Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022

Beasiswa unggulan yang dimiliki oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan beasiswa yang memang tersedia oleh Kemendikbud dan diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa, pegawai, atau masyarakat lainnya yang sesuai dengan ketentuan serta syarat yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud itu sendiri.

Tentunya dengan adanya beasiswa tersebut maka banyak mahasiswa dan masyarakat pada umumnya yang mengalami masalah kesulitan ekonomi atau memiliki latar belakang ekonomi yang relative rendah maka bisa lebih terbantu dengan kembali melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, terutama bagi lulusan SMA / SMK yang ingin lanjut ke perguruan tinggi.

Oleh karena itulah maka diperlukan adanya solusi untuk mempermudah masyarakat dari kalangan ekonomi rendah agar bisa menggapai cita-citanya untuk melanjutkan pendidikan di kampus, kementerian pendidikan dan kebudayaan kemudian menyelenggarakan sejumlah program beasiswa unggulan yang bisa menjadi solusi bagi banyak mahasiswa di Indonesia yang berasal dari kalangan ekonomi rendah untuk tetap bisa melanjutkan pendidikannya di jenjang lebih tinggi.

Dengan adanya beasiswa unggulan dari kemendikbud, maka diharapkan bahwa selama peserta beasiswa tersebut menempuh pendidikan nantinya dapat lebih berprestasi, tentunya karna tidak adanya lagi beban biaya kuliah dan biaya hidup selama kuliah.

Ragam Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Meski begitu, perlu diketahui juga bahwa beasiswa unggulan dari kemendikbud ini diprioritaskan hanya untuk kalangan mahasiswa berprestasi saja agar diharapkan bisa terus melanjutkan pendidikannya dengan hasil yang lebih maksimal, adapun beberapa kriteria yang masuk dalam beasiswa unggulan kemendikbud ini antara lain seperti berikut ini.

Beasiswa Bergengsi  Universitas di Turki Yang Menyediakan Beasiswa

Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Program yang satu ini merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh Kemendikbud dalam usahanya untuk meningkatkan mutu serta kualitas Sumber daya manusia yang ada di Indonesia, melalui beasiswa masyarakat berprestasi inilah maka seluruh siswa atau mahasiswa berprestasi, guru, pegiat sosial, seniman, hingga atlet yang berhasil meraih medali di kejuaraan internasional berhak untuk mendapatkan beasiswa ini.

Namun demikian, yang menjadi prioritas utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam program beasiswa ini adalah pada kalanganm mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, misalnya seperti Sarjana S1, Magister S2, hingga Doktor S3 di perguruan tinggi dengan standar minimal akreditasi B serta program studinya yang sudah terakreditasi A.

Beasiswa Pegawai Kemendikbud

Terdengar sedikit berbeda dari yang lainnya, namun beasiswa yang satu ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan terbaik terutama bagi pegawai kemendikbud itu sendiri. Sebagaimana diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga turut menghadirkan program beasiswanya khusus bagi para pegawai di kemendikbud yang ingin melanjutkan pendidikannya di jenjang magister S2 maupun doctor s3, tujuannya adalah agar pembinaan karir pegawai bisa lebih optimal sebagai upaya kemendikbud itu sendiri dalam menyiapkan para professional untuk menjadi lokomotif di instansi pemerintahan tersebut.

Beasiswa Mahasiswa Asing

yang satu ini jelas menjadi salah satu beasiswa yang mungkin terdengar cukup menarik bagi warga Negara asing yang ingin bisa menimba ilmu di Indonesia, pasalnya Beasiswa Mahasiswa Asing dari Kemendikbud ini memang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa di jenjang pendidikan S2 dan S3 di Indonesia yang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia saja, tentunya dengan bidang pendidikan bahasa Indonesia pula, baik seni maupun budayanya.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa S2 Tanpa TOEFL Yang Bisa Kalian Coba

Beasiswa Unggulan Guru

Sesuai namanya, Beasiswa yang satu ini memang diperuntukkan bagi kalangan guru dalam upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan kualitas dan profesionalitas guru itu sendiri. Beasiswa ini juga merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Bank CIMB Niaga yang khusus diberikan pada guru atau pengajar yang ingin melanjutkan studinya di jenjang yang lebih tinggi seperti magister s2 di beberapa perguruan tinggi yang ditunjuk, beberapa di antaranya seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Hasanuddin dengan pilihan program studi terakreditasi A pada Fakultas Ekonomi.

