Beasiswa Asa Jingga, Program BEM FISIP UB dari Mahasiswa untuk Mahasiswa! Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Beasiswa Asa Jingga, Program BEM FISIP UB dari Mahasiswa untuk Mahasiswa! Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Jika selama ini bantuan dana pendidikan atau beasiswa selalu berasal dari pihak seperti kampus, perusahaan, atau instansi pemerintah, namun ada yang unik dalam program yang satu ini karena di Universitas Brawijaya (UB) Malang para mahasiswa sendiri lah yang memberi beasiswa untuk mahasiswa lainnya.

Terdengar unik bukan? Ya, program beasiswa ini dicanangkan oleh BEM FISIP UB yang bertujuan untuk meringankan beban mahasiswa lainnya melalui bantuan yang diberinama Beasiswa Asa Jingga.

Dirjen Kesra Kementerian Advokesma BEM FISIP UB, Syafira Hikmahtur, menuturkan bahwa Beasiswa Asa Jingga merupakan program beasiswa yang diselenggarakan dari, untuk, dan oleh mahasiswa FISIP sehingga nantinya dana bantuan beasiswa yang diberikan berasal dari sistem penggalangan dana berupa donasi oleh para mahasiswa di FISIP kepada mahasiswa FISIP lainnya. Adapun untuk kategori donatur dalam program Beasiswa Asa Jingga sendiri terdapat 2 kategori, yakni donator tetap dan donatur sukarela.

Syafira menjelaskan, donatur tetap dalam program Beasiswa Asa Jingga tidak diharuskan untuk selalu memberikan donasi dalam setiap acara, melainkan lebih merujuk pada nominal dari donasinya itu sendiri, misalnya sejumlah Rp 50.000 atau lebih besar. Sedangkan pada donatur sukarela lebih dibebaskan untuk memberi bantuan berapapun sesuai dengan keinginan dari mahasiswa donatur tersebut.

Persyaratan Beasiswa

Dalam keterangannya, Syafira menyebut bahwa dalam program Beasiswa Asa Jingga terdapat sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para calon penerima beasiswa, dan berikut di antaranya.

  • Mendaftarkan diri secara online di sini
  • Mengirimkan esai dan motivation letter melalui email ke advokesmafisip2022@gmail.com
  • Pemberkasan administratif dapat diakses melalui bit.ly/PersyaratandanAlurBeasiswaAsaJingga2022.

Benefit Beasiswa

Meski dana bantuan berasal dari para donatur yang merupakan mahasiswa Fisip UB sendiri, namun jumlah bantuan yang diberikan juga tak main – main. Berikut adalah manfaat atau benefit yang bisa diperoleh para penerima Beasiswa Asa Jingga.

  • Bantuan uang tunai senilai Rp 1.500.000
  • Sertifikat
  • Fasilitas pendukung kuliah lainnya.
Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan Akhirnya Kembali dibuka, Dapat Rp 2,5 Juta Per Bulan

Demikian lah info Beasiswa Asa Jingga dari BEM FISIP UB yang sedang membuka pendaftarannya. Bagi anda yang tertarik maka segera lah daftarkan diri anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *