan, penting juga untuk diketahui tentang jenis – jenis slogan itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis slogan yang sering digunakan.

Beasiswa Bergengsi  Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Semua Posisi

Slogan Iklan

Merupakan slogan yang mempromosikan suatu produk, layanan, atau event tertentu kepada publik. Slogan ini bisa saja dirubah ketika suatu produk / jasa / program juga berubah, dan tak menutup kemungkinan untuk berubah sesuai dengan kampanye iklan yang digunakan.

Slogan Bisnis

Merupakan frasa menarik yang mampu mewakili keseluruhan dari merek / produk/ layanan dari bisnis yang dijalankan.

Slogan Kreatif

Adalah slogan yang dibuat khusus untuk membantu bisnis agar terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Sesuai namanya, slogan kreatif harus lah dibuat dengan unik dan spesifik yang menjelaskan suatu bisnis, tapi juga harus mudah dipahami sehingga para pembaca / pendengar bisa menangkap pesan yang dimaksud.

Slogan Deskriptif

Merupakan slogan yang menggambarkan tentang bisnis yang dijalankan, atau hal apa saja yang ditawarkan kepada para pelanggan potensial melalui frasa yang mudah diingat.

Slogan Emosional

Slogan yang satu ini harus bisa memanfaatkan produk atau layanan sebagai suatu cara untuk menanamkan perasaan tertentu pada audiens atau untuk memenuhi kebutuhan emosional khalayak ramai. Misalnya seperti perasaan relaksasi, koneksi, atau bisa juga kegembiraan.

Slogan Persuasif

Merupakan slogan yang bersifat meyakinkan kepada pelanggan bahwa layanan atau produk anda bisa membantu menyelesaikan / memecahkan masalah tertentu.

Unsur Penting Slogan

Dalam pembuatan slogan terdapat sejumlah unsur penting yang membuatnya menjadi berbeda dari kalimat atau frasa biasanya, berikut adalah unsur penting dalam pembuatan slogan.

Menarik dan Berirama

Agar slogan bisa diterima dengan baik, maka anda harus membuat slogan tersebut menjadi semenarik mungkin. Contohnya dengan membuat slogan yang memiliki bunyi sama / serupa agar terdengar unik, tujuannya adalah supaya slogan tersebut bisa lebih mudah diingat dan dikenal masyarakat luas.

Beasiswa Bergengsi  Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Yang Keren

Hal ini juga pernah diteliti oleh sebuah studi yang mengungkapkan bahwa slogan yang dijadikan jingle / lagu akan lebih mudah diingat, dari pada slogan yang hanya sekadar ditulis biasa atau diucapkan. Contoh slogan berirama yang mudah diingat misalnya pada slogan “Indomie, seleraku”.

Menekankan Keunggulan

Apabila produk atau layanan yang anda tawarkan memiliki kelebihan / keunikan yang tak ditemukan pada produk / jasa dari pesaing anda, maka tekankan lah keunggulan tersebut dalam slogan produk / layanan jasa yang anda tawarkan.

Cara ini sekaligus bisa menjadi alasan kuat mengapa orang – orang harus membeli produk atau layanan jasa milik anda dibandingkan pesaing lainnya.

Sebagai contoh pada slogan produk, anda harus bisa membuat para calon konsumen terkesan agar mereka sadar bahwa produk atau pun jasa yang anda tawarkan memang mampu mengatasi setiap masalah yang dihadapi dibandingkan dengan produk / jasa sejenis lainnya namun harus disampaikan dengan cara yang unik serta kreatif. Contoh slogan jenis ini misalnya seperti, “No drop, no bocor – bocor! Cat pelapis anti bocor”.

Singkat dan Sederhana

Slogan juga harus dibuat dalam kalimat pendek dan sederhana namun mudah dimengerti, karena jika slogan dibuat dalam kalimat panjang maka cenderung akan membingungkan konsumen atau siapapun yang membacanya. Contoh slogan dengan kalimat singkat dan sederhana namun efektif seperti, “Apple, think different”.

Contoh Slogan Berdasarkan Kategorinya

Setelah mengetahui tentang apa itu slogan unsur – unsur dalam pembuatannya, berikut ini adalah beberapa contoh slogan unik, menarik, namun efektif berdasarkan kategorinya masing – masing.

Slogan Pendidikan

Di kalangan pelajar pasti sudah tak asing lagi dengan contoh slogan yang satu ini, adapun slogan pendidikan yang biasa ditemui di area sekolah terutama pada majalah dinding baik di dalam maupun di luar kelas antara lain:

  • Prestasi yes, narkoba no
  • Tak ada harta yang kekal, kecuali ilmu
  • Sekolah bermutu, mencetak generasi berilmu
  • Budayakan membaca meski hanya sebentar
  • Belajarlah dari sebuah kegagalan
  • Buku, jendela dunia
  • Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda
Beasiswa Bergengsi  Pengertian Bulu Tangkis, Teknik Dasar Dan Sejarahnya

Slogan Kesehatan

Masih belum hilang dari benak kita tentang bahayanya COVID-19, banyak tempat pun kemudian mulai dijumpai banyak slogan kesehatan. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh slogan kesehatan, di antaranya:

  • Cuci tangan pakai sabun
  • Jangan lupa gunakan masker
  • Ayo, pakai masker
  • Maskermu melindungiku, maskerku melindungimu
  • Ayo gotong royong melawan corona
  • Sayangi keluarga, bersama cegah penyebaran COVID-19
  • Jangan tunggu sampai tua, mari benahi pola hidup

Slogan Lingkungan

Sesuai namanya, slogan lingkungan umumnya berisi tentang motto yang memberitahu dan mengajak khalayak ramai untuk turut berpartisipasi melindungi dan mencintai lingkungan sekitar. Adapun contoh slogan lingkungan yang biasa ditemukan antara lain:

  • Lingkungan bersih untuk hidup yang sehat
  • Mari hijaukan bumi
  • Bersama jaga keasrian hutan
  • Biru langitku, hijau bumiku
  • Ayo selamatkan bumi kita
  • Lestarikan lingkungan bersama
  • Gerakan hidup sehat bersih bebas sampah
  • Hijaukan kembali demi masa depan bumi
  • Buang sampah pada tempatnya
  • Bumiku rumahku
  • Kurangi sampah plastik, masa depan lebih baik

Itulah penjelasan mengenai pengertian, karakteristik, cara membuat slogan, beserta contoh slogan yang sering dilihat atau didengar di sekitar kita. Bagaimana pun juga, salah satu kunci utama dari slogan adalah kemasannya yang menarik dan unik, semakin menarik dan unik maka semakin mudah pula slogan tersebut diingat dan membuat sebuah produk, jasa, atau himbauan menjadi lebih mudah diikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *