Pemerintah Amerika Serikat Buka Program Pertukaran Mahasiswa

Pemerintah Amerika Serikat Buka Program Pertukaran Mahasiswa, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Melalui Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negerinya, Amerika Serikat kembali mengadakan program Global UGRAD. Ini merupakan program pertukaran mahasiswa yang terbuka bagi seluruh mahasiswa Indonesia yang berkeinginan untuk belajar selama 1 semester di beberapa perguruan tinggi terbaik di Amerika Serikat dengan studi akademik non-gelar yang bertujuan untuk memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa asal Indonesia yang belum sempat datang dan berkuliah di AS.

Melansir dari laman resmi American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program ini akan mendapatkan berbagai materi akademik dan non akademik, jadi tidak hanya berkesempatan mengikuti kegiatan belajar secara formal dari dalam kampusnya melainkan juga bisa mempelajari beragam karakteristik sosial budaya masyarakat yang ada di sana.

Dengan kata lain, program pertukaran mahasiswa dari amerika serikat kali ini tidak hanya akan memberikan anda pendidikan secara formal saja, tetapi juga pengalaman baru yang mungkin akan sangat jarang anda dapatkan dalam seumur hidup anda.

Adapun mata kuliah yang bisa diambil nantinya akan disesuaikan dengan jenis kurikulum yang berlaku sesuai jurusan universitas asal dari mahasiswa itu sendiri. Namun, terdapat satu mata kuliah khusus yang mempelajari studi tentang Amerika Serikat yang wajib diambil untuk meningkatkan pengetahuan peserta mengenai AS itu sendiri dengan jumlah 3 sks.

Menariknya, mahasiswa yang berhasil lolos dalam program ini akan memperoleh banyak fasilitas seperti tiket kepergian dan kepulangan Indonesia – AS, asrama selama periode kuliah, biaya makan, biaya kuliah, asuransi jiwa, uang tunjangan bulanan, hingga biaya untuk fasilitas buku dan materi penunjang kuliah lainnya.

Syarat Beasiswa

Berikut adalah beberapa persyaratan program Pertukaran Mahasiswa ke Amerika Serikat yang wajib dipenuhi peserta sebelum menjadi mahasiswa global UGRAD.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Mahasiswa aktif program sarjana S1 / D4 di Indonesia yang telah menyelesaikan minimal 1 semester dan setidaknya 1 semester lagi untuk diselesaikan setelah kembali dari program pertukaran mahasiswa AS (mahasiswa semester 3 – 5 diutamakan)
  • Memiliki potensi kepemimpinan dalam karya akademis, terlibat dalam masyarakat, dan aktif di kegiatan ekstrakurikuler
  • Menguasai bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan yang dibuktikan dengan raihan skor TOEFL ITP atau TOEFL Prediction minimal 500 atau iBT 48 kurang dari dua tahun terakhir
  • Berkomitmen untuk segera kembali ke Indonesia pasca program selesai.
Beasiswa Bergengsi  Diaspora Future Leaders Scholarship 2022, Beasiswa Dengan 4 Program Pilihan

Selain semua syarat di atas, ada jumlah kriteria lainnya yang harus dimiliki oleh mahasiswa pendaftar program Global UGRAD dan berikut di antaranya.

  • Warga negara AS atau penduduk tetap AS yang sedang belajar, tinggal, atau bekerja di luar Indonesia
  • Karyawan lokal AS yang bekerja untuk Departemen Luar Negeri AS atau Badan Pembangunan Internasional AS (USAID).

Jadwal dan Cara Daftar Beasiswa

Berikut adalah jadwal dan cara daftar program beasiswa Global UGRAD yang wajib anda ketahui.

  • Pendaftaran program Global UGRAD secara online hingga 31 Desember 2022
  • Pengisian data secara online melalui situs resmi yang telah disediakan
  • Wajib datang untuk melengkapi surat referensi sebagai persyaratan pengajuan yang dibuat dalam bahasa Inggris, terdiri atas 2 surat referensi (1 dari dosen jurusan studi, 1 dari dosen lain, pemberi kerja, pelatih, atau pengawas pekerjaan masyarakat), Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Laporan / transkrip nilai dari kampus yang dibuat dalam format bahasa Indonesia dan Inggris.

Itulah beberapa informasi mengenai program pertukaran Mahasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah amerika serikat baru – baru ini.

Bagi anda yang merasa sanggup memenuhi semua persyaratan di atas dan merasa tertarik dengan program ini, maka anda bisa segera mendaftarkan diri secepatnya dengan mengirimkan email dan lampiran scan skor TOEFL ITP atau Prediksi TOEFL ke alamat infofulbright_ind@aminef.or.id. Untuk info lainnya bisa anda konsultasikan langsung melalui email ke alamat info.scholarship@aminef.or.id agar anda tidak ketinggalan update info terbaru dari program kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *