Lulus SMK Bingung Mau Kuliah di Mana? Ini Daftar Beasiswa Kuliah S1 Gratis Dalam dan Luar Negeri

Lulus SMK Bingung Mau Kuliah di Mana? Ini Daftar Beasiswa Kuliah S1 Gratis Dalam dan Luar Negeri

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi institusi pendidikan yang tak hanya memberikan edukasi berupa materi kepada peserta didiknya saja, akan tetapi SMK juga terbukti selalu bisa mencetak lulusan handal dengan keahlian yang siap dan mampu untuk langsung bersaing di dunia kerja.

Namun lulusan SMK tidak selalu harus langsung bekerja, meski skill telah dimiliki tetapi banyak juga lulusan SMK yang memilih untuk meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menempuh kuliah bagi lulusan SMK, misalnya melalui program beasiswa. Menariknya lagi, sejumlah program beasiswa untuk lulusan SMK bahkan ada yang memberi kesempatan untuk kuliah S1 baik di dalam maupun luar negeri.

Penasaran? Berikut kami sajikan beberapa referensi program beasiswa kuliah S1 dalam dan luar negeri khusus untuk lulusan SMK.

Beasiswa Dalam Negeri

Tanoto Foundation

Tanoto Foundation menjadi salah satu opsi menarik yang bisa diambil bagi lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S1 melalui beasiswa.

Namun perlu diketahui, hanya beberapa universitas saja yang terbuka atau masuk dalam daftar kemitraan Tanoto Foundation, antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Riau (Unri). Adapun benefit beasiswa dalam program ini meliputi biaya kuliah dan biaya hidup selama hingga lulus.

Beasiswa Bergengsi  Contoh Motivation Letter Beasiswa

Etos ID

Diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa, program beasiswa Etos ID menargetkan para lulusan SMK sederajat yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Program beasiswa ini mencakup biaya perkuliahan tiap semester hingga 4 tahun, uang saku, dan tempat tinggal / asrama mahasiswa. Selain itu, ada juga program berupa pembinaan selama kuliah, termasuk bantuan biaya penelitian / skripsi.

KIP Kuliah

Sempat populer dengan nama beasiswa Bidikmisi, program bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Indonesia ini pun kemudian diubah namanya menjadui KIP Kuliah. Ini merupakan program  rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh pemerintah dan diperuntukkan khusus bagi mahasiswa di program sarjana S1.

Manfaat yang bisa didapatkan dari beasiswa ini juga cukup banyak, mulai dari biaya kuliah yang gratis, tunjangan biaya hidup, hingga biaya kebutuhan kuliah baik materi atau yang lainnya.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Tidak hanya mahasiswa aktif saja yang bisa mengikut beasiswa ini, melainkan mahasiswa baru pun turut bisa mendaftar dalam program ini termasuk para lulusan SMK. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi mencakup pemberian bantuan berupa dana pendidikan, tunjangan hidup, dan biaya buku / materi.

Sesuai namanya, kandidat yang bisa lolos dalam seleksi penerimaan beasiswa ini adalah mahasiswa dan mahasiswa baru yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun prestasi non akademik.

BPP PPA

Program beasiswa lainnya yang bisa menjadi pilihan bagi lulusan SMK adalah beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) atau BPP PPA, ini merupakan program bantuan biaya pendidikan yang ditujukan untuk peningkatan prestasi akademik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Berbeda dari program beasiswa lainnya, beasiswa ini akan memberikan bantuan berupa uang saku sebesar Rp 350 ribu per bulan.

Beasiswa Bergengsi  Politeknik LP3I Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru, Buruan Daftar

Daftar Luar Negeri

OTS Belanda

Diselenggarakan oleh pemerintah Belanda, Orange Tulip Scholarship (OTS) merupakan program  beasiswa yang menawarkan kesempatan bagi para lulusan SMK sederajat untuk melanjutkan pendidikan di negara kincir angin tersebut.

Dalam program ini, para kandidat penerima beasiswa bisa memilih sendiri universitas yang ingin dituju dengan masing – masing jurusan yang tersedia, dan pastinya semua biaya perkuliahan akan ditanggung penuh hingga lulus.

Tidak hanya itu, beasiswa OTS juga memberikan manfaat berupa biaya visa hingga asuransi kesehatan selama menjalani masa kuliah.

Beasiswa Monbukagakkusho

Program beasiswa ini cukup populer di kalangan pelajar SMK, pasalnya beasiswa Monbukagakkusho secara eksklusif hadir untuk mewujudkan impian para lulusan SMK sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi di Jepang.

Ini merupakan program beasiswa penuh / fully funded yang mencakup dana kuliah, biaya hidup, tunjangan transportasi, asuransi kesehatan, dan masih banyak manfaat lainnya.

Beasiswa KGSP

Beasiswa fully funded KGSP juga bisa menjadi referensi bagi lulusan SMK sederajat yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di Korea Selatan, tentunya dengan banyak keuntungan yang bisa didapat selain bisa hidup di negeri asal Kpop juga tersedia biaya kuliah penuh, tunjangan uang saku, tiket pesawat, gratis biaya kursus bahasa Korea, asuransi kesehatan, serta akomodasi selama kuliah.

Itulah beberapa program beasiswa yang bisa diambil oleh para lulusan SMK sederajat, anda bisa mempersiapkan diri sedini mungkin agar bisa lolos menjadi penerima dari salah satu program tersebut. Semoga bermanfaat.

One comment

  1. Saya mau melanjutkan pendidikan saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *