Kerjasama Unesa dan Pemprov Kaltim, Beasiswa Penuh S1 Hingga Uang Saku

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menandatangani MoU dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) dalam menyiapkan program beasiswa yang diperuntukkan khusus untuk program studi S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB), terutama bagi putra – putri yang berasal dari provinsi Kalimantan Timur.

Sebagaimana diketahui, program beasiswa hasil kerja sama antara Unesa dan Pemprov Kaltim ini telah memasuki tahun ketiganya, adapun salah satu tujuan dari program beasiswa ini adalah untuk meningkatkan kualitas, aksesibilitas, serta layanan pendidikan yang bermutu demi mewujudkan Kaltim yang maju dan unggul. Peserta yang berhasil lolos dalam program beasiswa Unesa – Pemprov Kaltim ini akan dibebaskan dari biaya sumbangan pengembangan institusi (SPI), uang kuliah tunggal (UKT), bahkan disediakan juga uang saku hingga 8 semester atau sekitar empat tahun.

Dalam keterangannya, Ketua Satuan Admisi Unesa Sukarmin menuturkan bahwa beasiswa kerja sama ini merupakan bentuk upaya dari jajaran Pemprov Kaltim melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim dalam mewujudkan daerah yang ramah dan memiliki kualitas terhadap aksesibilitas teman – teman disabilitas pada semua aspeknya.

Ia melanjutkan, program beasiswa hasil kerja sama antara Unesa – Kaltim ini terbuka untuk SPMB atau jalur mandiri. Terdapat banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh mahasiswa yang berhasil lolos dalam proses seleksinya, mulai dari tunjangan pendidikan full hingga uang saku.

Jadwal lengkap proses seleksi beasiswa Unesa – Pemprov Kaltim.

  • Pendaftaran dibuka mulai 4 – 13 Juli 2022
  • Pelaksanaan tes dilakukan pada 16 – 19 Juli 2022
  • Pengumuman hasil seleksi dilakukan pada tanggal 23 Juli 2022
  • Daftar ulang peserta dilaksanakan pada 24 – 27 Juli 2022.
Beasiswa Bergengsi  Kesempatan Kuliah Gratis S1 di Jepang Telah Dibuka, Ini Info Lengkap Beasiswa iUP Kyoto 2023

Persyaratan pendaftaran beasiswa Unesa

Seperti halnya program beasiswa lainnya, terdapat sejumlah persyaratan dan kriteria dari program beasiswa Unesa – Pemprov Kaltim dan berikut di antaranya.

  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (eKTP) dan terdaftar sebagai warga asal Kalimantan Timur
  • Lulusan SMA / SMK / MA / Paket C atau sederajat dari angkatan 2020 – 2022 yang dibuktikan melalui ijazah, atau bisa juga surat keterangan lulus khusus bagi lulusan tahun 2022
  • Peserta wajib mengikuti ujian tulis berbasis komputer dengan materi tes potensi akademik dan soshum secara online
  • Peserta hanya diperbolehkan memilih prodi S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB).

Demikian beberapa informasi mengenai beasiswa kerjasama antara Unesa dan Pemprov Kaltim 2022, bagi anda para calon mahasiswa yang tertarik untuk mendaftarnya maka pastikan anda juga mengikuti informasi lebih lanjutnya melalui laman resmi di https://sipenmaru.unesa.ac.id/. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *