Jadwal dan Syarat Beasiswa Rotary Yoneyama 2023

Jadwal dan Syarat Beasiswa Rotary Yoneyama 2023

Kabar gembira bagi anda khususnya yang memimpikan untuk berkuliah di Jepang, karena kali ini program beasiswa Rotary Yoneyama Jepang kembali dibuka untuk tahun akademik 2023. Ini merupakan kesempatan yang dinanti – nantikan oleh banyak kalangan pelajar dan calon mahasiswa yang ingin bisa menempuh studi jenjang sarjana maupun pascasarjana di Jepang.

Dilansir dari laman resminya, para peserta beasiswa Rotary Yoneyama diwajibkan untuk memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jepang JLPT N4 serta harus sudah mendaftarkan diri terlebih dahulu ke perguruan tinggi yang dituju sebelum mengajukan beasiswa.

Sedangkan bagi pendaftar di jenjang pascasarjana diwajibkan untuk menyertakan surat rekomendasi dari pihak kampus tujuan, baik dosen pembimbing atau sekelas profesor.

Jadwal Seleksi Beasiswa

Berikut ini adalah jadwal seleksi program beasiswa Rotary Yoneyama 2023 yang wajib diketahui.

  • Khusus pendaftaran tahun ajaran bulan April dan musim gugur (bulan September – Oktober 2023) dimulai 1 sampai 31 Oktober 2022
  • Pengumuman hasil seleksi pada pertengahan bulan Maret 2023.

Perlu diketahui, hasil seleksi program beasiswa Rotary Yoneyama akan diinfokan melalui email dengan surat penerimaan baru yang akan diberikan pada sekitar akhir bulan Maret 2023. Pada kasus tertentu di mana calon penerima beasiswa ditolak ketika mendaftar ke universitas, maka yang bersangkutan otomatis dinyatakan gagal menjadi penerima beasiswa.

Benefit Beasiswa

Sebagaimana diketahui, khusus bagi pendaftar beasiswa di bulan April Tahun Ajaran 2023, maka dana beasiswa akan mulai diberikan tepat satu tahun setelahnya atau sekitar bulan April tahun depan. Sementara, khusus bagi pendaftar di musim gugur Tahun Ajaran 2023, maka beasiswa akan mulai diberikan pada bulan Oktober / September 2023. Berikut ini adalah besaran beasiswa yang akan diberikan untuk jenjang S1 – S3.

  • Jenjang S1: sebesar 100 ribu yen atau sekitar Rp 10.4 juta per bulan
  • Jenjang S2 sebesar 140 ribu yen atau sekitar Rp 14.5 juta per bulan
  • Jenjang S3 sebesar 140 ribu yen atau sekitar Rp 14.5 juta per bulan.
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa UTBK Plus 2023 Dibuka, Kesempatan bagi Lulusan SMA SMK MA untuk Kuliah S1 Gratis di Telkom University

Tidak hanya biaya pendidikan saja, beasiswa  Rotary Yoneyama juga turut memberikan tunjangan berupa biaya keberangkatan menuju ke Jepang dengan jumlah sebesar 250 ribu yen atau sekitar Rp 26 juta. Adapun peserta yang berhasil lulus diwajibkan untuk menyerahkan semua tanda terima yang relevan.

Namun, untuk penggantian biaya tiket pesawat hanya berlaku untuk kelas ekonomi saja dengan kedatangan di Jepang sebelum waktu yang ditentukan. Sedangkan jika peserta belum juga  tiba sampai hingga masa perkuliahan dimulai, maka dinyatakan gagal sebagai penerima beasiswa. Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat langsung melalui laman http://www.rotary-yoneyama.or.jp/english/overseas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *