Pemkab Bogor Buka Pendaftaran Beasiswa Pancakarsa, Ini Berkas Persyaratan yang Harus Disiapkan

Pemkab Bogor Buka Pendaftaran Beasiswa Pancakarsa, Ini Berkas Persyaratan yang Harus Disiapkan

Dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Bogor akan segera membuka program beasiswa Pancakarsa 2022, ini merupakan program bantuan pembiayaan pendidikan yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa jenjang S1 berusia antara 16 – 30 tahun dan berasal dari Kabupaten Bogor.

Adapun program beasiswa ini terbuka untuk para mahasiswa aktiv yang tengah menempuh kuliah di 67 universitas mitra Pemkab Bogor, di antara ada IPB University, Universitas Pakuan, dan masih banyak lagi perguruan tinggi mitra lainnya.

Sebagaimana diketahui, beasiswa Pancakarsa merupakan program dari Pemkab Bogor yang akan memberikan bantuan pembiayaan pendidikan bagi mahasiswa S1 hingga lulus kuliah dengan maksimal 8 semester. Mahasiswa yang berhasil lolos dalam seleksi nantinya diwajibkan untuk rutin melaporkan hasil prestasi akademik dengan minimal IPK 3.5 tiap semesternya, termasuk melaporkan penggunaan dana yang telah diterima kepada Pemkab Bogor.

Adapun besaran bantuan dana pendidikan yang diberikan dalam program beasiswa ini akan disesuaikan dengan besaran UKT di perguruan tinggi masing – masing peserta, namun dengan batas maksimal sebesar Rp 10 juta per semesternya.

Sebagai informasi, pada tahun sebelumnya program beasiswa Pancakarsa digelar dengan 1.200 kuota beasiswa yang menargetkan kalangan mahasiswa berprestasi. Sementara untuk tahun ini, proses seleksi akan kembali dibuka dalam 2 tahap, yakni seleksi administrasi dan seleksi prestasi.

Dikutip dari laman resminya, seleksi administrasi akan dilakukan berdasarkan kelengkapan berkas yang diunggah oleh para pendaftar. Sedangkan untuk seleksi prestasi akan dilaksanakan sesuai dengan prestasi yang dimiliki peserta menurut ketetapan kuantifikasi yang ditentukan panitia.

Dengan kata lain, semakin banyak prestasi yang dimiliki oleh pendaftar maka semakin besar pula nilai yang didapatnya dan tentunya semakin membuka lebar peluang untuk bisa lolos dalam seleksi ini.

Persyaratan Dokumen

Berikut adalah beberapa persyaratan dokumen yang harus disiapkan oleh pendaftar dalam program Beasiswa Pancakarsa 2022.

  • KTP / KIA
  • Fotokopi akta kelahiran
  • Formulir pendaftaran online
  • Pasfoto 4 x 6 berwarna
  • Kartu keluarga atau surat keterangan domisili.
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Kaltim Tuntas 2022

Persyaratan Khusus Mahasiswa Baru

Selain semua persyaratan dokumen seperti yang telah disebutkan di atas, sejumlah persyaratan dokumen juga diperlukan khusus untuk mahasiswa baru dan berikut di antaranya.

  • SKHUN / Ijazah terakhir
  • Surat permohonan beasiswa yang diketahui oleh pihak sekolah
  • Keterangan lulus SNMPTN / SBMPTN dan / atau surat yang menyatakan telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (khusus pendaftar PTN)
  • Surat pernyataan tidak akan atau sedang menerima beasiswa dari pihak lainnya.

Persyaratan Khusus Mahasiswa On Going

Berbeda dengan persyaratan khusus yang ditujukan untuk pendaftar dari mahasiswa baru, berikut adalah beberapa persyaratan khusus untuk mahasiswa berstatus on going yang ingin mendaftar program beasiswa Pancakarsa 2022.

  • Surat keterangan masih aktif kuliah yang diterbitkan oleh pihak kampus
  • Transkrip nilai pada semester terakhir
  • Surat pernyataan tidak akan atau sedang menerima beasiswa dari pihak lainnya.

Syarat Pendukung Lainnya

Sebagai pendukung dari persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak panitia penyelenggara, berikut ini adalah beberapa syarat pendukung lainnya yang bisa menambah poin penilaian dalam seleksi penerimaan beasiswa Pancakarsa 2022.

  • Lulus SMA / SMK / MA sederajat dengan peringkat 1 – 3 di sekolah yang dibuktikan melalui surat keterangan prestasi akademik dengan ditandatangani oleh kepala satuan pendidikan
  • Memiliki prestasi di bidang keagamaan seperti tahfidz Al Quran minimal 5 juz yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat tahfidz dari pondok pesantren, satuan pendidikan, lembaga pendidikan lainnya, atau hasil dari tim panitia seleksi
  • Memiliki prestasi di bidang kesenian dengan menjuarai peringkat 1, minimal di tingkat kabupaten yang dibuktikan melalui piagam penghargaan
  • Memiliki prestasi di bidang olahraga dengan menjuarai peringkat 1, minimal di tingkat kabupaten yang dibuktikan melalui piagam penghargaan
  • Memiliki prestasi di bidang kepemudaan dengan menjuarai peringkat 1, minimal di tingkat kabupaten yang dibuktikan melalui piagam penghargaan
  • Memiliki prestasi di bidang kesukarelawanan yang dibuktikan dengan dokumen resmi instansi baik dalam maupun luar negeri
  • Memiliki prestasi akademik di kampus maksimal semester 7 dengan IPK terakhir minimal 3.5.
Beasiswa Bergengsi  Summer Science Program 2022, Program Kerjasama FKP Unud dan KGU Jepang

Demikian lah informasi mengenai program beasiswa Pancakarsa 2022 yang akan segera dibuka pendaftarannya oleh Pemkab Bogor, pastikan anda tidak menyia – nyiakan kesempatan yang satu ini.

Bagi anda yang memenuhi semua persyaratan umum maupun khusus sebagaimana yang telah disebutkan di atas, maka anda bisa langsung mendaftarkan diri secara online di sini. Untuk info selengkapnya, anda bisa mengunjungi langsung laman resmi Pemkab Bogor atau melalui akun media sosial resminya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *