Situs dan Aplikasi Menyusun Daftar Pustaka Online

Situs dan Aplikasi Menyusun Daftar Pustaka Online

Biasanya dalam buku dan artikel jurnal internasional ada banyak format penulisan daftar pustaka, jadi untuk menghafal susunannya tentu sangat sulit. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa situs daftar pustaka online yang akan memudahkan kita untuk menulis daftar pustaka dan kutipan dalam teks.

Situs dan Aplikasi Membuat Daftar Pustaka Online

Jika anda sedang mencari APK dan situs pembuat daftar pustaka online untuk penulisan karya ilmiah, tesis, jurnal dan lainnya. Nah, berikut ini adalah beberapa daftar alat yang bisa anda gunakan.

Mendeley

Mendeley adalah APK pertama yang bisa anda gunakan untuk membuat kutipan dan daftar pustaka yang bekerja secara online. Aplikasi ini tersedia dalam versi web dan desktop yang kompatibel dengan Windows dan Macintosh.

Aplikasi ini juga memiliki plugin agar bisa terhubung dengan Microsoft Office. Anda juga dapat mengubah jenis kutipannya sesuka hati. Caranya cukup arahkan kursor ke menu References dan pilih Style, maka kutipan dan daftar pustaka akan berubah secara otomatis.

Download Aplikasinya >> Mendeley

Zotero

APK ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi web (online) dan offline. Anda bisa menggunakan web browser dari sejumlah search engine, seperti Apple Safari, Google Chrome, dan Mozilla Firefox. Sedangkan Zotero versi offline sudah terintegrasi dengan NeoOffice, Apache OpenOffice, dan LibreOffice.

Cara instalasi APK Zotero, anda hanya perlu mendownloadnya terlebih dahulu dan menyelesaikan proses registrasi, kemudian install plugin tersebut di Microsoft Office agar Microsoft Word anda bisa terhubung dengan Zotero. Selain itu, anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melihat video, berita, musik, dan film.

Beasiswa Bergengsi  Aplikasi Penghasil Uang Yang Terdaftar Resmi di Pemerintah

Download Aplikasinya >> Zotero

EndNote

Aplikasi EndNote akan membantu anda untuk mengimpor referensi dari database mesin pencari. Jadi, anda juga bisa membuat perpustakaan file referensi pribadi, dan menghubungkan ke tulisan anda. Hal ini tentunya akan memudahkan anda dalam memilih referensi yang akan anda kutip.

Selain memiliki segudang gaya kutipan untuk setiap jurnal, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk membuat beberapa daftar pustaka sekaligus untuk setiap hasil tulisan. Bahkan, daftar pustaka online yang telah diunduh dapat ditautkan ke dokumen dengan mudah.

Silahkan Kunjungi situsnya >> EndNote

Citation Machine

Dengan situs ini, anda bisa mencari judul buku atau artikel yang akan anda gunakan. Jika sumber yang anda inginkan terdaftar, maka APK ini akan memproses data dan menampilkannya dalam format yang anda inginkan. Namun, karena situs ini bersifat internasional, anda harus memasukkan data sendiri terkait sumber yang anda gunakan, seperti sumber berbahasa Indonesia.

Setelah memasukkan data, situs ini akan menyusun daftar pustaka dengan format apapun yang anda inginkan. Jadi, anda tidak perlu repot mencari urutan dan tanda baca yang digunakan, karena anda tinggal copy-paste daftar pustaka yang telah disusun.

Silahkan Kunjungi situsnya >> Citation Machine

Cite This For Me

Situs ini dapat membantu anda untuk mengunduh kutipan ke dalam database referensi di Microsoft Word. Jadi anda tidak perlu lagi bolak – balik copy paste referansi, karena sudah tersimpan di Word dan bisa digunakan kapan saja. Cite This For Me juga menyediakan berbagai pilihan sumber untuk dikutip, mulai dari DVD, hingga podcast dan presentasi.

Anda dapat menggunakan situs Cite This For Me untuk keperluan pembuatan daftar pustaka online dengan cepat. Cara menggunakannya juga cukup mudah, anda tinggal mengunjungi situs resminya, lalu pilih menu Harvard, APA, MLA dan lain sebagainya.

Beasiswa Bergengsi  Aplikasi Beasiswa Terbaik Untuk Mendapatkan Biaya Kuliah Gratis

Silahkan Kunjungi situsnya >> Cite This For Me

Leave a Reply

Your email address will not be published.