Pemkot Palu Buka Pendaftaran Beasiswa Untuk Pelajar dan Mahasiswa, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Pemkot Palu Buka Pendaftaran Beasiswa Untuk Pelajar dan Mahasiswa, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Pemerintah Kota Palu kembali membuka program beasiswa bagi mahasiswa dan para lulusan SMA / SMK / MA Sederajat yang ingin meneruskan pendidikan di jenjang Sarjana (S1). Hal ini sesuai dengan keputusan yang sempat disampaikan oleh Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, yang menjelaskan tentang program pemkot Palu di sektor pendidikan melalui pemberian beasiswa kepada kalangan pelajar kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan kuliah ke perguruan tinggi.

Ia menjelaskan bahwa program beasiswa kali ini merupakan wujud upaya dari Pemkot Palu untuk memberikan perhatian lebih kepada para pelajar untuk tidak putus sekolah, terutama bagi pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Tidak hanya menyelenggarakan program beasiswa saja, Hadianto pun mengungkapkan bahwa pihaknya kini tengah menyiapkan program pengiriman tenaga kerja ke luar negeri. Bahkan ia menyebut setidaknya ada 150 orang saat ini yang tengah dalam proses penguatan bahasa dan budaya Jepang di Jakarta, untuk kemudian siap diberangkatkan ke negara tujuan pada bulan maret mendatang.

Pihaknya juga rencananya akan kembali membuka program pengiriman tenaga kerja ke jepang untuk tahap kedua jika pengiriman tahap pertama telah berhasil dilakukan. Dengan kata lain, pemkot Palu kini membuka kesempatan bagi para lulusan sekolah untuk menentukan bekerja ke luar negeri atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Nah, bagi anda yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang kuliah, pastikan anda menyimak dengan baik persyaratan dan cara daftar beasiswa pemkot Palu di bawah ini.

Persyaratan Beasiswa

Sesuai dengan surat keputusan Pemkot Palu, berikut adalah beberapa syarat beasiswa yang wajib dipenuhi oleh para kandidat.

  • Terdaftar sebagai warga kota Palu dengan dibuktikan melalui kepemilikan KTP Kota Palu
  • Membuat surat permohonan beasiswa yang ditujukan kepada Wali Kota Palu
  • Menyertakan sejumlah surat keterangan seperti berikut:
Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Prestasi Kita, Kesempatan Mendapat Beasiswa dan Kelas Eksklusif bagi Pelajar - Mahasiswa

Surat keterangan terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Sosial Kota Palu

Surat keterangan ekonomi lemah yang dibuat lurah / kepala desa setempat

Surat keterangan lulus tes masuk perguruan tinggi (bagi lulusan SMA / SMK / MA Sederajat)

Surat pernyataan siap mengembalikan bantuan yang tidak digunakan

  • Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) sendiri sesuai dengan kebutuhan biaya selama kuliah
  • Tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari pihak lainnya.

Cara Pendaftaran Beasiswa

Bagi anda yang memenuhi semua persyaratan di atas dan tertarik untuk mencoba program beasiswa ini, maka segeralah daftarkan diri anda dengan mengumpulkan semua berkas dan data diri untuk dibawa langsung ke bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Kota Palu yang buka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 Wita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *