Mahasiswa D2 D3 D4 S1 Ayo Daftar! Kemendikbud Buka Program Magang Studi Bersertifikat di Perusahaan Ternama

Tak dapat dipungkiri, banyak lulusan mahasiswa yang merasa kaget atau canggung ketika baru pertama kali memasuki dunia kerja. Kondisi ini menjadi cukup lumrah dan banyak dialami para lulusan mahasiswa karena dunia kerja yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan ketika kuliah, mulai dari kewajiban hingga etos kerja yang tidak hanya menuntut keahlian saja melainkan juga pengalaman sebelumnya. Karena alasan inilah maka magang kerja menjadi hal yang penting bagi mahasiswa.

Sebagai bagian dari program beasiswa KIP Kuliah, Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) baru – baru ini membuka pendaftaran program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di Kampus Merdeka.

Ini merupakan program hasil kerjasama dengan Kampus Merdeka yang ditujukan guna mendorong mahasiswa untuk belajar sesuai dengan passion dan menyiapkan para lulusan nantinya agar siap memasuki dunia kerja.

Dalam program ini, para mahasiswa bisa berkesempatan untuk magang di berbagai perusahaan, kementerian, dan lembaga lainnya baik di dalam maupun luar negeri. Menariknya lagi, mahasiswa yang mengikuti program MSIB juga berkesempatan untuk menjalankan proyek penelitian sesuai dengan masing – masing studi kasus di industri ternama.

Adapun mahasiswa yang bisa mengikuti program ini bisa berasal dari jenjang pendidikan D2, D3, hingga S1. Untuk lebih jelasnya, simak info selengkapnya di bawah ini.

Persyaratan MSIB 2023

Melansir dari laman resmi kemendikbudristek, berikut ini adalah sejumlah persyaratan dan ketentuan untuk mengikuti program MSIB 2023.

  • Mahasiswa dari seluruh univeristas di Indonesia dan semua jurusan yang berada di bawah Kemendikbudristek
  • Siap untuk menunda / tidak yudisium selama mengikuti program MSIB
  • Mahasiswa aktif D2 minimal semester 3 / D3 minimal semester 4 / D4 dan S1 minimal semester 5
  • Terdaftar di PDDikti (nama di PDDikti harus sesuai dengan nama di KTP
  • Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) terdaftar di Dapodik serta telah diverifikasi di Kampus Merdeka
  • Siap menjalani program MISB secara penuh waktu / fulltime dan berkomitmen untuk mengikutinya sampai selesai
  • Bersedia melakukan perjalanan lintas kabupaten / kota / provinsi apabila diperlukan (disesuaikan dengan penempatan dan siap mendapat vaksinasi booster demi keperluan mobilisasi)
  • Mahasiswa penerima beasiswa (Bidikmisi atau KIP Kuliah) terbuka untuk mengikuti program magang dengan besaran tunjangan biaya hidup yang diperoleh merupakan selisih dari tunjangan biaya hidup beasiswa kemendikbudristek
  • Menyatakan siap untuk berkomitmen selama menjalani program MSIB.
Beasiswa Bergengsi  BAZNAS Siapkan Beasiswa Pendidikan dan Santunan Untuk Anak Korban Tragedi Kanjuruhan

Persyaratan Dokumen MSIB 2023

Berikut ini adalah sejumlah persyaratan dokumen yang wajib disertakan saat mendaftar program MSIB 2023.

  • Curriculum Vitae

CV atau Curriculum vitae bisa dibuat semenarik mungkin sesuai dengan kreativitas masing – masing, tidak ada format resmi yang ditentukan oleh pihak penyelenggara program MSIB.

  • Transkrip Nilai

Diharuskan menggunakan transkrip nilai terbaru, atau jika belum ada maka bisa menggunakan transkrip nilai terakhir. Dengan catatan, lakukan pembaruan dokumen melalui menu “Lengkapi Dokumen” ketika sudah ada transkrip nilai yang terbaru di akun masing – masing.

  • Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi yang dikumpulkan harus sudah diketahui dan ditandatangani oleh pihak universitas (Rektor / Ketua / Direktur, Wakil Rektor / Wakil Ketua / Wakil Direktur / minimal dari kepala prodi atau pejabat setingkat) termasuk dengan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak). Adapun untuk format terbaru SPTJM dapat diunduh di http://ringkas.kemdikbud.go.id/SPTJMMSIB4/

  • Scan Identitas Diri

Identitas diri yang diperlukan dalam mendaftar MSIB adalah KTP, adapun hasil scan KTP harus jelas atau tidak buram (baik teks maupun foto diri).

  • Sertifikat Pendukung

Khusus bagi pendaftar yang memiliki pengalaman dalam organisasi kemahasiswaan atau lingkungan kemasyarakatan maka bisa turut melampirkan bukti sertifikatnya, lalu gabungkan menjadi satu file format pdf dengan ukuran tidak lebih dari 5 MB.

Demikian lah informasi tentang program MSIB 2023 dari kemendikbudristek dan kampus merdeka. Bnagi anda yang berminat atau tertarik untuk mengikutinya maka bisa mendaftarkan diri segera, atau memperoleh info selengkapnya di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ dan akun IG @magangmerdeka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *