Siapkan 250 Beasiswa Kuliah S1 di ITB dan PTN Khusus untuk Siswa SMA Sederajat

Siapkan 250 Beasiswa Kuliah S1 di ITB dan PTN Khusus untuk Siswa SMA Sederajat

Sebagai salah satu lembaga amil zakat, LAZ Rumah Amal Salman juga turut memberikan kontribusinya terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Seperti kali ini, Rumah Amal Salman kembali menghadirkan program bertajuk Beasiswa Perintis tahun ajaran 2023/2024, ini merupakan program bantuan pendidikan yang ditujukan bagi 250 pelajar dari seluruh Indonesia.

Hal tersebut sesuai dengan keterangan dari Ketua Program Beasiswa Perintis, Rian Fiqraini, yang menjelaskan bahwa Beasiswa Perintis merupakan program berupa bimbingan bagi para pelajar dalam persiapan masuk ITB atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya, terutama bagi siswa siswi di kelas XII SMA / SMK / MA sederajat di seluruh Indonesia.

Pemilihan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai prioritas tujuan utama dalam program ini adalah karena ini merupakan kampus impian bagi hampir seluruh pelajar di Indonesia, khususnya bagi siapa saja yang ingin melanjutkan studi di bidang teknik dan sains.

Adapun manfaat yang diberikan dalam program beasiswa ini antara lain berupa bantuan biaya kuliah dan biaya hidup selama 4 tahun atau selama masa kuliah, dengan tujuan untuk melahirkan calon – calon leading figure di masa depan.

Dalam penjelasannya, Rian menyebut bahwa Beasiswa Perintis telah diadakan sejak tahun 2021 dan kali ini merupakan pertama kalinya program Beasiswa Perintis dibuka secara nasional. Adapun tujuan dari dibukanya akses secara nasional adalah untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada para siswa yang berasal dari luar Jawa agar turut dapat merasakan manfaat dari beasiswa ini.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Rumah Amal Salman, Agis Nurholis, turut menjelaskan bahwa program Beasiswa Perintis merupakan salah satu bentuk upaya nyata dari Rumah Amal Salman dalam memutus rantai kemiskinan melalui bidang pendidikan. Menurutnya, sampai saat ini pihaknya telah memberikan manfaat pada lebih dari 1.500 pelajar dari berbagai daerah yang menjadi penerima beasiswa perintis.

Beasiswa Bergengsi  Pendaftaran Microcredential Bidang Literasi Masih Dibuka, Beasiswa Guru PAUD dan SD di Columbia University

Lebih lanjut lagi, Agis juga mengharapkan agar kedepannya akan semakin banyak lagi jumlah donatur atau pihak yang turut serta dalam mendukung terlaksananya program Beasiswa Perintis bagi para pelajar di seluruh pelosok Indonesia. Sebagaimana diketahui, Beasiswa Perintis adalah salah satu program unggulan dari Rumah Amal Salman yang mendapatkan sumber dana dari zakat para donatur yang dititipkan ke Rumah Amal Salman.

Adapun manfaat yang bisa diperoleh para peserta Beasiswa Perintis TA 2023/2024 tidak hanya berupa dana bantuan biaya kuliah dan biaya hidup saja, tetapi juga termasuk pemberian kegiatan berupa pengembangan diri, pelatihan, training motivasi, hingga tes bakat. Selain itu, para penerima beasiswa perintis juga bisa menjalin relasi dengan para peserta lainnya se-Indonesia, termasuk bimbingan intensif dalam persiapan UTBK.

Persyaratan Beasiswa Perintis

Dilansir dari laman resmi LAZ Rumah Amal Salman, berikut ini adalah beberapa syarat yang wajib dipenuhi oleh para pendaftar dalam program beasiswa perintis.

  • Pelajar di tingkat SMA / SMK / MA sederajat yang sedang menempuh pendidikan di kelas XII atau alumni gapyear 2021 – 2022
  • Memiliki SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) atau KIP (Kartu Indonesia Pintar)
  • Memiliki tekad yang besar untuk melanjutkan pendidikan dan menargetkan ITB sebagai pilihan utama melalui jalur masuk SNBP, SNBT, atau UM
  • Mengikuti akun IG @rumahamalsalman dan @beasiswaperintis, serta membagikan unggahan mengenai Beasiswa Perintis ke Ig Story masing – masing dengan menyebut 5 akun teman lainnya.

Demikian lah beberapa informasi beasiswa terbaru dari LAZ Rumah Amal Salman. Bagi anda yang merasa mampu memenuhi semua syarat di atas, serta tertarik dan ingin mencobanya maka segera lah daftarkan diri anda para program penerimaan Beasiswa Perintis TA 2023/2024.

Beasiswa Bergengsi  Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Psikologi

Adapun untuk pendaftarannya hanya dapat dilakukan secara online melalui link https://beasiswaperintis.id, dan pastikan anda telah terdaftar dengan sukses sebelum tanggal 30 November 2022.

Untuk info lengkap lainnya terkait Beasiswa Perintis dari Rumah Amal Salman dapat diakses melallui laman resmi Instagram di @beasiswaperintis atau @rumahamalsalman. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *