Beasiswa Bagimu Negeri, Program Dukungan Kuliah Kerjasama Ukrida dan Pemkab Mahakam Ulu

Baru – baru ini Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) membuat program beasiswa bertajuk Bagimu Negeri yang diperuntukkan bagi para calon mahasiswa di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Sebagaimana diketahui, Kabupaten Mahakam Ulu merupakan salah satu kabupaten termuda yang ada di propinsi Kalimantan Timur dan sekaligus menjadi tetangga dari Ibu Kota Nusantara (IKN), yakni wilayah Penajam Paser Utara. S

ejak tahun 2021 yang lalu, Ukrida memang telah meluncurkan program beasiswa Ukrida Bagimu Negeri (UBN) yang ditujukkan untuk memberi bantuan biaya kuliah bagi para mahasiswa berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikannya di program studi Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Industri. Adapun program beasiswa Ukrida Bagimu Negeri juga difasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat yang disebut sebagai Gerbang Cerdas Mahakam Ulu.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, Stephanus Madang, mengharapkan agar program beasiswa kali ini bisa menjadi salah satu upaya dalam memajukan kabupaten Mahakam Ulu melalui adanya pengembangan aset dan pemberdayaan SDM di bidang pendidikan, terlebih jika melihat pembangunan yang terus berkelanjutan di kabupaten Mahakam Ulu yang sudah pasti akan memerlukan para ilmuwan kedepannya.

Sebelumnya, tercatat ada empat orang siswa lulusan dari SMA Mahakam Ulu yang telah menempuh pendidikannya di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Ukrida melalui bantuan biaya dari pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, hal ini bisa terwujud berkat program Gerbang Cerdas Mahakam Ulu hasil kerjasama antara Ukrida dan pemerintah kabupaten Mahakam Ulu.

Untuk selanjutnya penyelenggaraan ujian seleksi masuk dan tes wawancara akan dilakukan guna melihat kemampuan kognitif, soft skill, serta minat dan bakat siswa yang rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari yakni pada tanggal 22 – 24 Juni 2022.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Tanoto Foundation 2023, Kuliah Gratis Dan Biaya Hidup di Jamin

Kerja sama antara Ukrida dengan Pemkab Mahakam Ulu juga sudah dituangkan dalam Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk memperluas kerja sama dengan sejumlah program studi yang menjadi kebutuhan masyarakat, seperti Keperawatan, Akuntansi, Manajemen, Optometri, serta Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

Untuk ke depannya, jalinan kerjasama yang tengah dilakukan ini diharapkan tidak hanya berpusat pada bidang pendidikan saja, akan tetapi juga dengan hal lainnya terkait Tridharma Perguruan Tinggi yang mencakup penelitian dan pengabdian kepada masyarakat luas.

Dalam acara pembukaan program Gerbang Cerdas Mahakam Ulu yang dilaksanakan di gedung SMP Negeri 01 Long Bagun Mahakam Ulu itu, turut hadir juga Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Oki Sunardi, Kepala Unit Admisi Fransisca Natalia Widjaja, Koordinator Operasional dan Public Relation Sepvani Christiana Muliauwan, Kepala Unit Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Martogi Daniel Hutapea, serta Staf Unit Admisi Marshella Graciana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.