Syarat dan Cara Daftar Beasiswa S2 dan S3 Unusia

Pendaftaran Beasiswa S2 dan S3 Sejarah Kebudayaan Islam Unusia Resmi Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Seperti tahun – tahun sebelumnya, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) kini kembali membuka pendaftaran program beasiswa yang diperuntukkan khusus untuk jenjang Magister (S2) dan Doktoral (S3). Pendaftaran untuk beasiswa kali ini rencananya akan mulai dibuka pada tanggal 24 Agustus hingga 5 September 2022 mendatang. Sedangkan untuk jadwal tes interview akan dilangsungkan selama 8 – 9 September 2022.

Beasiswa ini nantinya akan diberikan dalam bentuk bantuan biaya SPP selama 4 semester untuk program Magister (S2) dan 8 semester khusus untuk program Doktoral (S3).

Wakil Rektor Unusia, Fariz Alnizar, menyebut bahwa beasiswa kali ini merupakan hasil kerjasama Unusia dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Adapun target beasiswanya adalah mahasiswa yang tengah menempuh jenjang S2 dan S3 Sejarah Peradaban Islam yang berkonsentrasi pada Islam Nusantara.

Fariz menjelaskan, tujuan dari beasiswa kali ini adalah untuk menghasilkan para intelektual Muslim yang memiliki pengetahuan dalam peradaban Islam Nusantara yang berbasis pada riset dan metodologi yang kuat dalam upaya transformasi sosial yang humanis religius.

Dekan Fakultas Islam Nusantara, Ahmad Suaedy, menyebut beasiswa ini diperuntukkan khusus untuk mahasiswa di fakultas Islam Nusantara Prodi Sejarah Peradaban Islam Unusia. Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya sedang melakukan riset pada 3 tema besar bekerjasama dengan BRIN, meliputi jaringan intelektual islam tradisional yang ada di Asia Tenggara. Selain itu, pihaknya juga ingin terus melanjutkan riset mengenai Jaringan Spiritual dan Intelektual Islam Jalur Rempah Nusantara.

Alur Pendaftaran

  • Mengisi form pendaftaran secara online melalui link pmb.unusia.ac.id
  • Melakukan pembayaran sebesar Rp 400 ribu khusus untuk program S2 dan Rp 500 ribu khusus untuk program S3
  • Melengkapi berkas yang dibutuhkan, seperti Proposal Tesis khusus untuk S2 dan Proposal Disertasi khusus untuk S3.
Beasiswa Bergengsi  Polteknaker Siapkan Beasiswa Pendidikan 100% Gratis, Pendaftaran Mahasiswa Baru di Buka

Persyaratan Umum

  • Mahasiswa aktif dengan usia maksimal 35 tahun untuk S2 dan 45 tahun untuk S3
  • Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris dengan skor minimal PTE Academic 50, TOEFL iBT 33, TOEIC 400, TOEFL ITP 450, IELTS 5.5 khusus S2, dan TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS 6.0 / TOAFL 500 khusus untuk S3
  • Memiliki sertifikat TPA minimal skor 450 dari lembaga yang telah diakui khusus untuk S2 dan 500 untuk S3.

Semua berkas pendaftaran di atas yang meliputi Proposal, TOEFL dan TPA wajib dikirimkan secara online melalui email ke Scholarship@unusia.ac.id dengan subjek email; Nama_Beasiswa S2/S3.

Demikian lah informasi mengenai beasiswa Unusia 2022 khusus untuk Sejarah Kebudayaan Islam, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.