Beasiswa Riset

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nampaknya juga tidak hanya mementingkan pendidikan di jenjang formal saja, akan tetapi beasiswa juga mencakup pada sector non akademis terutama untuk melakukan riset, workshop, pelatihan, serta pagelaran yang memang berada di luar dari area akademik.

Dalam beasiswa ini Kemendikbud akan memberikan bantuan pada pelaku seniman atau budayawan, wartawan, olahragawan, penulis, peneliti, hingga tokoh dan Pegawai Negeri Sipil dari Kemendikbud yang memiliki aktivitas dan kreativitas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Beasiswa Unggulan 3T

Sesuai dengan namanya yakni Beasiswa Unggulan 3T maka beasiswa dari Kemendikbud yang satu ini hanya ditujukan pada mahasiswa yang berasal dari daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar sebagaimana tercantum dalam Perarutan Pemerintah RI no. 131 tahun 2015 yang mengatur tentang Penetapan Daerah Tertinggal di tahun 2015 – 2019.

Hebatnya, beasiswa unggulan ini bisa digunakan untuk melanjutkan jenjang pendidikan mulai dari S1, S2, hingga S3 di perguruan tinggi yang terakreditas minimal B yang ditunjuk. Tidak ada prestasi yang harus menonjol sebagai kriteria dalam program beasiswa unggulan 3T ini, namun perhatikan dengan benar kriteria 3T yang ditetapkan oleh Kemendikbud sebagai pihak penyelenggara dari program beasiswa ini agar anda bisa diterima sebagai peserta dalam program tersebut.

Beasiswa Bergengsi  Inilah Beberapa Beasiswa Hafal Qur’an Yang Ada Dikampus Luar Negeri

Tahap Pendaftaran Beasiswa Unggulan

Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, ada beberapa tahapan dalam pendaftaran beasiswa unggulan Kemendikbud dan berikut di antaranya.

Bagi Yang Belum Memiliki Akun

Khusus bagi anda yang belum pernah mendaftar seleksi program beasiswa unggulan kemendikbud maka beberapa langkah perlu anda lakukan terutama dalam pembuatan akun baru seperti berikut ini.

  • Masuk ke laman resmi di beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id
  • Pilih menu daftar online
  • Anda akan diarahkan ke laman baru yakni buonline.beasiswaunggulan.go.id
  • Tekan tombol registrasi
  • Selesaikan registrasi dengan mengisi kolom secara lengkap
  • Klik tombol register
  • Lakukan aktivasi sesuai dengan link yang dikirimkan ke email anda

Bagi Yang Sudah Memiliki Akun

Khusus bagi anda yang sudah pernah mendaftar seleksi program beasiswa unggulan kemendikbud sebelumnya dan ingin mencobanya lagi maka berikut adalah langkahnya.

  • Buka laman resmi buonline.beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id
  • Login dengan memasukkan alamat email dan password anda
  • Melengkapi data diri sesuai form pendaftaran yang tertera
  • Mengikuti petunjuk berikutnya sesuai yang diperintahkan
  • Menunggu pemberitahuan lolos tidaknya anda dalam seleksi administrasi

Itulah beberapa cara melakukan pendaftaran di program beasiswa unggulan kemendikbud yang bisa anda coba, pastikan anda melakukannya dengan benar sesuai dengan petunjuk yang telah disebutkan di atas. Selain itu juga anda harus mengerti serta memahami lebih dulu tentang syarat dan kriteria yang dibutuhan pada masing – masing pilihan program beasiswa yang tersedia di sana agar anda bisa mengikuti proses pendaftaran dengan sukses.

Semoga artikel tentang beasiswa unggulan kemendikbud kali ini bisa bermanfaat untuk anda, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.