Kemenag Umumkan Daftar Penerima Beasiswa Santri Berprestasi 2022, Simak Cara Lengkapnya

Ditjen Pendidikan Islam Kemenag telah mengumumkan ada sebanyak 552 santri yang berhasil lolos pada semua tahapan seleksi penerimaan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2022 dari 25 perguruan tinggi terdaftar. Selain itu, terdapat 90 santri lainnya yang memilih Universitas Indonesia (UI) dan masih dalam tahap seleksi internal kampus yang kemudian akan terpilih 30 penerima beasiswa santri.

Dalam keterangannya, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghafur, mengatakan bahwa para santri yang lulus merupakan kader bangsa yang telah lolos dalam beberapa tahapan seleksi, termasuk sudah diterima di sejumlah perguruan tinggi dan diharapkan bisa memberi kontribusi nyata bagi diri sendiri, pesantren, dan bangsa di masa mendatang. Karna alasan itulah, Waryono sangat berharap agar para santri yang berhasil lulus dalam seleksi PBSB bisa lebih memahami tujuan serta semangat dari PBSB itu sendiri.

Kepala Subdirektorat Pendidikan Pesantren, Basnang Said, menuturkan bahwa para santri yang telah dinyatakan lulus bisa segera melakukan pemberkasan secara online, meliputi validasi data serta dokumen di akun masing – masing. Adapun seluruh kelengkapan dokumen harus benar – benar sesuai dengan petunjuk teknis dan panduan sebagaimana disebutkan dalam pengumuman. Validasi data juga nantinya akan dilakukan secara berkala, dengan demikian maka apabila terdapat temuan data yang tidak valid, tidak sesuai, atau diragukan keasliannya maka akan diberlakukan diskualifikasi.

Lebih lanjut, Basnang Said juga kembali mengingatkan bahwa para santri yang telah dinyatakan lulus seleksi PBSB tidak perlu mengundurkan diri, sebab menurutnya pengunduran diri justru akan berdampak pada Pesantren asal santri itu sendiri karna akan dikenakan sanksi hingga tidak bisa mendaftarkan santrinya lagi pada program PBSB tahun berikutnya.

Beasiswa Bergengsi  Digital Hub Sukses Luluskan Peserta Beasiswa di Techpolitan BSD

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Diktis, Syafi’I, juga turut menjelaskan bahwa di tahun ini pihaknya akan menggelontorkan sekitar Rp 161 miliar baik bagi mahasiswa aktif maupun mahasiswa baru.

Untuk informasi lebih lanjut terkait masalah teknis dan daftar nama santri yang lulus seleksi PBSB 2022, bisa diketahui dengan mengakses langsung AKUN SANTRI melalui link https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/.

Leave a Reply

Your email address will not be published.