Cara Membuat Laporan PKL

Cara Membuat Laporan PKL yang Baik dan Benar

Cara membuat laporan PKL menjadi sesuatu yang wajib dipahami khususnya bagi siswa yang tengah menjalani masa PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau yang biasa disebut juga dengan istilah magang.

Sebagaimana diketahui, PKL sendiri diterapkan pada sistem pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu mata pelajaran (mapel) yang harus ditempuh dan diselesaikan oleh para siswanya.

Tentunya tidak hanya menjalani praktik PKL saja, melainkan kegiatan tersebut juga harus selalu dibarengi dengan data mengenai seluruh aktivitas yang dijalani oleh para siswa, tak terkecuali dengan penyusunan laporan PKL yang wajib dilakukan bukti tanggung jawab atas kegiatan PKL yang sudah dilakukannya.

Cara Membuat Laporan PKL

Jika mengulik lebih dalam, laporan PKL tak hanya menjadi inovasi atau penemuan baru saja dalam dunia pendidikan, melainkan juga memiliki kaitan yang cukup erat sebagai gambaran ketika seorang siswa kelak mulai memasuki dunia kerja.

Atas dasar itulah, maka menyusul Laporan PKL juga harus dilakukan sesuai dengan kaidah yang berlaku, seperti pemakaian huruf, format penulisan, ukuran halaman, serta masih banyak lagi hal penting lainnya yang wajib diketahui oleh semua siswa.

Nah, untuk semakin memperjelas lagi, berikut ini adalah susunan struktur pembuatan laporan PKL yang wajib diperhatikan, mulai dari sampul depan hingga penutup.

Sampul Depan

Sebagai sebuah laporan yang terdiri atas banyak halaman, Laporan PKL pastinya juga harus disertai dengan Sampul Depan. Bagian tak terpisahkan yang biasa disebut juga sebagai Cover ini merupakan halaman paling depan dari sebuah laporan, tak terkecuali dengan Laporan PKL. Isi dari sampul depan biasanya bermuatan judul, logo sekolah, biodata penulis laporan, serta tahun penulisan dibuatnya laporan tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Raih Pengalaman Baru Melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Daftar Isi

Beranjak ke halaman berikutnya, terdapat Daftar Isi yang merupakan bagian penting dari sebuah karya tulisan termasuk laporan. Adapun tujuan dari hadirnya daftar isi seperti ini adalah guna mempermudah para pembaca dalam mengetahui, memahami, dan mencari isi dari laporan tersebut tentunya sesuai dengan kebutuhan dari pembaca laporan PKL itu sendiri.

Pendahuluan

Biasa ditulis sebagai BAB I, pendahuluan dalam Laporan PKL umumnya berisi tentang hal – hal yang melatarbelakangi atau mendasari kegiatan itu sendiri (dalam hal ini praktik kerja lapangan). Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa unsur yang terdapat dalam Pendahuluan atau BAB I.

  • Latar Belakang

Sesuai namanya, latar belakang merupakan unsur yang memberi penjelasan mengenai gambaran sekilas tentang perusahaan yang menjadi tempat bagi siswa dalam melaksanakan PKL.

  • Dasar Hukum

Pada bagian ini terdapat undang – undang atau dasar hukum yang menjadi landasan dari kegiatan operasional di perusahaan tempat PKL dilaksanakan.

  • Maksud dan Tujuan

Hampir sama dengan latar belakang, bagian ini menjelaskan tentang maksud dan tujuan dari dibuatnya laporan PKL itu sendiri, umumnya membahas tentang alasan dari pelaksanaan kegiatan PKL.

  • Pengumpulan Data

Dalam pembuatan laporan PKL, pengambilan data menjadi hal penting yang tak bisa dilewatkan. Hal inilah yang menjadikan unsur Pengumpulan Data muncul sebagai bagian dari BAB I, ini menjelaskan tentang metode pengambilan data yang dilakukan ketika melaksanakan PKL.

Gambaran Umum

Unsur yang juga terdapat dalam laporan PKL berikutnya adalah Gambaran Umum atau yang biasa ditulis sebagai BAB II. Bagian ini berisi tentang penjelasan perusahaan /  instansi yang menjadi tempat dilaksanakannya PKL. Adapun isi dari gambaran umum di antaranya:

  • Sejarah Perusahaan

Berisi tentang penjelasan sejarah singkat dari perusahaan yang menjadi tempat dilakukannya PKL, mulai dari berdirinya hingga membahas mengenai visi dan misi perusahaan itu sendiri.

  • Struktur Organisasi

Bagian ini berisi tentang penjelasan bagan dan struktur dari perusahaan terkait, mulai dari direktur utama, kepala divisi, sampai dengan anggota yang berada di strata paling bawah di perusahaan tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Cara Membuat Sertifikat Otomatis Mudah Cepat Ala Desainer Grafis Profesional

Laporan Kegiatan

Unsur yang berikutnya adalah Laporan Kegiatan, ini biasanya dituliskan sebagai BAB III. Bagian ini menjelaskan tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan berlangsung dan hasil dari kegiatan tersebut.

Penutup

Sebagai yang terakhir, Penutup juga biasa dituliskan sebagai BAB IV dalam laporan PKL. Unsur dalam laporan ini umumnya berisi tentang kesimpulan dan saran dari semua muatan yang sudah dibahas dalam laporan PKL, di antaranya:

  • Kesimpulan (berisi ringkasan dari BAB I, BAB II, BAB III, atau keseluruhan dari isi laporan PKL)
  • Saran (berisi tentang masukan dari sudut pandang penulis / pembuatan laporan terhadap sekolah sebagai tempat dalam menuntut ilmu, termasuk juga dengan masukan kepada pihak perusahaan yang menjadi tempat dilaksanakannya PKL.

Itulah penjelasan tentang cara membuat laporan PKL SMK yang baik dan benar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *