Jadi Asisten Profesor, Alternatif Untuk Dapatkan Beasiswa Kuliah S2 dan S3 di Korea

Berawal dari serial drama hingga musik korea, tren kecintaan pada negeri ginseng itu pun telah membuat banyak generasi muda Indonesia menjadi penasaran dan tertarik akan budaya di negara tersebut. hal ini juga yang membuat banyak orang ingin bisa tinggal dan merasakan suasana keseharian di korea, salah satu cara yang bisa dilakukan tentu dengan menempuh kuliah di sana.

Fenomena ini juga yang membuat sejumlah program beasiswa dengan tujuan negara Korea Selatan sebagai pilihan bagi banyak orang, terutama untuk kalangan mahasiswa asal Indonesia. Ada berbagai jenis program beasiswa yang bisa ditemukan saat ini, jika berbicara tentang korea selatan sebagai tujuannya maka Global Korea Scolarship menjadi salah satu nama program yang paling populer.

Namun sebetulnya tidak hanya GKS saja yang bisa memberi kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjut di korea selatan, masih ada program lainnya seperti salah satunya adalah Brain Korea 21 (BK21). Ini merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah Korea Selatan namun beasiswa akan langsung diberikan pada universitas terkait agar bisa disalurkan kepada para mahasiswa penerima beasiswanya.

Tertarik untuk mencobanya? Berikut adalah sejumlah tahapan yang perlu anda lakukan, jika ingin mengikuti program beasiswa Brain Korea 21.

  1. Menentukan jurusan dan universitas yang ingin dituju
  2. Mencari profesor yang akan dijadikan sebagai sponsor dalam program beasiswa, tentunya harus sesuai dengan minat jurusan yang diinginkan. Adapun caranya adalah dengan mengakses situs resmi universitas tujuan dan memilih daftar profesor untuk anda hubungi langsung melalui email yang tersedia
  3. Kenalkan diri anda melalui email kepada profesor tersebut, lampirkan juga beberapa dokumen pendukung seperti curiculum vitae (CV), pencapaian riset, dan esai yang memuat tujuan apa yang ingin anda capai apabila berhasil menjadi asisten di laboratorium profesor tersebut, Apabila profesor tersebut tertarik dengan profil anda, maka anda akan memperoleh email balasan untuk selanjutnya mendapat undangan interview
Beasiswa Bergengsi  Tanpa Batasan Umur! Ini Beasiswa Kuliah Gratis S3 di Kampus Terbaik Singapura, Simak Cara dan Syarat Daftarnya

Jika anda berhasil lolos dalam tes interview, maka berikutnya anda bisa langsung mendaftarkan diri ke universitas terkait. Sedangkan proses interview anda tadi akan mendapat rekomendasi langsung dari sang profesor, artinya anda akan memiliki peluang lebih besar untuk bisa diterima di universitas tersebut.

Perlu diketahui juga, beasiswa BK21 juga bisa digunakan untuk menempuh pendidikan di jenjang S2 maupun S3. Bahkan tak menutup kemungkinan bagi anda untuk dapat memperoleh rekomendasi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, tergantung dari pencapaian prestasi anda selama kuliah di sana.

Namun harus diingat, selama menjalani program tersebut anda tidak diperkenankan untuk berkerja, akan tetapi anda akan tetap memperoleh penghasilan apabila bisa turut ikut dalam proyek penelitian profesor anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *