Resmi Dibuka, Carsome Academy Indonesia Siap Berikan Pelatihan dan Beasiswa

Carsome secara resmi telah membuka lembaga pelatihan bersertifikat yang berorientasi pada industri di Indonesia, bertajuk Carsome Academy. Platihan Carsome Academy ini juga akan memberi jaminan kerja bagi para pemegang sertifikat di seluruh operasi Carsome yang ada di Indonesia. Adapun kurikulum pelatihan yang diberikan nantinya akan menggabungkan antara pelatihan pendidikan dan disertai dengan keterampilan teknis yang menerapkan rasio 70:30 berdasarkan pelatihan industri dan praktik teori secara hybrid.

Kepala Seksi Perizinan Lembaga Kementerian Ketenagakerjaan RI, Moh. Saeful Hasan, mengatakan bahwa pelatihan ini diharapkan bisa menjadi solusi dalam menjawab isu mengenai ketenagakerjaan menyusul tingginya kemampuan daya serap lapangan kerja pada sektor otomotif di Indonesia.

Ia mengatakan bahwa melalui pemberian program upskilling dan reskilling bagi para generasi muda calon tenaga kerja, terutama di tingkat umum atau vokasi, menjadi salah satu strategi utama dalam memberdayakan mereka, tujuannya tentu saja untuk menyukseskan implementasi industri 4.0.

Lebih lanjut, Saeful menungkapkan bahwa dalam dua tahun terakhir ini sektor ketenagakerjaan sangat terdampak oleh pandemi Covid-19, hal itu juga yang telah mempengaruhi capaian sasaran nasional termasuk dalam meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerjanya.

Karna alasan itulah maka pihaknya turut menyambut baik dengan kehadiran Carsome Academy yang sekaligus juga turut mendukung agenda nasional dalam menyiapkan tenaga yang siap kerja melalui adanya Diklat Kejuruan Teknis (TVET), terutama untuk bidang inspeksi kendaraan.

Dalam kesempatan yang sama, Co-Founder Carsome dan CEO Carsome Academy, Jiun Ee Teoh, juga menjelaskan bahwa Carsome sebagai platform e-commerce mobil bekas telah berkomitmen untuk dapat mendorong laju pertumbuhan industri mobil bekas yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu maka sangat penting bagi para tenaga kerja agar dapat meningkatkan kompetensi yang dimilikinya, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui Carsome Academy yang akan menciptakan tenaga kerja tersertifikasi dan terampil dengan dukungan para tenaga ahli yang berpengalaman baik di tingkat regional maupun global.

Beasiswa Bergengsi  Beri Beasiswa, Menkes Mengharapkan Lahirnya Ilmuwan dan Praktisi Farmasi di Indonesia

Sebagaimana diketahui, Carsome Academy merupakan lembaga yang memberikan pelatihan kepada para lulusan SMA / SMK / sederajat yang berusia minimal 18 tahun agar bisa menjadi inspektur kendaraan andal dengan keterampilan yang bertaraf internasional dan siap bersaing.

CEO Carsome Indonesia, Andrew Mawikere, menjelaskan bahwa para lulusan Carsome Academy nantinya akan dibekali dengan pendidikan teknis dengan masa belajar selama 3 bulan melalui modul yang diberikan secara hybrid, serta enam bulan pelatihan praktik di Carsome.

Dalam upaya mempersiapkan para lulusan inspektur kendaraan yang siap bersaing di dunia industri otomotif, para peserta juga akan dibekali dengan teori dan pengalaman praktik sesuai dengan standarisasi dan kualifikasi profesional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *