Beasiswa Malaysia 2022

Pada era seperti sekarang ini, dapat bersekolah di luar negeri merupakan salah satu impian bagi semua orang di dunia. Demikian juga para siswa – siswi di tanah air kita indonesia, minat untuk bisa belajar di luar negeri semakin meningkat. Berbagai alasan dan berbagai macam cara dilakukan agar dapat bisa menempuh pendidikan di luar negeri, salah satunya dengan jalur beasiswa yang banyak diminati bagi siswa ataupun siswi yang kurang mampu masalah biaya. Namun dengan jalur beasiswa tentunya harus memiliki kelebihan yang kompeten yang harus dapat dipertanggungjawabkan.

Berbagai negara secara resmi menawarkan beasiswa melalui pemerintah indonesia, salah satu negara yang menawarkan adalah negara tetangga kita malaysia, negara ini banyak di minati siswa dan siswi tanah air selain letaknya yang tidak terlalu jauh bahkan bisa dikatakan sangat dekat dengan negara kita namun juga karena biaya hidup yang juga tidak beda jauh dengan negara indonesia.

Tidak hanya itu saja dari segi budaya, gaya hidup juga hampir sama dengan negara kita. Kerjasama antara malaysia dan indonesia juga terbilang cukup baik termasuk dalam bidang yang berhubungan dengan peningkatan kehidupan di masing – masing negara yang bersangkutan.

Program beasiswa resmi dari negeri jiran malaysia ini berupa malaysian international scholarship atau biasa disebut MIS. Tidak hanya untuk negara indonesia, namun beasiswa malaysia 2022 international scholarship ini juga ditujukan untuk seluruh negara di dunia.

Tujuan diadakannya program beasiswa ini hampir sama dengan program beasiswa lainnya yaitu untuk membantu mahasiswa berprestasi  untuk mengembangkan bakat dan ilmu sesuai bidang yang disukainya baik dari segi akademik maupun non akademik di mancanegara. Mahasiswa yang terpilih nantinya akan mendapatkan jaminan fasilitas dan hal – hal positif lainnya untuk mendukung peningkatan kehidupan.

Program rutin setiap tahun beasiswa malaysia 2022

Sama seperti negara-negara lainnya, pemerintah malaysia menyelenggarakan program beasiswa MIS ini juga diadakan secara rutin setiap tahun. Program beasiswa ini melibatkan 24 universitas terkemuka di negeri jiran malaysia ini, dua puluh empat universitas tersebut antara lain;

  • University Sains Malaysia (USM)
  • University Malaya (UM)
  • University Teknologi Malaysia (UTM)
  • University Putra Mara (UTM)
  • University Putra Malaysia (UPM)
  • University Islam Antarbangsa Malaysia (IIUM / UIAM)
  • University Sains Islam Malaysia (USIM)
  • University Teknologi Petronas (UTP)
  • University Malaysia Perlis (UNIMAP)
  • University kebangsaan malaysia (UKM)
  • University Tenaga Nasional (UNITEN)
  • InternationalCentre For Education In Islamic Finance (INCEIF)
  • Multimedia University (MMU) dan universitas – universitas terkemuka lainnya.
Beasiswa Bergengsi  Kriteria Dan Persyaratan Beasiswa S2 Unpad 2022

Sasaran program beasiswa malaysia 2022

Setiap program beasiswa yang diselenggarakan oleh setiap negara biasanya memiliki sasaran atau tujuan masing – masing, seperti halnya program beasiswa yang diselenggarakan oleh secara resmi oleh negara malaysia ini memiliki sasaran atau tujuan untuk siswa dan siswi yang memiliki prestasi akademik dan non akademik untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi antara lain S2 (pasca sarjana) dan S3 (Postdoktoral).

