Pilihan Beasiswa Kedokteran di Indonesia

Fakultas kedokteran selalu menjadi salah satu yang paling favorit di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia dimana jurusan yang satu ini selalu dipandang sebagai yang paling elit dan diisi oleh para orang – orang berduit. Fenomena seperti ini memang tak mengherankan, pasalnya anggaran biaya kuliah yang dibutuhkan oleh seorang mahasiswa kedokteran terbilang sangat besar, bahkan jika di rata – rata maka bisa berkisar di atas 150 juta dan bisa berkali-kali lipat jika dihitung sampai dengan kelulusan.

Hal inilah yang selalu membatasi banyak orang ketika hendak mengambil kuliah di jurusan kedokteran, dengan demikian salah satu cara yang bisa ditempuh agar bisa kuliah di jurusan kedokteran terasa lebih ringan dari segi biaya, maka mendapatkan beasiswa adalah solusinya, hal ini juga yang selalu membuat seleksi penerimaan program beasiswa selalu dibanjiri oleh para pendaftar.

Baca juga : Beasiswa Tahfidz Ugm Kedokteran

Nah, bagi anda yang penasaran atau sedang tertarik dengan beasiswa kedokteran, berikut ini adalah beberapa pilihan beasiswa full kedokteran di indonesia.

Pilihan Beasiswa Kedokteran di Indonesia

Beasiswa LPDP UGM

Sebagai salah satu pihak yang diberi kewenangan untuk menyalurkan beasiswa dari pemerintah Indonesia, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) juga turut menyediakan program beasiswa khusus yang diperuntukkan pada pendidikan Dokter Spesialis.

Adapun persyaratan utama untuk bisa mendaftar dalam program beasiswa ini adalah telah lulus jenjang S1 kedokteran dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri yang terakreditasi BAN-PT, berusia maksimal 35 tahun, dan memiliki IPK minimal 3.00.

Beasiswa Bergengsi  Berikan Puluhan Ribu Kuota Beasiswa Ke Luar Negeri, Indonesia Duduki Peringkat 22 Dengan Jumlah Siswa Internasional Terbanyak

Pemberian bantuan pendanaan dalam program beasiswa ini mencakup biaya pendidikan baik pendaftaran, SPP, non – SPP, hingga biaya pendukung lainnya seperti transportasi, asuransi kesehatan dasar, biaya hidup bulanan, serta tunjangan keluarga. Di antara sejumlah perguruan tinggi yang terdaftar, Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu PTN yang juga menyediakan program beasiswa ini.

Universitas Diponegoro (Undip)

Berlokasi di Semarang, Universitas Diponegoro (Undip) juga menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang turut menghadirkan program beasiswa bertajuk Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat. Dalam program ini, setiap penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan berupa uang saku Rp 750.000 setiap bulannya yang disalurkan setiap 3 bulanan.

Beasiswa Prestasi UPH

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Tangerang, Universitas Pelita Harapan (UPH) juga turut menyelenggarakan program beasiswa kedokteran yang diperuntukkan bagi para calon mahasiswa kedokteran di sana. Adapun persyaratan yang ditetapkan di antaranya adalah prestasi akademik selama sekolah (SMA jurusan IPA). Untuk pendanaannya sendiri akan diberikan oleh UPH dalam bentuk biaya registrasi, biaya term dan kredit selama 3 semester.

Beasiswa Paripurna untuk Bangsa UI

Tak ingin ketinggalan, Universitas Indonesia sebagai salah satu perguruan tinggi negeri paling tersohor di tanah air juga turut menghadirkan program beasiswa kedokteran. Seperti tahun – tahun sebelumnya, program bertajuk Beasiswa Paripurna untuk Bangsa ini membuka 5 kuota beasiswa setiap tahunnya yang selalu menjadi salah satu program beasiswa paling bergengsi di UI.

Adapun bantuan pendanaan yang diberikan berupa tunjangan biaya hidup hingga Rp 12 juta tiap semester, termasuk dengan dana survey untuk pengembangan daerah asal dari penerima beasiswa tersebut senilai Rp 5 juta.

Beasiswa Kedokteran UNAIR

Berlokasi di Surabaya, Universitas Airlangga juga menjadi salah satu perguruan tinggi dalam negeri yang turut menyediakan program beasiswa bagi para mahasiswa on going di Fakultas kedokteran, khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Kedokteran UGM 2022

Persyaratan untuk bisa mendapatkannya juga tergolong cukup mudah, di antaranya adalah dengan memiliki IPK minimal 3.00. Adapun dana bantuan yang diberikan bersifat kolektif, hal ini dikarenakan dana tersebut berasal dari beberapa pihak terkait, seperti Dikti, perusahaan swasta, serta dana hibah.

Beasiswa Kedokteran Militer Universitas Pertahanan

Di antara yang lainnya, program beasiswa kedokteran yang satu ini mungkin terbilang kurang begitu populer, namun tetap menjadi primadona terutama bagi siswa siswi yang masih duduk di kelas XII SMA jurusan IPA yang ingin menempuh pendidikan kedokteran. Melalui Universitas Pertahanan, program bertajuk Beasiswa Kedokteran Militer ini bisa dikuti oleh semua pesertanya dalam sistem pendidikan semi militer.

Adapun program ini ditujukan demi mencetak tenaga medis yang kompeten dan siap berkontribusi untuk pertahanan kesehatan nasional. Menariknya, setiap lulusan dari penerima beasiswa ini akan langsung mendapatkan pekerjaan di dinas terkait, selain itu juga pastinya akan selalu ada bantuan berupa tunjangan kuliah dan biaya hidup setiap bulannya hingga kelulusan.

Beasiswa Kedokteran Unika Atma Jaya

Unika Atma Jaya juga ternyata ikut menghadirkan program beasiswa kedokteran bagi siswa – siswi SMA (jurusan IPA) yang ingin melanjutkan pendidikan di studi kedokteran kampus ini. adapun bantuan pendanaan dalam program ini cukup bervariasi mulai dari 50% hingga 100% yang mencakup biaya SPP, SKS, dan Kuliah Pokok.

Menariknya, setiap penerima beasiswa akan memperoleh manfaat dari program beasiswa ini hingga 8 semester, tentunya dengan tetap mengikuti semua perarturan yang dikeluarkan oleh Unika Atma Jaya. Sementara untuk persyaratannya sendiri juga cukup mudah, yakni prestasi akademik, kesehatan tubuh dan mental, serta kelakuan baik selama di sekolah.

Beasiswa Kedokteran UII

Berbeda dengan yang lainnya, Universitas Islam Indonesia (UII) menghadirkan program beasiswa yang dikhususkan untuk para Hafiz Al Quran yang berasal dari SMA / SMK dan pesantren, salah satunya adalah pendanaan beasiswa Kedokteran. Persyaratan yang dibutuhkan cukup beragam, di antaranya adalah bisa menghafal al quran dan berasal dari keluarga kurang mampu.

Beasiswa Bergengsi  Tak Disangka, 5 Artis Ini Ternyata Pernah Jadi Penerima Beasiswa LPDP

Tak tanggung – tanggung, para peserta yang berhasil lolos dalam proses penerimaan beasiswa ini akan mendapat bantuan pembiyaan kuliah secara penuh dengan pembebasan biaya Dana Catur Dharma, termasuk dengan tunjangan biaya hidup hingga mencapai Rp 450 ribu tiap bulannya.

Beasiswa Kedokteran Untar

Universitas Tarumanagara (Untar) juga turut membagikan beasiswa kepada para mahasiswa on going di jurusan kedokteran, bantuan yang diberikan ini merupakan kerjasama dengan Quipper Scholarship Award (QSA) dalam bentuk potongan Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) hingga 100%.

Tidak hanya berlaku bagi mahasiswa kedokteran on going, program beasiswa ini juga terbuka bagi siapa saja yang ingin mendaftar di Fakultas Kedokteran Untar. Adapun bantuan subsidi SPP akan ditentukan sesuai dengan nilai rata – rata rapor selama di Kelas X dan XII.

Beasiswa Kedokteran Universitas Kristen Maranatha

Sama seperti Universitas Tarumanegara, Quipper Scholarship Award (QSA) 2022 juga nampaknya turut menggandeng Universitas Kristen Maranatha dalam gelaran program beasiswanya kali ini. bantuan yang diberikan juga tidak tanggung – tanggung, beasiswa ini diklaim akan memberikan bantuan biaya pendidikan hingga Rp 375 juta, tidak hanya untuk program studi kedokteran saja melalinkan pada prodi lainnya.

Namun perlu diketahui juga bahwa program beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi 20 orang mahasiswa saja, dengan demikian maka persaingan ketat pun pasti akan dihadapi oleh setiap pendaftarnya jika kalian menginginkan Pilihan Beasiswa Kedokteran di Indonesia yang mimin sebutkan tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.