Jenis Beasiswa UIN Sunan Kalijaga

Harus diakui bahwa biaya pendidikan terkadang memang menjadi kendala bagi sebagain orang untuk tetap bisa melanjutkan pendidikannya sampai ke perguruan tinggi. Apalagi kita juga tahu bahwa kebutuhan kuliah bisa dikatakan tidak lah sedikit, mulai dari SPP, biaya tempat tinggal, hingga biaya hidupnya.

Hal itulah yang seringkali menjadi pertimbangan utama bagi orang tua dan juga anak ketika akan meneruskan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi. Meski begitu, tidak sedikit yang nekat tetap melanjutkan studinya ke perguruan tinggi meski dengan biaya yang terbilang pas-pasan, maka tak jarang juga banyak di antara kita yang menjumpai para mahasiswa yang tidak hanya kuliah saja tetapi juga turut bekerja mencari tambahan penghasilan.

Selain itu, tak jarang juga para calon mahasiswa maupun mahasiswa saling bersaing untuk bisa mendapatkan beasiswa di kampusnya, beasiswa inilah yang menjadi salah satu pilihan agar tetap bisa berkuliah. Umumnya bantuan biaya pendidikan ini biasa diberikan tiap semesternya, meski ada juga yang dibagikan setiap bulan tergantung dari program beasiswa yang diikutinya.

Sama halnya dengan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga yang juga kerap menghadirkan berbagai program beasiswa yang bisa didapatkan oleh semua mahasiswanya, tak heran jika perguruan tinggi yang berlokasi di Yogyakarta ini pun selalu diminati oleh banyak calon mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai kampus keagamaan negeri yang telah memperoleh predikat “Unggul”, UIN Sunan Kalijaga juga memberikan banyak tawaran program beasiswa yang bisa Anda dapatkan ketika mengenyam pendidikan di dalamnya. Lantas, program beasiswa apa saja yang bisa Anda dapatkan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga?

Untuk menjawab rasa penasaran anda, berikut adalah beberapa jenis beasiswa UIN Sunan Kalijaga yang bisa anda dapatkan.

Jenis Beasiswa UIN Sunan Kalijaga

Beasiswa Bidikmisi / KIP

Beasiswa Bidikmisi merupakan bantuan yang diberikan pada calon mahasiswa kurang mampu namun masih memiliki potensi di bidang akademik yang baik dalam menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

Beasiswa Bergengsi  Pilihan Program Beasiswa Kuliah di Binus

Beasiswa DIKPORA

Program beasiswa yang satu ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga yang juga kerap hadir di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta setiap tahunnya, ditujukan bagi siapa saja mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun bidan non akademik yang baik.

Beasiswa Bank Indonesia

Sesuai namanya, Beasiswa Bank Indonesia merupakan program yang diusung oleh Bank Indonesia bagi seluruh mahasiswa di jenjang S1 yang masih aktiv dalam perkuliahan, bahkan program beasiswa ini juga turut bisa dinikmati oleh kalangan pelajar di sekolah menengah.

Beasiswa Lazis PLN

Beasiswa Lazis merupakan program beasiswa yang diberikan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero bagi seluruh mahasiswa yang menempuh pendidikan di jenjang S1, D4 maupun D3 dari berbagai disiplin ilmu yang juga bisa anda dapatkan ketika berkuliah di UIN Sunan Kalijaga.

Beasiswa Prodi Keagamaan

Berbeda dengan yang lainnya, program beasiswa yang satu ini dibuat langsung oleh pihak UIN Sunan Kalijaga bagi semua mahasiswanya sesuai dengan ketentuan dan kriteria yang telah dibuat, terutama bagi mahasiswa yang mengambil program studi keagamaan.

Beasiswa Tahfidz Quran

Masih dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai penyelenggaranya, program beasiswa ini dibuat khusus bagi mahasiswanya yang telah memenuhi kriteria yakni hafal al Quran.

