Daftar PTN Yang Masih Membuka Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri, Ini Daftar Lengkapnya

Penerimaan mahasiswa baru membuka peluang yang sangat besar bagi siapa saja yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi, ini terbukti dari beberapa jalus seleksi yang disediakan, jadi tidak melulu hanya melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) tetapi juga bisa melalui jalur seleksi mandiri kuliah jalur mandiri 2022.

Namun nerbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN di mana proses seleksi calon mahasiswanya dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), seleksi jalur mandiri justru dikoordinir langsung oleh masing – masing pihak dari universitas itu sendiri.

Menariknya adalah sampai saat ini masih ada sejumlah perguruan tinggi negeri yang masih membuka pendaftaran jalur mandiri. Penasaran? Berikut adalah daftar PTN yang masih membuka pendaftaran seleksi jalur mandiri dan wajib anda coba.

Daftar PTN Yang Masih Buka Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri 2022

Institut Pertanian Bogor

Sebagai salah satu PTN yang masih membuka seleksi masuk Jalur Mandiri, IPB menetapkan jadwal pendaftarannya dalam 3 gelombang, yakni Seleksi Masuk (SM) IPB Program Sarjana yang mulai dibuka pada 11 April sampai 25 Juni, Seleksi Masuk (SM) IPB Sekolah Vokasi mulai tanggal 11 April sampai 12 Juli, dan Kelas Internasional Gelombang II yang akan dilangsungkan pada 11 April hingga 25 Juni.

Universitas Airlangga

Universitas yang berlokasi di Surabaya ini juga masih membuka pendaftaran Jalur Mandiri, di antaranya seperti Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) Reguler melalui Jalur Nilai UTBK pada tanggal 4 – 26 Juni, SMUA Reguler melalui Jalur Ujian Tulis pada tanggal 1 – 22 Juli, dan SMUA Kemitraan melalui Jalur Ujian Tulis pada tanggal 4 Juni – 2 Juli. Sedangkan untuk Gelombang II Jalur Mandiri akan dibuka pada tanggal 14 Maret sampai 6 Juni, serta Gelombang III yang pendaftaran Jalur Mandiri dimulai pada tanggal 1 Juli hingga 5 Agustus.

Beasiswa Bergengsi  Monash International Leadership Scholarship 2022, Kesempatan Kuliah Gratis S1 & S2 di Monash University

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Masih berlokasi di Surabaya, ITS juga ternyata masih membuka pendaftaran program sarjana dengan jalur prestasi khusus bagui para lulusan SMA / SMK / Ma angkatan 2020, 2021, dan 2022 termasuk jurusan eksakta. Sedangkan program studi yang tersedia bagi siswa lulusan jurusan non eksakta meliputi Desain Produk Industri, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan.

Institut Teknologi Bandung

Sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya, ITB juga masih bisa membuka pendaftaran kuliah lewat Jalur Mandiri, terdapat 2 jenis pendaftaran kuliah yang bisa anda ikuti, seperti Gelombang II International Undergraduate Program yang masih dibuka hingga 25 Mei nanti, serta Seleksi Mandiri Program Sarjana dengan jadwal pendaftaran mulai tanggal 6 – 29 Juni.

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Masih berlokasi di Bandung, Unpad juga masih membuka seleksi penerimaan mahasiswa program sarjana melalui jalur prestasi hingga 30 Juni 2022. Jalur ini dibuka khusus bagi para lulusan SMA / SMK / Ma tahun 2022. Adapun prestasi yang disyaratkan oleh Unpad mencakup kejuaraan dalam kompetisi seni, budaya, sains, olahraga, atau kompetisi lainnya yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Menariknya, jalur prestasi ini juga terbuka bagi anda yang memiliki prestasi keagamaan lainnya.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga nampaknya masih membuka peluang bagi para pelajar untuk bisa menjadi bagian dari UNY, apalagi anda juga bisa mendaftarnya melalui jalur seleksi mandiri (SM) yang masih dibuka hingga tanggal 5 Juli 2022 nanti khusus untuk jalur non tes tulis.

Perlu diketahui, jalur non tes tulis mencakup pada SM Prestasi Akademik berdasarkan nilai raport, prestasi akademik dan non akademik, serta berdasarkan prestasi kejuaraan. Adapun semua kategori tersebut berlaku bagi para lulusan SMA / SMK / Ma sederajat tahun 2020 – 2022.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Pemprov Kepri 2022, Bantuan Pendidikan Kuliah Untuk Mahasiswa Asal Kepulauan Riau

Universitas Negeri Jakarta

Masih ada kesempatan beberapa hari lagi bagi anda yang ingin menjadi bagian dari UNJ, karna salah satu perguruan tinggi terbaik di Jakarta ini ternyata masih membuka pendaftaran jalur prestasi seleksi mandiri hingga 10 Juni 2022 nanti. Adapun beberapa bidang prestasi yang terbuka antara lain saintek, soshum, seni, sastra, olahraga, dan musabaqah. Menariknya lagi, khusus untuk perolehan juara dengan level nasional minimal juara 3 atau prestasi internasional hanya ditetapkan biaya pendaftaran sebesar Rp 400 ribu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *