Daftar Beasiswa Jalur Rapor 2022 Gratis

Pelajar Wajib Coba, Ini 4 Daftar Beasiswa Jalur Rapor 2022 Gratis

Ada cukup banyak program beasiswa yang bisa ditemukan saat ini, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Setiap beasiswa juga menetapkan kriteria dengan persyaratannya masing – masing, termasuk dengan target penerima beasiswanya itu sendiri.

Misalnya saja seperti beasiswa prestasi, ini menjadi program bantuan pendidikan yang khusus diperuntukkan bagi siswa siswi dengan prestasi akademik yang pernah dicapainya, selain itu ada juga beasiswa 3T yang secara teknis hanya ditujukan bagi siswa siswi yang tinggal di daerah 3T (terluar, tertinggal, terdepan).

Kategori atau jenis beasiswa seperti itu pada dasarnya ditujukan agar pihak penyelenggara beasiswa bisa lebih memfokuskan target pemberian bantuannya, termasuk untuk menyaring para pendaftar dalam proses seleksinya. Uniknya, ada juga beasiswa yang menitik beratkan pada raihan nilai yang pernah didapat oleh para calon penerimanya, seperti misalnya pada beasiswa jalur rapor.

Beasiswa Jalur Rapor 2022

Seperti namanya, beasiswa jalur rapor merupakan program bantuan pendidikan yang menetapkan nilai rapor sebagai indikator utama dalam menentukan lolos atau tidaknya pendaftar dalam proses seleksi penerimaan beasiswa tersebut.

Adapun nilai rapor yang umumnya menjadi bahan pertimbangan adalah nilai rapor kelas X hingga XII. Namun demikian tak menutup kemungkinan juga bila pihak penyelenggara beasiswa turut menetapkan persyaratan pendukung lainnya.

Nah, bagi anda yang merasa selalu mendapatkan nilai rapor yang bagus selama sekolah dan tertantang untuk mencoba beasiswa jalur rapor, berikut kami sajikan beberapa daftar beasiswa jalur rapor 2022 gratis yang bisa anda coba.

Beasiswa Utusan Daerah

Beasiswa Utusan Daerah (BUD) menjadi salah satu program beasiswa paling populer di kalangan pelajar, ini adalah jalur penerimaan mahasiswa baru (Maba) di Program Sarjana IPB yang dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan, maupun lembaga swasta lainnya.

Beasiswa Bergengsi  Daftar Universitas Korea Yang Menyediakan Beasiswa

BUD menjadi salah satu jalur registrasi untuk masuk di IPB, adapun peserta yang lolos nantinya berhak untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan meliputi biaya registrasi, asuransi, asrama, biaya perjalanan, hingga biaya penunjang kuliah lainnya.

Perlu diketahui, nilai rapor yang wajib dipertahankan adalah nilai di mata pelajaran Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia dengan nilai minimal 7. Selain itu, anda juga harus mengantongi surat referensi dari sekolah dan pemerintah daerah. Sebagaimana tujuan awal dari beasiswa ini, BUD mengharuskan setiap penerima beasiswanya untuk kembali ke daerah asal guna melakukan pembangunan di daerah.

Beasiswa Indonesia Leadership Foundation

Program beasiswa Indonesia Leadership Foundation (ILF) merupakan program bantuan pendidikan yang diperuntukkan khusus bagi pelajar yang beragama Kristen maupun Katolik dan berasal dari keluarga kurang mampu. Dalam beasiswa ini, anda akan memperoleh banyak manfaat, salah satunya adalah pendidikan gratis selama 8 semester.

Namun perlu diketahui juga bahwa penerima beasiswa ILF harus bisa mempertahankan nilai IPK selama berstatus sebagai awarde dalam beasiswa tersebut. Artinya jika anda tidak mampu mempertahankan prestasi akademik atau tidak berhasil lulus dalam 8 semester, maka secara otomatis anda tidak lagi terdaftar sebagai penerima beasiswa ILF dan seluruh biaya kuliah di semester berikutnya harus ditanggung sendiri.

Menariknya, syarat utama dalam seleksi penerimaan beasiswa ini adalah nilai rapor selama di kelas X – XII, serta wajib mengantongi LoA dari kampus yang ingin anda tuju.

Beasiswa APERTI BUMN

Beasiswa jalur rapor 2022 yang berikutnya adalah beasiswa dari Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN yang bekerjasama dengan Telkom University. Program bantuan pendidikan ini merupakan beasiswa penuh yang diperuntukkan khusus bagi siswa siswi yang memiliki nilai rata – rata rapor 75 selama berada di kelas X – XII.

Beasiswa Bergengsi  Bupati Bandung Buka Pendaftaran Beasiswa Kuliah Gratis, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Selain itu, para pendaftar juga diharuskan untuk menyertakan bukti prestasi akademik maupun non akademik yang pernah diraih selama sekolah, ini bisa dibuktikan dari sertifikat maupun piagam kompetisi tertentu. Adapun kandidat yang berhasil lolos dalam semua tahap seleksi penerimaan beasiswanya nanti akan mendapatkan kesempatan untuk menempuh pendidikan di Telkom University.

Beasiswa Kalbis Institut

Yang satu ini merupakan program bantuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidkan Kalbe melalui Kalbe Farma. Seperti pada program beasiswa jalur rapor lainnya, beasiswa Kalbis Institut juga menetapkan rata – rata nilai rapor sebagai syarat utama dalam proses seleksinya.

Namun standar nilai rapor yang ditetapkan juga terbilang cukup tinggi, yakni minimal rata – rata nilai rapor harus di atas 85 yang merupakan nilai akumulasi rata – rata dari semester 1 – 6 selama anda berada di bangku sekolah.

Itulah beberapa program beasiswa jalur rapor 2022 gratis yang bisa anda ikuti, meski nilai rata – rata rapor menjadi sorotan utama dalam penerimaan beasiswanya namun bukan berarti tidak ada syarat lainnya. Jadi, pastikan anda mengetahui secara pasti kriteria yang diminta dari masing – masing program beasiswa tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.