Beasiswa Bank Negara Indonesia (BNI)

Sesuai namanya, program beasiswa ini merupakan binaan dari PT Bank Negara Indonesia yang bekerjasama langsung dengan pihak UIN Sunan Kalijaga. Anda juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa bank Negara Indonesia apabila telah memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Beasiswa Prestasi dan Akademik

Dibandingkan dengan beasiswa yang lainnya, program beasiswa yang satu ini mungkin selalu memiliki daya tarik terbesar bagi kalangan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, pasalnya jumlah biaya yang dicover oleh beasiswa ini bisa sangat besar namun tentunya anda harus memiliki prestasi yang baik di bidang akademik.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Bakti BCA 2022 Gelombang 2 Dibuka, Simak Info Lengkapnya

Beasiswa Bank Pembangunan Daerah

Hampir sama dengan beasiswa yang lainnya, Bank Pembangunan Daerah juga telah bekerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga dalam menghadirkan program beasiswa tahunannya, anda pun bisa ikut mencobanya di tiap awal tahun.

Beasiswa PT. Djarum

PT Djarum juga membuka beasiswanya bagi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, jumlah yang diberikan juga cukup besar dan anda bisa mengikutinya dengan syarat yang cukup mudah.

Beasiswa Bank Syariah Mandiri

Seperti halnya beasiswa pada umumnya, Bank Syariah Mandiri juga turut membuka peluang bagi semua mahasiswa UIN Sunan Kalijaga untuk bisa ikut dalam program beasiswanya, tak terkecuali dengan anda yang juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkannya.

Beasiswa LPDP untuk Program Magister dan Doktor

Melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP, pemerintah Indonesia juga turut menghadirkan program beasiswanya kepada semua mahasiswa di seluruh tanah air termasuk UIN Sunan Kalijaga. Menariknya lagi, LPDP yang juga berada di bawah Kementerian Keuangan ini pun turut membuka peluang bagi semua peserta beasiswanya untuk bisa melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi di luar negeri.

Fakta Tentang UIN Sunan Kalijaga

Rasanya tidak cukup jika anda hanya sekedar mengetahui beasiswa apa saja yang ada di UIN Sunan Kalijaga, namun akan lebih baik apabila anda juga bisa mengenal lebih dalam tentang bagaimana UIN Sunan Kalijaga itu sendiri serta kehidupan kampus di dalamnya. Dan berikut adalah di antaranya.

Harus Siap Belajar Agama

Mungkin yang satu ini tidak akan terlalu memberatkan bagi mahasiswa yang berlatar belakang sekolah di MA, pondok pesantren, SMA / SMK Muhammadiyah, dan sekolah islam lainnya, sebab pada tiap semester di UIN Sunan Kalijaga akan ada sejumlah mata kuliah keagamaan mulai dari Bahasa Arab, Pengantar Studi Islam, Tauhid, Fikih dan Usul Fikih, Akhlak dan Tasawuf, serta Quran dan Hadis. Materi keagamaan ini juga yang merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh selama masa kuliah.

Beasiswa Bergengsi  Beasiswa Cendekia Baznas 2022 Buka Pendaftaran Untuk 2000 Mahasiswa

Memulai Kuliah dengan Doa

Mengingat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga merupakan kampus bernuansa islami, maka sudah menjadi syarat wajib bahwa dalam perkuliahannya selalu dibuka dengan doa dan ditutup dengan doa pula. Itu artinya dosen tidak hanya datang, mengucapkan salam, lalu memberikan materinya saja melainkan juga dibuka dan ditutup dengan doa pada setiap mata kuliahnya.

Terdapat Mahasiswa Non-Muslim

Meski bertema Islami, namun faktanya UIN Sunan Kalijaga pun tetap terbuka pada keberagamaan yang dimiliki Indonesia, hal itu bisa dibuktikan dengan adanya mahasiswa non muslim yang juga berkuliah di sana. Biasanya mereka datang dari wilayah Timor Leste, Papua, dan lainnya yang sebagian besanya merupakan penganut Katolik, Protestan, dan lainnya. Menarik bukan?

Demikian artikel mengenai beasiswa uin sunan kalijaga beserta fakta menarik di dalam kampusnya, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang tertarik dengan Universitas Islam Negeri di Yogyakarta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.