Namun begitu, untuk bisa mendapatkan program beasiswa tersebut sudah tentu harus memenuhi persyaratan, adapun persyaratan dan ketentuan yang wajib di penuhi antara lain;

  • Umur peserta maksimal 40 tahun (pasca sarjana) dan 45 tahun (program postdoktoral)
  • Peserta wajib memiliki prestasi berupa IPK minimal 3.50 sampai 4.00
  • Untuk program postdoktoral wajib memiliki jumlah buku sebagai portfolio tidak sedikit
  • Wajib memiliki kemampuan mahir dalam bahasa asing khususnya bahasa yang telah di tetapkan oleh PBB sebagai bahasa internasional yaitu bahasa inggris dengan menunjukan sertifikat IELTS dan TOEFL maksimal 2 tahun terakhir
  • Melampirkan surat keteragan sehat dari dokter yang menerangkan bahwa kondisi kesehatan dalam keadaan prima dan stabil
  • Melampirkan proposal sesuai dengan bidang studi yang di pilih
  • Mendaftar atau mengajukan permohonan beasiswa secara online melalui website resmi yang telah ditentukan
  • Melengkapi formulir data pribadi sebagai warga negara indonesia yang berminat bersekolah di luar negeri
  • Menguasai bahasa inggris yang baik dan benar seperti menulis, membaca dan berkomunikasi
  • Sudah terdaftar dan diterima di universitas yang dipilih.

Tahap seleksi beasiswa malaysia 2022

Proses seleksi pada program beasiswa malaysia ini memiliki beberapa tahapan. Untuk proses yang pertama pada intinya di awal dari pihak penteleksi akan memeriksa kelengkapan data diri dan dokumen termasuk syarat dan ketentuan apakah telah di penuhi atau belum oleh para peserta yang bersangkutan.

Beasiswa Bergengsi  Syarat Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Kemudian pihak seleksi juga memeriksa kriteria utama yang berhak mengajukan permohonan beasiswa, selanjutnya akan diperiksa dan dilihat prestasi yang di miliki peserta baik secara akademik ataupun non akademik, selanjutnya proses seleksi dengan ujian tertulis dan interview.

Untuk tahap – tahap seleksi tersebut pihak panitia penyelenggara beasiswa malaysia biasanya membagikan edaran khusus atau selebaran tentang tata cara mengikuti seleksi yang nantinya  di hadapi oleh masing – masing peserta, dan penyelenggara biasanya  mencari peserta yang meiliki prestasi membanggakan dan dinilai dapat berguna bagi bangsa dan negara atau bisa dibilang siswa yang berkualitas.

Prioritas dalam bidang studi

Program beasiswa yang diadakan secara resmi oleh pemerintah malaysia ini lebih mengedepankan dalam hal di bidang yang diberikan sebagai pilihan untuk para peserta adalah program beasiswa malaysian international scholarship yang memiliki program bidang studi sains dan teknik,perikanan dan pertanian, keuangan berbasis islam dan ekonomi, teknologi informasi dan komunikasi, biosekuritas dan keamanan pangan, bioteknologi infrastruktur dan utilitas kesehatan serta studi lingkungan.

Para peserta beasiswa malaysia 2022 ini dibebaskan memilih bidang studi ataupun universitas sesuai prestasi yang di miliki para peserta, setiap jurusan di universitas – universitas yang di tunjuk pastinya memiliki kelebihannya masing – masing. Ada baiknya para peserta memimilih program studi sesuai dengan jurusan sebelumnya saat menempuh program S1 dan S2.

Kelebihan memilih negeri jiran malaysia sebagai pilihan untuk menempuh pendidikan

Sebelum anda mengambil keputusan untuk memilih negeri jiran malaysia sebagai negara untuk menempuh pendidikan lebih lanjut, tidak ada salahnya juga anda mengetahui kelebihan – kelebihan jika anda memilih negara malaysia seabagai pilihan dalam menempuh pendidikan diantaranya,

  • Sistem pendidikan yang baik dan berkualitas, banyak orang menilai bahwa sistem pendidikan di negeri jiran maaysia ini terjamin dan berkualitas itu dikarenakan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut berkembang cukup pesat
  • Dapat mengikuti kerja part time, selain kuliah bagi warga negara asing juga di perbolehkan mengikuti kerja part time untuk menambah pemasukan keuangan dan bertahan hidup di Malaysia
  • Komunikasi mudah, kebanyakan para pengajar di universitas – universitas malaysia menggunakan bahasa inggris sehingga mempermudah berinteraksi dan mudah dipahami
  • Budaya yang kuat, hampir sama dengan negeri kita indonesia yang sangat memegang erat budaya daerah, di negeri jiran malaysia juga sangat memegang teguh budaya asli mereka yaitu melayu
  • Biaya hidup terjangkau, kelebihan lainnya tentu karena biaya hidup tidak jauh dengan di indonesia yang pastinya sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.